PENGARUH KEPERCAYAAN, LITERASI KEUANGAN DAN FITUR LAYANAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL DANA DALAM TRANSAKSI KEUANGAN (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MULAWARMAN)
DOI:
https://doi.org/10.56127/jaman.v4i2.1591Keywords:
Dana, Minat Penggunaan, Kepercayaan, Literasi KeuanganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat penggunaan aplikasi dompet digital Dana dalam transaksi keuangan pada mahasiswa Universitas Mulawarman. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksplanasi (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Teknik pengambilan sampel adalah nonprobability sampling melalui metode purposive sampling dengan total responden 100 orang. Teknik analisa data menggunakan program SPSS (Statitical Package for The Social Science). Hasil penelitian menunjukan 2 variabel memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap minat Penggunaan dompet digital Dana yakni kepercayaan dan literasi keuangan sedangkan variabel fitur layanan memiliki pengaruh tidak signifikan secara parsial terhadap minat penggunaan dompet digital Dana. Hasil terakhir yang ditemukan adalah variabel kepercayaan, literasi keuangan dan fitur layanan yang memiliki pengaruh signifikan secara simultan terhadap minat penggunaan Dana.
References
Aji Cakti. (2021). Studi: Pengguna dompet digital meningkat drastis di masa Covid-19. https://www.antaranews.com/berita/2022936/studi-pengguna-dompet-digital-meningkat-drastis-di-masa-covid-19 diakses pada 9 Desember 2022
CNBC. (2019). Daftar 10 Dompet Digital Terpopuler di RI, Siapa Jawaranya? https://www.cnbcindonesia.com/tech/20190815104730-37-92151/daftar-10-dompet-digital-terpopuler-di-ri-siapa-jawaranya
Destya, V. (2023). Industri Dompet Digital Tetap Catatkan Pertumbuhan Positif pada 2023. https://keuangan.kontan.co.id/news/industri-dompet-digital-tetap-catatkan-pertumbuhan-positif-pada-2023#:~:text=DANA Indonesia mencatatkan pertumbuhan yang,150 juta di tahun 2023.
Devita, V. D. (2020). E-Wallet Lokal Masih Mendominasi Q2 2019-2020. Iprice. https://iprice.co.id/trend/insights/top-e-wallet-di-indonesia-2020/
Gustiana, R., & Agustina, R. (2023). Pengaruh Kemudahan Dan Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan Aplikasi Dana Pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi STIE Nasional Banjarmasin.
Latifiana, D. (2017). STUDI LITERASI KEUANGAN PENGELOLA USAHA KECIL MENENGAH (UKM). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snpe/article/view/10635
MEGADEWANDANU, S. (2016). ADOPSI TEKNOLOGI MOBILE WALLET DI INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL UTAUT2. http://e-journal.uajy.ac.id/11081/
Mozes, A. (2022). Utamakan Pengalaman Transaksi Digital, DANA Raih Pencapaian Positif. https://www.teknogav.com/2022/01/pencapaian-dana-ewallet-2021.html
Nadia, A. (2020). PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, MANFAAT, KEAMANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN FINTECH DANA (Studi pada pengguna Dana di Wilayah Jakarta Utara). http://repository.stei.ac.id/id/eprint/2309
Prajanto, A., & Pratiwi, R. D. (2019). REVOLUSI INDUSTRI 4.0: DESAIN PERKEMBANGAN TRANSAKSI DAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN. http://jurnal.stietotalwin.ac.id/index.php/jimat/article/view/187
Pratiwi, D. S., & Nuryana, I. K. D. (2021). Analisis Tingkat Penerimaan dan Kepercayaan Pengguna Teknologi Terhadap Penggunaan Dompet Digital DANA. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/43436
Refha Febriana Setiawan. (2020). Analysis of Factors Affecting the Interest of People to Use DANA Application Using Principal Component Analysis Method (PCA). International Research Journal of Advanced Engineering and Science. http://irjaes.com/wp-content/uploads/2020/10/IRJAES-V5N1P230Y20.pdf
Roska, W. C. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Persepsi Kemudahan, Dan Pengalaman Menggunakan Teknologi Terhadap Minat Penggunaan E-Wallet.
Salma, R. K. (2023). Pengaruh Kemudahan Penggunaan dan Fitur Layanan Terhadap Keputusan Mahasiswa Menggunakan BSI Mobile (Studi pada Mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang).
Suharyati, S., & Sofyan, P. (2019). EDUKASI FINTECH BAGI MASYARAKAT DESA BOJONG SEMPU BOGOR. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.24912/jbmi.v1i2.2880
Turnip, R. (2022). PENGARUH E-PROMOTION DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN E-WALLET DANA. Repository Unja.
Umaningsih, W. P., & Dewi Kusuma Wardani. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, dan Keamanan Terhadap Niat Menggunakan E-Money. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/jae.v5i3.14057
Wibowo, S. F., Rosmauli, D., & Suhud, U. (2015). PENGARUH PERSEPSI MANFAAT, PERSEPSI KEMUDAHAN, FITUR LAYANAN, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN E-MONEY CARD (STUDI PADA PENGGUNA JASA COMMUTERLINE DI JAKARTA). JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 6(1), 440–456. https://doi.org/10.21009/JRMSI.006.1.06