ANALISIS SELEKSI KONSEP KRITERIA DESAIN KEMASAN KERIPIK SINGKONG TERPILIH MENGGUNAKAN METODE MATRIK PUGH

Authors

  • Yuyun Yuniar Rohmatin Universitas Gunadarma
  • Nurjannah Nurjannah Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.56127/juit.v1i3.116

Keywords:

Produk, Kemasan, Konsep, Kriteria, Matrik Pugh

Abstract

Semakin berkembang pesatnya dunia industri kecil mandiri menawarkan tingkat persaingan berbagai produk. Banyak produk sejenis ditawarkan kepada pelanggan, dimana salah satu pembeda produk yang sejenis adalah dengan kemasan yang berbeda Matrik pugh merupakan salah satu metode yang digunakan untuk menciptakan desain dari beberapa kriteria yang ditawarkan dengan menyaring beberapa konsep hingga diperoleh konsep terpilih sesuai keinginan pengguna. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kriteria kemasan keripik singkong dan menganalisis desain kemasan keripik singkong dengan menggunakan matrik pugh. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa hasil identifikasi keinginan pengguna kemasan keripik menginginkan Kemasan keripik singkong selain berfungsi melindungi produk, juga mudah digunakan, tidak mudah rusak, produk yang dikemas terlihat dari luar kemasan dan memiliki ilustrasi yang menarik. Hasil net score pada penyaringan konsep dengan menggunakan matrix pugh diperoleh ranking penilaian terbesar adalah konsep B, pilihan combinasi (C) kriteria konsep dimana pilihan combinasi C2 adalah kombinasi antara konsep C,D,E. konsep desain kemasan keripik terpilih adalah bahwa kemasan menggunakan plastik propetilen transparan dengan bagian atas berbentuk pouch yang artinya bisa dibuka dan ditutup rapat kembali sehingga memudahkan pengguna, plastik yang transparan memungkinkan produk yang dikemas terlihat dari bagian luar yang tidak tertutup label, pada label menginformasikan nama merk keripik yang dijual, rumah produksi yang memproduksi, bahan yang terkandung dalam keripik singkong, serta tanggal expaire produk yang dikemas.

References

Kotler, dan Armstrong. Prinsip – Prinsip Pemasaran. Edisi 12, Jakarta, 2008

Julianti, Sri. The Art Of Packaging. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2014.

Kotler, Philip and Gary Amstrong. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Tigabelas. Jilid Satu. Jakarta : Erlangga, 2012.

Undang Undang Republik Indonesia No. 7 Tahun 1996 Tentang Pangan. 4 Nopember 1996 (Jakarta). Diakses pada tanggal 14 April 2021 (https://peraturan.go.id/common/dokumen/ln/1996/uu7-1996.pdf )

Ulrich, Karl T & Steven D. EPPINGER. 2001. Perancangan & Pengembangan Produk. Salemba Teknika, Jakarta.

Aryanto, Agus. 2019. “Seberapa Penting Kemasan Produk UMKM?” Diakses dari https://republika.co.id/berita/pw5y2h17000/kemasan-produk-bisa-angkat-bisnis-umkm (juni 2021)

M.Randy, “ Usulan Pengembangan Desain Kemasan Keripik Singkong Balado UKM Mpok imeh Menggunakan Metode Matrik Pugh” Universitas Gunadarma, Depok-Jakarta, 2021

Downloads

Published

2022-09-29

How to Cite

Yuyun Yuniar Rohmatin, & Nurjannah, N. (2022). ANALISIS SELEKSI KONSEP KRITERIA DESAIN KEMASAN KERIPIK SINGKONG TERPILIH MENGGUNAKAN METODE MATRIK PUGH. Jurnal Ilmiah Teknik, 1(3), 22–31. https://doi.org/10.56127/juit.v1i3.116