MEMBANGUN PEMIMPIN YANG EFEKTIF: ANALISIS KECERDASAN EMOSIONAL DALAM PRAKTEK KEPEMIMPINAN
DOI:
https://doi.org/10.56127/jaman.v4i3.1747Keywords:
Kecerdasan Emosional, Kepemimpinan Efektif, Transformasi Digital, Pengembangan Kompetensi, Organisasi ModernAbstract
Di era transformasi digital yang kompleks, kecerdasan emosional memegang peran vital dalam kepemimpinan efektif. Penelitian ini menganalisis kontribusi kecerdasan emosional terhadap efektivitas kepemimpinan, mengidentifikasi komponen-komponen kuncinya, serta merumuskan strategi pengembangannya dalam konteks organisasi modern. Menggunakan pendekatan kualitatif-fenomenologis, penelitian melibatkan 4 pemimpin organisasi (dipilih melalui purposive sampling) dengan kriteria minimal 5 tahun pengalaman memimpin tim 10+ orang. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam (60-90 menit/informan), observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Analisis menggunakan model Miles dan Huberman dengan triangulasi sumber, metode, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan pemimpin dengan kecerdasan emosional tinggi memiliki kemampuan superior dalam memahami kebutuhan tim, dengan 85% anggota melaporkan peningkatan signifikan dalam kepercayaan dan motivasi. Tiga komponen kunci yang teridentifikasi: kesadaran diri dalam mengelola emosi, kemampuan membangun hubungan interpersonal efektif, dan kapasitas adaptif menghadapi perubahan. Ditemukan korelasi positif antara kecerdasan emosional pemimpin dengan kemampuan mengelola konflik, pengambilan keputusan strategis, dan ketahanan kinerja tim. Penelitian berkontribusi pada pemahaman teoretis peran kecerdasan emosional dalam kepemimpinan modern dan memberikan implikasi praktis bagi pengembangan program kepemimpinan. Rekomendasi mencakup integrasi pengembangan kecerdasan emosional dalam pelatihan, implementasi evaluasi berbasis kompetensi emosional, dan pengembangan framework pengukuran efektivitas kepemimpinan.
References
Afifah, S. N., Qomariyah, S., Neneng, N., & Erviana, R. (2024). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Sukabumi. 2(4).
Anderson, J., Smith, B., & Davis, K. (2023). Emotional intelligence and leadership effectiveness in digital age. Journal of Leadership Studies, 15(2), 78-92.
Anggraeni, S., & Mulyadi, D. (2024). Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi , Keuangan & Bisnis Syariah Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi , Keuangan & Bisnis Syariah. 6, 6311–6332. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i10.2865
Boyatzis, R. E., Goleman, D., Gerli, F., Bonesso, S., & Cortellazzo, L. (2019). Emotional and Social Intelligence Competencies and the Intentional Change Process. Cognitive Readiness in Project Teams, February, 147–169. https://doi.org/10.4324/9780429490057-7
Budiyanto, E., & Mochklas, M. (2020). Kinerja Karyawan Ditinjau dari Aspek Gaya Kepemimpinan Budaya Organisasi dan Motivasi Kerja. In Evaluasi Kinerja SDM.
Cavaletti, S., & Bizarrias, F. S. (2023). Transformational Leadership and Emotional Intelligence, and Their Connections in Management and Innovative Projects Management | Liderança Transformacional, Inteligência Emocional E Suas Conexões Com a Gestão E Gestão De Projetos Inovadores | Liderazgo Tr. International Journal of Innovation, 11(2), 1–30.
Cindy Verlia, Angela Caroline, Yoke P. Kornarius, Triningtyas E. P. Gusti, & Agus Gunawan. (2024). Perspektif Gen Z sebagai Digital Savvy terhadap niat untuk menggunakan AI di tempat kerja. ATRABIS Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 10(1), 162–176. https://doi.org/10.38204/atrabis.v10i1.1939
Dedi Laksono, & Baiduri Widanarko. (2024). Faktor – Faktor yang Memengaruhi Psychological Safety di dalam Konteks HSE pada Industri Minyak dan Gas Bumi: Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 7(5), 1155–1164. https://doi.org/10.56338/mppki.v7i5.5189
Fadah, I., & Jember, R. (2023). PENENTU KEBERHASILAN PERUBAHAN ORGANISASI : TINJAUAN PUSTAKA DAN STUDI KASUS PADA LEMBAGA KEUANGAN. 6, 368–381. https://doi.org/10.25273/capital.v6i2.15807
Haetami, H., Purnomo, Y. J., Jasiyah, R., Soegiarto, I., & Suharmono, S. (2023). Redefinisi Kepemimpinan dalam MSDM: Studi Bibliometrik Mendalam tentang Kepemimpinan Transformasional, Kecerdasan Emosional, dan Efektivitas Organisasi. Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis dan Manajemen, 5(2), 50–64. https://doi.org/10.52005/bisnisman.v5i2.154
Jumani, A., Rizqi Ananda, F., Rahellea, S. L., Fikri, S. N., & Zen, A. (2023). Faktor-faktor yang mempengaruhi Kinerja Karyawan, Pengambilan Keputusan : Kepemimpinan, Keterampilan dan Komunikasi (Literature Review Pengambilan Keputusan Manajerial). JIMT Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 4(6), 824–838.
Kusuma, B. N. (2023). Jurnal EMAS. 4, 3042–3055.
Landaburu, J. (2016). TRANSFORMASI MSDM TANTANGAN DAN INOVASI DI ERA DIGITAL (Vol. 16, Nomor 1).
Lee, C. C., Yeh, W. C., Yu, Z., & Lin, X. C. (2023). The relationships between leader emotional intelligence, transformational leadership, and transactional leadership and job performance: A mediator model of trust. Heliyon, 9(8), e18007. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e18007
Mamunur Rahman, M., Hosoishi, S., & Ogata, K. (2021). Phylogenetic Study and Divergence of Weaver Ant, <i>Oecophylla smaragdina</i> Fabricius in Bangladesh (Hymenoptera: Formicidae). American Journal of Biological and Environmental Statistics, 7(3), 57. https://doi.org/10.11648/j.ajbes.20210703.11
Martínez-Rodríguez, G., Silviano-Mendoza, H. H., Fuentes-Silva, A. L., & Baltazar, J. C. (2024). Continuous Solar Thermal Energy Production Based on Critical Irradiance Levels for Industrial Applications. Energies, 17(5), 1–17. https://doi.org/10.3390/en17051087
Mazzetti, G., & Schaufeli, W. B. (2022). The impact of engaging leadership on employee engagement and team effectiveness: A longitudinal, multi-level study on the mediating role of personal- and team resources. PLoS ONE, 17(6 June), 1–25. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0269433
Melinda, C. (2024). YUME : Journal of Management Kesesuaian Gaya Kepemimpian dengan Karakteristik Generasi Milenial : Literature Review. YUME : Journal of Management, 7(2), 767–775.
Pambudy, A. P., & Handayati, R. (2022). Pengaruh Kepemimpinan dan Inovasi Terhadap Kinerja Umkm Dimediasi Kecerdasan Emosional. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 6(1), 234–247. https://doi.org/10.22437/jssh.v6i1.19481
Pemberdayaan, D. A. N., Di, M., & Society, E. R. A. (2023). Transformasi kepemimpinan yang bersifat profetik dan pemberdayaan masyarakat di era society 5.0 yang berkelanjutan. 4(2), 5287–5301.
Rakhmaniar, A. (2023). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dan Efikasi Komunikasi Pada Pemimpin Organisasi : Studi Kasus Pada Perusahaan Manufactur Dikota Bandung. 1(4).
Riza, F., & Yoto, Y. (2023). Membangun Kecerdasan Emosional Siswa SMK untuk Menjawab Tantangan Industri Modern. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 8(4), 940. https://doi.org/10.28926/briliant.v8i4.1643
Santoso, B. (2023). Peran Kecerdasan Emosional Dalam Pengembangan Kepemimpinan. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(7), 3149–3157.
Sartini. (2024). Tantangan Kepemimpinan Adaptif Dalam Dunia Pendidikan Di Era Generasi Milenial Sartini, Andriani Chondro, Harun Joko Prayitno, Indri Chairunissa. 4(2), 98–110.
Ulahtin, Dr. Alifi Utaminingsih, M. S. (2014). PERILAKU ORGANISASI (Universita).
Yusuf, R. M., & Syarif, D. (2018). Komitmen Organisasi. In Makassar: Nas Media Pustaka.