PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, BRAND EQUITY DAN REVIEW PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINTIFIC DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Authors

  • Martani Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.56127/jaman.v4i3.1825

Keywords:

Social Media Marketing, Brand Equity, Review Produk, Keputusan Pembelian, Minat Beli, Intervening.

Abstract

Produk skincare berkontribusi besar pada kehidupan yang berkaitan dengan kebutuhan wanita agar terlihat lebih percaya diri. Kini produk skincare telah mengalami banyak perubahan dengan berbagai macam inovasi yang sesuai degan kebutuhan serta keinginan konsumen salah satunya adalah produk skincare Skintific. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Social Media Marketing, Brand Equity Dan Review Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skintific Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan data primer kuantitatif tahap pengujian ini yang dilakukan adalah : Uji validitas, Uji reliabilitas, analisis SEM-PLS. Data yang digunakan penelitian ini menggunakan kuesioner  dan data yang valid  dan berhasil dikumpulkan sebanyak 100 responden. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah non-probability sampling dengan menggunakan cara purposive sampling. Aalat bantu pengujian yang digunakan adalah SmartPLS versi 4.1.0.6. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel pengaruh Social Media Marketing berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian dan Minat Beli, variabel Brand Equity berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian dan Minat Beli, Keputusan Pembelian berpengaruh positif terhadap Minat Beli, Minat Beli berperan sebagai variabel intervening antara social media marketing, brand equity, review produk terhadap keputusan pembelian.

References

Afifah Rana Putri (2023). Pengaruh Review Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Produk Skintific Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta Di Medan. Journal of Management , 3(4).

Duryadi, (2023). Metode Penelitian Empiris Model Path Analysis dan Analisis Menggunakan SmartPLS

Eko Putra (2020). Pengaruh Promosi Melalui Sosial Media Dan Review Produk Pada MarketPlace Shopee Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Stie Pasaman). e-Jurnal Apresiasi Ekonomi 8(3) 467-474

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Ghozali, I. (2016) Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Furadantin, N. R. (2018). Analisis data menggunakan aplikasi smartpls v. 3.2. 7 2018. Jurnal manajemen, 1(1), 1-18.

Kristia Yuliawan. (2021). Pelatihan SmartPLS 3.0 Untuk Pengujian Hipotesis Penelitian Kuantitatif, Jurnal Ekonomi 5(1) 2548-8406

Nursiti, dan Aprillia Giovenna (2022). Pengaruh Social Media Marketing, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian produk Uniqlo. Jurnal Industri Kreatif 5(1) 262-094

Panjaitan, R. (2018). Manajemen Pemasaran Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik, 1-122.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tjiptono, Fandy, Anastasia Diana (2020) Pemasaran : Penerbit Andi Yogyakarta

Yuyun Taufik, Ade Risna Sari, Aminatus Zakhra, Ivonne Ayesha, Ade Perdana Siregar, Iwan Henri Kusnadi, Ratnawati,dan Hendy Tannady (2024). Peran Social Media Marketing dan Brand Awareness Terhadap Purchase Intention Produk Es Teh Indonesia. Jurnal Manajemen, Ekonomi 1 (2) 723-238

Zanjabilla, Ridwan dan Rahmat Hidayat. (2017). “Analisis Pengaruh Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian Bandung Techno Park (Studi pada Pelanggan Bandung Techno Park 2017”. Jurnal Manajemen Pemasaran. 6(1)

Downloads

Published

2024-12-04

How to Cite

Martani. (2024). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, BRAND EQUITY DAN REVIEW PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINTIFIC DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 4(3), 36–42. https://doi.org/10.56127/jaman.v4i3.1825

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.