THE EFFECT OF PRODUCT QUALITY AND PRICE PERCEPTION ON CUSTOMER SATISFACTION ON SOMETHINC PRODUCTS
DOI:
https://doi.org/10.56127/ijme.v1i2.239Keywords:
The Influence of Price, Product Quality, Consumer Satisfaction, SomeThin Products, SomeThinc Skin CareAbstract
This study used primary data and the method of data collection was done through distributing questionnaires to 100 respondents. The data collection technique used is probability sampling with a simple random sampling method. In this study, the sample taken is all consumers in Indonesia who buy and use SomeThinc products. To find out between variables, the authors use analytical tools such as Likert scale, validity test, reliability test, classical assumption test, multiple linear regression analysis, F test, T test and coefficient of determination test. Testing this research using computer software, namely SPSS Version 25. The results of this study indicate that product quality and price perception variables have a partial effect on consumer satisfaction with SomeThinc products. In addition, the variables of product quality and price perception have a simultaneous effect on consumer satisfaction with SomeThinc's products.
References
Alma, Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Anggraeni, Dita Putri., Srikandi Kumadji dan Sunarti. 2016. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pelanggan Nasi Rawon di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan). Jurnal Administrasi Bisnis, 37(1), 171 – 176.
Ariani, D.W. 2003. Manajemen Kualitas Pendekatan Sisi Kualitatif. Bogor: Ghalia Indonesia.
Aripin, Zaenal dan M. Riqzi Padma Negara. 2021. Perilaku Bisnis: Etika Bisnis & Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Deepublish.
Arumsari , Dheany. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Aqua. Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Semarang: Universitas Diponegoro.
Ayuniah, Putri. 2017. Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Iklan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi Kasus Pada Mahasiswi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma Yang Mengambil Kuliah Di Kampus Depok). Jakarta: Universitas Gunadarma.
Bungin, M. Burhan. 2009. Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Chinh, V. T. M and Anh, N. V. 2008. Measuring Customer Satisfaction Based on Service Quality Gap at a Local Bank in Vietnam. Journal of International Business Research. 7 (3): 27–51.
Fauzi, Aceng Ridwan dan Rina Nurmalina. 2012. Merawat Kulit dan Wajah. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Firmansyah, Amrie dan Riska Septiana Estutuik. 2021 KAJIAN AKUNTANSI KEUANGAN: Tata Kelola Perusahaan Dalam Kinerja Tanggung Jawab Lingkungan, Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial, Agresivitas Pajak. Indramayu: Penerbit Adab.
Fitria. 2021. Pengaruh Kredibilitas Pesan E-WOM Terkait Ulasan Produk Somethinc Pada Platform BeautyHaul Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Tangerang: Universitas Multimedia Nusantara.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Penelitian bagi Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Hadjar, Ibnu. 1999. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kwantitatif dalam Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Handayani, Sri. (2012). Aspek Hukum Perlindungan Konsumen dalam Pelayanan Air Bersih pada PDAM Tirtasari Binjai. Jurnal Non Eksakta (Volume 4 Nomor 1). Hlm. 2.
Hardani, dkk. 2020. Metode Penelitian: Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu Group.
Juwandi, Hendy Irawan. 2004. Kepuasan Pelayanan Jasa. Jakarta: Erlangga.
Liu., Annie, H and Leach, M. P. 2001. Developing Loyal Customer with a Value- Adding Sales Force: Examining Customer Satisfaction and The Perceived Credibility of Consultative Salespeople. Journal of Personal Selling & Sales Management. 2: 2
Margono. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Nasution, Dito Aditia Darma dan Mika Debora Br. Barus. 2019. MONOGRAF:
Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Laporan Keuangan Pada Pemerintah Kota Tanjung Balai Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Moderating. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Ndaru Prasastono & Sri Yulianto. (2012). Kualiatas Produk dan Kualitas Pelayann Terhadap kepuasan Konsumen Kentucky Fried Chiken Semarang Candi. Semarang: Jurnal. Perhotelan, Diploma Kepariwisataan, Universitas Stikubank Semarang.
Pham, N. T and Nguyen, H. Ph. 2007. SERVQUAL versus SERVPERF – A Comparative Study in Vietnamese Supermarket. Science and Technology Development. 10 (8): 1–30
Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan dan Pengendalian Jilid 1. Jakarta: PT Prenhallindo.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2007. Dasar-Dasar Pemasaran Edisi 9 Jilid 1. Jakarta: PT Indeks.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2012. Prinsip-prinsip Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1 dan 2. Jakarta: Erlangga.
Palar, N. Pangemanan P.A. dan Tangkere, E.G. 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harga Cabai Rawit di Kota Manado. Jurnal Agri- sosioekonomi. Volume 12(2): 105-120.
Peter, J Paul dan Jerry C Olson. 2014. Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat
Prahmadhani, Dian Tirta. 2007. Persepsi Wanita Dewasa Dini Pengguna Produk Skin Care Tentang Kecantikan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Prianto, Juni. 2014. Cantik: Panduan Lengkap Merawat Kulit Wajah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Risky Nurhayati, 2011. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2009 Pengguna Handphone Merek Nokia). Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”jurnal manajemen.
Sarwono, Sarlito W. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Pers. Severin, Werner J dan Jr. James W. Tankard. 2005. Teori Komunikasi: Sejarah,
Metode dan Terapan dalam Media Massa. Jakarta: Prenada Media
Siyoto, Sandu dan M Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulastri, Tuti. 2017. Pengaruh Kualitas Layanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Mahasiswa Serta Implikasinya Pada Citra Perguruan Tinggi. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, 1(1), 41-52
Tjiptono, Fandy. 1995. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, Fandy. 2016. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset. Tjiptono, Fandy., dan Anastasioa Diana. 2016. Pemasaran Esesi dan aplikasi. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, Fandy., dan Gregorius Chandra. 2016. Pemasaran Jasa (Prinsip Penerapan dan Penelitian). Yogyakarta: Andi Offset.
Walgito, Bimo. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset. Wahyuni, Norma Ika. 2021. Peran Kesadaran Merek Dala Memediasi Kualitas
Konren dan Interaktivitas Merek Terhadap Niat Beli Produk Somethinc (Studi Pada Pengguna Aplikasi Tiktok di Pulau Jawa). Purwokerto: Universitas Jenderal Soedirman.
Zeithaml V.A. 1988. Consumer Perception of Price, Quality and Value: A Means- End Model and Synthesis of Evidence. Journal of Marketing, vol. 52. Pp. 2- 22.
Handayani, I. 2020. Industri Kosmetik Lokal Berkembang di Tengah Pandemi. https://www.beritasatu.com/gaya-hidup/666591/industri-kosmetik- lokalberkembang-di-tengah-pandemi (accessed 25 Oct 2021)
Humas. 2018. Jenis-Jenis Data Penelitian. https://penalaran-unm.org/jenis-jenis- data-penelitian/ . (accessed 03 Nov 2021)
Ibnu. 2020. Kualitas Produk Adalah: Pengertian, Dimensi Dan Pengaruhnya Pada Konsumen. https://accurate.id/marketing-manajemen/kualitas-produk-adalah/ . (accessed 10 Dec 2021)
Junaidi. 2010. Tabel F Lengkap. https://junaidichaniago.wordpress.com/2010/04/22/download-tabel-f-lengkap/
. (accessed 02 Feb 2022)
Monica, Clara. 2020. Mengenal Koleksi Skin Care dari Brand Lokal Somethinc, Muai Essence hingga Serum!. https://journal.sociolla.com/beauty/produk- skin-care-somethinc . (accessed 26 Oct2021)
Putra. 2020. Somethinc, Brand Kosmestik Lokal dengan Kualitas Internasional. https://indiemarket.news/somethinc-brand-kosmetik-lokal-dengan-kualitas- internasional/ . (accessed 25 Oct 2021)
Redaksi. 2020. Beauty Brand Lokal SOMETHINC Luncurkan Makeup Line Berstandar Internasional. https://www.topreneur.id/beauty-brand-lokal- somethinc-luncurkan-makeup-line-berstandar- Internasional/ . (accessed 26 Oct 2021)
Riadi, Muchlisin. 2020. Kualitas Produk (Pengertian, Manfaat, Dimensi, Perspektif dan Tingkatan). https://www.kajianpustaka.com/2020/02/kualitas- produk-pengertian-manfaat-dimensi-perspektif-dan-tingkatan.html . (accessed pada 20 Nov 2021)
Rumusrumus.com. 2018. T Tabel PDF Lengkap Download Gratis. https://rumusrumus.com/t-tabel/ . (accessed 02 Feb 2022)