LOYALITAS PELANGGAN PENGGUNA TRANSPORTASI DARING DI TINJAU DARI ASPEK PROMOSI, INOVASI, DAN DIGITAL MARKETING

Authors

  • Desti Dirnaeni Universitas Gunadarma
  • Christera Kuswahyu Indira Universitas Gunadarma
  • Yuniar Kencana Wati Universitas Gunadarma
  • Irfan Ardiansyah Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.56127/jukim.v3i01.1172

Keywords:

digital marketing, Inovasi, loyalitas pelanggan, Promosi

Abstract

Transportasi merupakan sarana yang sangat penting dalam menunjang aktivitas atau mobilitas manusia sehari-hari sehingga harus dipersiapkan dengan baik dan aman karena sangat berpengaruh terhadap kegiatan seperti perekonomian, pengiriman barang atau jasa, angkutan penumpang, dan lain-lain. Sistem transportasi di Indonesia sendiri juga semakin meningkat dari tahun ketahun, sehingga banyak bermunculan perusahaan - perusahaan transportasi di Indonesia yaitu aplikasi transportasi online.Adanya transportasi online di Indonesia mampu membuat pola kegiatan transportasi masyarakat menjadi lebih mudah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh nilai pelanggan, promosi, inovasi, dan digital marketing terhadap pengguna aplikasi Gojek tertutama pengguna layanan Goride di Kota Tangerang. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna yang berada di wilayah kota Tangerang yang sering menggunakan layanan Goride pada aplikasi Gojek. Sampel yang diambil didalam penelitian ini sebanyak 150 responden. Teknik pengambilan sampel yang diguanakan adalah Non-Probability Sampling dengan jenis Accidental Sampling. Data yang digunakan adalah data primer dimana pengumpulan data didapatkan dengan menyebar kuesioner online kepada pengguna layanan Goride pada aplikasi Gojek. Alat uji yang digunakan adalah SPSS dengan beberapa teknik analisis yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linear berganda, uji T, uji F, uji dominan, dan koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi, inovasi, dan digital marketing berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas pelanggan Goride pada aplikasi Gojek. Promosi, inovasi dan digital marketing bersama-sama berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas pelanggan Goride pada aplikasi Gojek. Variabel yang paling berpengaruh yang memiliki kontribusi paling tinggi terhadap loyalitas pelanggan Goride pada aplikasi Gojek adalah variabel digital marketing.

References

Yeridha, Kuleh, Sampeliling, F. Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, (2019). Pengaruh persepsi nilai pelanggan dan brand image terhadap loyalitas pelanggan jasa ojek online go-jek di samarinda. Jurnal Manajemen, 11(1), 96–101.

Wilis, & Nurwulandari, (2020). The effect of E-Service Quality, E-Trust, Price and Brand Image Towards E-Satisfaction and Its Impact on E-Loyalty of Traveloka’s Customer. 4(3).

Hanjaya, J. K., & Setiawan, P. Y. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Promosi Penjualan dan Digital Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Gojek di Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 11(9), 1634.

Kadis, T. S., & Sudrajat, A. (2023). Pengaruh Harga, Promosi, dan Inovasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Gojek di Jakarta Timur. Jurnal EMT KITA, 7(2), 334–343.

Kartini, R. A. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, dan Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pengguan Go-Ride di Kota Samarinda. 9(1), 74–83.

Maftuchah, V., Ghofir, A., . S., & Riftiasari, D. (2019). Consumer Satisfaction Online Ojek Service in Indonesia :Effect Service Quality and Consumer Value. Archives of Business Research, 7(12), 116–125.

Manajemen, J. I., Bisnis, D., Widnyani, N. M., Rettobjaan, V. C., Ngurah, A. A., & Aristayudha, B. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, dan Inovasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Gojek (Studi Kasus Pada Universitas Bali Internasioanl. 5(2).

Haryantini. (2019). Pengaruh Citra Merek Dan Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen Go-Jek Di Stasiun Depok Jawa Barat. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(1), 45.

Sarjita, S. (2020). Pengaruh Pelayanan, Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pengguna Go-Jek di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, 5(1), 76-92.

Riskarini, D., & Ardianto, Y. (n.d.). Service Quality, Price and Product Promotion Towards Customer Trust, Impact on Customer Loyalty Grab Bike Depok Region. In Management, and Accounting (Vol. 3).

Sundariningsih, P., Othman, K., & Ningrum, K. (n.d.). The Effect of Value Perception and Satisfaction Towards Loyalty of Gojek Customers in Yogyakarta. Jurnal REKOMEN (Riset Ekonomi Manajemen), 4(2), 160–171.

Mokalu, P. C. C., Massie, J. D., & Mandagie, Y. (2019). Pengaruh customer experience, customer value, dan brand trust terhadap customer loyalty pengguna jasa transportasi online go-jek di manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(3).

Wiguna, E. H., & Padmakusumah, R. R. (2023).The Effect Of Sales Promotions and Tarrifs on Consumer Loyalty (Case Study Grab Companies in Bandung City). ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen), 10(1), 107- 120..

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.

Bailey, S., & Milligan, A. (2022). On Branding : Dampak Digital Terhadap Merek.

Buhana Ilmu Populer.

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital marketing. Pearson uk.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariative Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Clow, Kenneth, E. & Donald, B. (2018). Integrated Advertising, Promotion, and Marketing Communication (18th Edition).United Kingdom: Pearson Education Limited.

www.shopback.co.id (diakses 5 Mei 2023).

https://www.katadata.co.id (diakses 5 Mei 2023).

https://www.topbrand-award.com (diakses 18 Juni 2023). https://www.dream.co.id/dinar/pengemudi-gojek-sentuh-26-juta-orang-per-juli 2022-2208046.html (diakses 3 Juli 2023).

Downloads

Published

2024-01-03

How to Cite

Dirnaeni, D. ., Indira, C. K. ., Wati, Y. K. ., & Ardiansyah, I. . (2024). LOYALITAS PELANGGAN PENGGUNA TRANSPORTASI DARING DI TINJAU DARI ASPEK PROMOSI, INOVASI, DAN DIGITAL MARKETING. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(01), 160–169. https://doi.org/10.56127/jukim.v3i01.1172