PENGARUH STRATEGI LABEL HALAL DAN DUKUNGAN SELEBRITI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK WARDAH REMAJA KOTA BOGOR

Authors

  • Supiani Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.56127/jaman.v2i2.173

Abstract

Tujuan studi ini meneliti tentang peran Strategi Label halal dan Dukungan Selebriti serta pengaruhnya terhadap keterlibatan dalam melakukan keputusan pembelian produk kosmetik wardah remaja dikota Bogor. Metode Menggunakan data primer dengan tahap Uji yang dilakukan adalah: Uji Validitas, Reliabilitas, Kelayakan Faktor, Normalitas, Heteroskedastisitas, Multikolinieritas, Regresi Linear Berganda, Koefisien Determinasi, Uji F dan Uji t. Data dalam penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner dengan data valid sebanyak 100 responden yang disebarkan melalui online. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Non Probability Sampling dengan teknik Purposive Sampling. Alat bantu pengujian yang digunakan adalah SPSS. Temuan dari penelitian ini adalah strategi dukungan selebriti tidak berpengaruh terhadap keterlibatan konsumen dalam keputusan pembelian dan label produk halal tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian kosmetik wardah remaja kota Bogor.

References

Alma, Buchari. 2005. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Aqmarina, Kumadji dan Kusumawati. 2016. Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Citra Merek Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2013 dan 2014 Konsumen Produk Kosmetik Wardah). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 39 No. 2.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Edisi ketiga. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Garvin, D. A. 2007. Managing Quality. New York: The Free Press.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gumelar, Brian. 2016. Pengaruh Brand Image Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah (Studi Pada Mahasiswi S1 Universitas Negeri Yogyakarta). Naskah Publikasi.

Habiba, Hamdani dan Lisnawati. 2018. Pengaruh Brand Image Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi Pada Perempuan Muslim Di Kota Bogor). Iqtishoduna (p-ISSN: 2252-5661).

Kotler Philip. 2005. Manajemen Pemasaran: Analisis Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian (Edisi Kedua). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. 2005. Manajemen Pemasaran (Persfektif Asia). Yogyakarta: Andi.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2007. Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 1. Alih Bahasa: Alexander Sindoro. Jakarta: Prenhallindo.

Lamb, Charles W, Jr, Hair, Joseph F, Jr dan McDaniel, Carl. 2001. Pemasaran. Edisi 1. Jakarta: Salemba Empat.

Nanda, Agania Mardhatillah. 2020. Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kosmetik Wardah Di Toko Fajar Cosmetic Pekanbaru Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam. Naskah Publikasi.

Nisa, Khairun. 2020. Pengaruh Label Halal, Celebrity Endorser, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Konsumen Wardah Cosmetics Di Kota Salatiga). Naskah Publikasi.

Nuraini, Alfiyah. 2015. Pengaruh Celebrity Endorser Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Citra Merek Pada Kosmetik Wardah Di Kota Semarang. Naskah Publikasi

Schiffman, Leon G. Leslie, Lazar Kanuk. 2004. Perilaku Konsumen. Alih Bahasa Oleh Zoelkifli Kasip (Edisi Ketujuh). Jakarta: PT. Indeks Gramedia.

Sigit, Soehardi. 2002. Pemasaran Praktis (Edisi Ketiga). Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Sugiyono. 2016. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta. Sulistyo Joko. 2012. 6 Hari Jago SPSS. Jakarta.

Sumarni, Murti dan John Soeprihanto. 2010. Pengantar Bisnis (Dasar-dasar Ekonomi Perusahaan). Edisi ke 5. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.

Supranto, J. 2004. Analisis Multivariate Arti dan Interpretasi. Jakarta: Rieka Cipta.

Swastha, Basu. 2005. Asas-asas Marketing. Yogyakarta: Liberty. Swastha, Basu. 2006. Azas-azas Marketing. Jakarta: Liberty.

Tazkiyatunnisa, Maryam. 2019. Pengaruh Celebrity Endorser, Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Maybelline. Naskah Publikasi.

Tjiptono, Fandy. 2005. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Umar Husein. 2003. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen.Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Wardani dan Juniarto. 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Celebrity Endorser, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi Pada Safira Collection Kabupaten Demak). Naskah Publikasi.

Yusanti, Adhellia Anggia Puspita. 2017. Pengaruh Marketing Mix, Celebrity Endorsment, Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah. Naskah Publikasi

Downloads

Published

2022-08-03

How to Cite

Supiani. (2022). PENGARUH STRATEGI LABEL HALAL DAN DUKUNGAN SELEBRITI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK WARDAH REMAJA KOTA BOGOR. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 2(2), 7–15. https://doi.org/10.56127/jaman.v2i2.173

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.