THE INFLUENCE OF PRICE, PROMOTION, AND SERVICE QUALITY ON THE DECISION TO STAY AT KARTIKA CHANDRA HOTEL JAKARTA

Authors

  • Ade Yusuf Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Hasanudin Hasanudin Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.56127/ijml.v3i3.1721

Keywords:

Price, Promotion, Service Quality, Decision to Stay

Abstract

This study examines the influence of price, promotion, and service quality on the decision to stay at the Kartika Chandra Hotel in Jakarta. In a competitive hospitality industry, pricing strategy, effective promotions, and superior service quality are critical in influencing consumer choice. Utilizing a quantitative approach with data collected from 100 respondents, the research analyzes the impact of these variables on guests' decision-making processes. Results reveal that price, promotion, and service quality each have a significant positive influence on the decision to stay, with combined factors accounting for 47% of decision variance. These findings suggest that hotels can increase guest retention by enhancing these three elements, focusing on flexible pricing, impactful promotions, and consistent service quality. The study offers insights for hotel management to improve customer satisfaction and maintain a competitive edge in the hospitality sector.

References

Afriyanti Dewi Tri, 2015, “Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Konsumen Dan Berdampak Pada Kepuasan pelanggan

Alma, buchari. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Amirullah (2015). Pengantar Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Batubara, A., & Hidayat, R. (2019). Pengaruh Penetapan Harga dan Promosi terhadap Tingkat Penjualan Tiket pada PSA Mihin Lanka Airlines. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 4(1).

Dharmmesta, B.S., & Irawan. (2015). Manajemen pemasaran modern. Yogyakarta: Liberty

Faizani, R. D., & Prihatini, A. E. (2020). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Baju Merek The Executive PT Delami Garment Industries. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(1), 157-168.

Feriyanto, Andri dan Shyta, Endang Triana. (2015). Pengantar Manajemen (3 in 1). Kebumen: Mediatera.

Firmansyah, M. Anang, dkk. (2018). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Deepublish

Firmansyah, M. Anang. (2019). Pemasaran (Dasar dan Konsep). Jawa Timur: CV. Penerbit Qiara Media

Ghozali, I. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Hermawan, F. T. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda (Studi Kasus Pada Konsumen Motor Honda Di Komplek Graha Indah Bekasi) (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).

Honggoriansyah, D., Karo, P. K., & Permatasari, M. (2020). Pengaruh promosi dan harga terhadap keputusan pembelian pada hotel berbintang tiga di kota palembang. Jurnal Kepariwisataan Dan Hospitalitas, 4(2), 82-102.

Indrasari, Meithiana. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press

K, Echo Perdana. (2016). Olah Data Skripsi Denagn SPSS 22. Bangka Belitung: Lab Kom Manajemen FE UBB

Kotler, P dan Amstrong. (2018). Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Kottler, Philip dan keller. (2016). Manajemen Pemasaran. edisi 13. Jakarta: Erlangga

Malau, Harman. (2017). Manajemen Pemasaran. Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Bandung : Alfabeta.

Manap, Abdul (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama, Mitra Wacana Media, Jakarta.

Musa, M. I. (2013). Hubungan Antara Pengetahuan Teori Body dan Cat dengan Prestasi Belajar Praktek Pengecatan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Jurnal Mekom, 3(1), 34-45. 130

Nasution, M. I., Prayogi, M. A., & Nasution, S. M. A. (2017). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan. Jurnal Riset Sains Manajemen, 1(1), 1-12.

Naufal, A. R., & Magnadi, R. H. (2017). Pengaruh Promosi, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Rahma Rahmi Collection). Diponegoro Journal of Management, 6(4), 197-205.

Nofianti, Leny dan Qomariah. (2017). Ringkasan Buku Metode Penelitian Survey. Pekanbaru: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Nugroho, R., & Japarianto, E. (2013). Pengaruh people, physical evidence, product, promotion, price dan place terhadap tingkat kunjungan di kafe coffee cozies Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1(2), 1-9.

Paramita, Ratna Wijayanti Daniar, dkk . (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Edisi 3. Lumajang: Widya Gama Press

Pasaribu, R. F. A., Sianipar, I. L., Siagian, Y. F., & Sartika, V. (2019). Pengaruh promosi dan harga terhadap keputusan pembelian produk soyjoy pt. Amerta indah otsuka kota medan. Jurnal manajemen, 5(1), 45-52.

Putri, Budi Rahayu Tanama. (2017). Manajemen Peasaran. Denpasar: Fakultas Peternakan Universitas Udayana

Sani, S. A., Batubara, M., Silalahi, P. R., Syahputri, R. R., & Liana, V. (2022). Pengaruh promosi, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk scarlett whitening. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(5), 1327-1342.

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran: Teori & Implementasi. Yogyakarta:ANDI.

Sugiyono, (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sunyoto, Danang (2019). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi dan Kasus). Cetakan Ke-3. Jakarta: PT. Buku Seru.

Syaputra, L. (2017). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Volume Penjualan Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada CV. Anugerah Semata Bandar Lampung) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Tjiptono, Fandy. (2016). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI

Tsani, A., Sume, S. A., & Kuraesin, E. (2019). Harga Dan Promosi Terhadap Volume Penjualan. Manager: Jurnal Ilmu Manajemen, 2(1), 81-90.

Tulangow, S. G., Tumbel, T. M., & Walangitan, O. F. (2019). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pada Pembelian PT. Shopee International Indonesia Di Kota Manado. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 9(3), 35-43.

Widodo, A. S., & Wardani, S. (2020). Pengaruh Promosi Dan Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cendo. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(1), 62-67.

Yusda, D. D. (2019). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada House of Shopaholic Di Bandar Lampung. TECHNOBIZ: International Journal of Business, 2(2), 59-63.

Yusna, H. A. (2022). Pengaruh promosi dan harga terhadap keputusan pembelian produk pada Masterpiece Blitar. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(Special Issue 2), 514-521. 131

Zainullah, V. C. (2019). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kopi Koplakan. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis.

Zainurossalamia, Saida. (2020). MANAJEMEN PEMASARAN Teori dan Strategi. Nusa Tenggara Barat: Forum Pemuda Aswaja

Downloads

Published

2024-10-08