PENGARUH HABIT, PERCIEVED USEFULNESS, DAN PERCIEVED ENJOYMENT TERHADAP CONTINUANCE INTENTION E-WALLET OVO DI BEKASI
DOI:
https://doi.org/10.56127/jaman.v4i2.1595Keywords:
habit, percieved usefulness, percieved enjoyment, percieved ease of use, continuance intentionAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh habit, perceived usefulness, percieved enjoyment terhadap Continuance Intention e-wallet OVO di Bekasi. Data yang digunakan adalah data primer, dengan menggunakan kuesioner yang disebar kepada 100 pengguna e-wallet OVO. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, analisis regresi linear berganda, uji determinan, uji f dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan Habit tidak berpengaruh terhadap Continuance Intention e-wallet OVO di Bekasi. Percieved Usefulness berpengaruh terhadap Continuance Intention e-wallet OVO di Bekasi. Percieved enjoyment berpengaruh terhadap Continuance Intention e-wallet OVO di Bekasi. Habit, Perceived Usefulness, Perceived Enjoyment secara Bersama-sama berpengaruh terhadap Continuance Intention e-wallet OVO di Bekasi.
References
A.N, Amini, A. Yusuf. Pengaruh E-Trust dan E-Satisfaction terhadap Continuance Intention Pada Pengguna E-Money (Survei Pada Pengguna Flazz BCA Di Indonesia). Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis. Vol 6, No.3, 2023. Hal 1401-1410 https://doi.org/10.37479/jimb.v6i3.23355
C. Monica, V. Briliana, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Continuance Intention Pengguna Go-Food Di Jakarta.” Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil : JWEM, Vol. 9 No.2, Oktober 2019, hal 115-126,
D. Palullungan,”Pemodelan Continuance Intention dalam Kasus Penggunaan Dompet Digital Di Kalangan Mahasiswa”. Jurnal of Industrial Engineering and Management Systems. Vol 15, No.2 Agustus 2022, hal 111-119.
D.S. Desideria, H. Setryowardhani, A.Z. Affif, F. Ekyawan. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Continuance Intention dalam Menggunakan Mobile Wallet.” Skripsi. Universitas Indonesia. Depok, 2020
E.V. Setyadi, R. Suarly, R. Handoko, A. Ali. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Continuance Intention Dari Pengguna Pada Layanan M-Payment (Studi Kasus GO-PAY).” Kajian Branding Indonesia, Volume 2 No.2, Desember 2020, Hal 162-200, https://doi.org/10.21632/kbi.2.2.162-200
G.R. Primastuti, D. Puspawati. “Customer Attitude Terhadap Continuance intention Melalui Kepuasan dalam Penggunaan Digital Wallet”. Economics and Digital Business Review. Vol 5 Issue 2. 2024. Pages 614-628, https://doi.org/10.37531/ecotal.v5i2.1218
G. Tekaqnetha dan Rodhiah. “Faktor Yang Mempengaruhi Continuance Intention GO-PAY Di Jakarta.” Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, Volume II No.1, 2020, Hal 173-181, https://doi.org/10.24912/jmk.v2i1.7457
H.A. Sasono, E.Pramana, L Zaman P.C.S.W. “Continuance Intention on Gamafikasi in E-Learning Using Extenden Expectation-Confirmation Model”. Journal of Education And Technology. Vol, 6 No. 4, June 2023 hal 704-724. https://doi.org/10.29062/edu.v6i4.684
I. Kristianingsih, P. Edastama, “Faktor-Faktor yang mempengaruhu Continuance Intentiom Pada Penggunaan Online Food Delivery Service.” Innovative: Journal Of Social Science Research. Vol 4 Nomor 3, May 2024, Page 6286-6300. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.10868
I. Lintang. “Data: 10 Aplikasi E-Wallet terpopuler di Indonesia” https://www.inilah.com/aplikasi-e-wallet-terpopuler-di-indonesia [Juni, 2024]
L. Kordina, W.H.N. Putra, A.D. Herlambang. “Evaluasi Keadaan Continuance Intention to Use dan Citezen Suppport pada Implementasi Layanan Website Pusat Pelayanan Pengaduan Masyarakat (P3M) Kabupaten Sidoarjo.“ Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol. 3 No.5, Mei 2019. Hlm 4951-4960,
M.Y. Ubaidillah, E. Pramana, F. H. Chandra. “Continuance Intention Pada Aplikasi Mobile Payment Dengan Menggunakan Extended Expectation Confirmation Model”. Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia. Vol. 5 No2, Agustus 2023, hal 149-161. https://doi.org/10.35746/jtim.v5i2.359
N.P.N.K. Putri “Persepsi Mahasiswa Terhadap Niat untuk Mengggunakan Sistem Informasi Perpustakaan Dengan Pendekatan TAM (studi Empiris Pada Mahasiswa FEB Uniiversitas Telkom).” Skripsi, Universitas Telkom Bandung, Bandung, 2015.
P. Kotler dan G. Armstrong. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga, 2012.
P. Kotler, K.L. Keller. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga. 2012.
R.W. Bongso, C.K. Dewi. “Pengaruh Flow Experience, Percieved Enjoyment,Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, dan Facilitating Conditions Terhadap Behavioral Intention Pemain Mobile Game Kota Kita.” Jurnal Abiwara. Vol. 2 No.2, Maret 2021, pp 27-40. https://doi.org/10.31334/abiwara.v2i2.772.g703
Y.M.E. Banjarnahor, R. Setyorini, “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Continuance Intention (Studi Kasus Pada Pengguna Go-Food Di Kota Bandung.” JURISMA: Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen. Vol. 12 No.1, April 2022. https://doi.org/10.34010/jurisma.v12i1.4492