THE IMPACT OF PRODUCT QUALITY, BRAND IMAGE, AND PRICE PERCEPTION ON BOTTLED MINERAL WATER (BMW) PURCHASING DECISION IN JABODETABEK
DOI:
https://doi.org/10.56127/ijml.v2i3.1169Keywords:
Product Quality, Brand Image, Purchasing Decision, Price PerceptionAbstract
The aims of the research are to find out and to analyze the impact of Product Quality, Brand Image, and Price Perception partially and simultaneously to the purchasing decision of Aqua, the brand of bottled mineral water. Primary data is used as the method of analyzing. The testing phases are done by using validity test, reliability test, classical assumption test, multiple linear regression analysis, t test, F test, and coefficient determination test. The data is taken by using questionnaire, and the valid data gained in this research is 100 respondents who are the consumers of Aqua. The method of sampling used in this research is non probability sampling with accidental sampling technique. The instrument used in conducting the tests is SPSS 25 version The results showed that the variables of Product Quality, Brand Image, and Price Perception had a simultaneous and partial impact on the purchasing decision of bottled mineral water, Aqua. And the variable that has dominant impact on the purchasing decision of bottled mineral water, Aqua, is the Product Quality variable.
References
Andini, D. T. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Mineral Merek Cleo di Kota Praya. Jurnal Solid ASM Mataram, Vol. 11 No.2.
Arasy, A. (2021, Januari). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan. Repository STIE Indonesia (STEI) Jakarta.
Dita Alamanda Putri, R. J. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Promosi, dan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Sijiro di Samarinda. Ekonomia, Vol. 11 No.1.
Firanazulah, V. D. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Air Mineral Aqua. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, Vol. 18 No.1.
Hasyyati, R. D. (2019, Septermber 24). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Toko Sepatu Bata Dengan Minat Beli Sebagai Mediasi. eprints.undip.
Hayuningtias, N. E. (2021). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Le Minerale 600ml di Kota Semarang. Jurnal Mirai Manajemen, Vol 6, No.2, 250-256.
Hermansyah. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Air Minum Dalam Kemasan. Fokus, Vol. 15 No.1.
Jilhansyah Ani, B. L. (2022, Januari 18). Pengaruh Citra Merek, Promosi dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada E-Commerce Tokopedia di Kota Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, Vol. 10 No.1.
Levania V. Y. Reppi, S. M. (2021, September). Bauran Promosi dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Grabfood (Studi pada Penggunaan Jasa Grabfood Di Kota Manado Pada Masa Pandemi Covid-19). Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9 No.3 (2021) : JE. Vol 9No 3 (2021).
Mulyono. (2019, Desember 2). Retrieved from https://bbs.binus.ac.id/management/2019/12/analisis-uji-asumsi-klasik/#:~:text=Menurut%20Ghozali%20(2016)%20pada%20pengujian,menyebabkan%20tingginya%20variabel%20pada%20sampel
Primadia, A. (n.d.). Sejarah Berdirinya Aqua. Sejarah Lengkap.com. Retrieved from https://sejarahlengkap.com/indonesia/sejarah-berdirinya-aqua
Purbiyanto, E. (2021, April 1). Pengaruh Persepsi Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Air Minum Syekher Water. Journal of Applied, Social and Education Studies, 2.
Roos Nana Sucihati, D. S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Merek Semongkat. Jurnal Riset dan Kajian Manajemen, Vol. 1 NO.3.
Ruslan, A. W. (2019, Januari 31). Pengaruh Citra Merek, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral Pada Merek Raja Irodi Makassar. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, Vol. 8 No.1.
Setiawan, M. D. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral Dalam Kemasan Merek Aqua. Jurnal Cafetaria, Vol. 3 No.2.
Suhairi, A. F. (2022, Desember 2). Analisis Strategi Mutu Produk Indomie Untuk Memenuhi Standarisasi Pasar Global. Ekonomi Bisnis Manajemen dan Akuntansi (EMBA), Volume 3 Nomor 2.
Suroso, J. S. (2020, Oktober 24). Retrieved from https://mmsi.binus.ac.id/2020/10/24/hipotesis-jarot-s-suroso/
Wiwin Andriani, A. d. (2019, Juli 12). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral Dalam Kemasan Merek Dharma. Jurnal Manajemen dan Bisnis.
Zufar Rafif Effendi, E. S. (2022, Maret). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Seikou Coffe Depok. Jurnal IKRAITH-Ekonomika, Vol 5 Nomor 1.