ANALISIS PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, PERSEPSI MANFAAT DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN
DOI:
https://doi.org/10.56127/jaman.v2i1.199Abstract
Artikel ini menganalisis pengaruh variabel Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat dan Promosi Penjualan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening studi empiris pengguna aplikasi pembayaran elektronik e-wallet OVO di wilayah Jabodetabek, dengan jumlah sampel 100 responden. Metode pengambilan sampel adalah nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Pengujian menggunakan analisis deskriptif model pengukuran (outer model), uji convergent validity, uji discriminant validity, uji reliabilitas, model struktural (inner model), uji coefficient of determination (R2) dan uji hipotesis. Pengolahan data menggunakan aplikasi Smart PLS 3.0. Hasil menunjukkan bahwa pengaruh secara langsung variabel Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat dan Promosi Penjualan berpengaruh positif dan signifikansi terhadap Kepuasan Pelanggan, Variabel Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat dan Promosi Penjualan berpengaruh positif dan signifikansi terhadap Loyalitas Pelanggan, Variabel Kepuasan Pelanggan berpengaruh positif dan signifikansi terhadap Loyalitas Pelanggan. Pengaruh secara tidak langsung variabel Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat dan Promosi Penjualan berpengaruh positif dan signifikansi terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan.
References
Abdillah, Willy., dan Hartono, Jogiyanto. 2015. Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modelling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Davis, Gordon B. 2012. Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen. Palembang: Maxikom.
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS), Edisi Pertama. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gibson. 2005. Perilaku Organisasi. Jakarta: Rineka Cipta.
Jogiyanto. 2009. Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.
Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran, Jilid 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Kotler, Philip., dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran, Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip., dan Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management. Edisi 14. Jakarta: Erlangga.
Mathwick, C., Malhotra, N., dan Rigdon, E. 2001. Experiential Value: Conceptualization, Measurement and Application in The Catalog and Internet Shopping Environment. Journal of Retailing, 77, 39 – 56.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. 2012. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Venkatesh, Viswanath., dan Davis, F.D. 2000. A Theoritical Extension of the Technology Acceptance Model: Four Longitudinal Field Studies. Management Science. 46 (2): 186-204.
https://analisa.id/sejarah-panjang-ovo-startup-unicorn-kelima indonesia/(diakses pada tanggal 10 mei 2020)
https://kompas.id/baca/ekonomi/pencapaian-OVO/ (diakses pada tanggal 10 mei 2020)
https://www.ovo.id/about (diakses pada tanggal 10 mei 2020)
https://www.cnbcindonesia.com/tech/daftar-10-dompet-digital-terpopuler (diakses pada tanggal 24 September 2020)
https://www.cekaja.com/info/perbandingan-gopay-dan-ovo/ (diakses pada tanggal 24 September 2020)
https://www.pricebook.co.id/article/ /perang-e-wallet (diakses pada tanggal 24 September 2020)
