PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, GAYA HIDUP SEHAT, DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SUSU BEAR BRAND

Authors

  • Sulastri Universitas Gunadarma
  • Pelinda Puspasari Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.56127/jaman.v2i1.217

Keywords:

Citra Merek, Gaya Hidup Sehat, Kelompok Referensi, Keputusan Pembelian, Kualitas Produk

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisi pengaruh variabel Kualitas Produk, Citra Merek, Gaya Hidup Sehat dan Kelompok Referensi secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian susu Bear Brand, serta untuk mengetahui variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian susu Bear Brand. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan data primer kuantitatif, tahap uji yang dilakukan adalah: uji validitas, uji reliabilitas, normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, regresi linear berganda, uji F, uji t, variabel dominan, koefisien determinasi R². Data primer yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pengumpulan kuesioner, dan data valid yang berhasil dikumpulkan sebanyak 100 responden. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah non probability sampling dengan accidental sampling. Alat bantu yang digunakan adalah aplikasi SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Kualitas Produk dan Gaya Hidup Sehat tidak berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian, kemudian variabel Citra Merek dan Kelompok Referensi bepengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian. Secara simultan seluruh variabel mempunyai pengaruh terhadap Keputusan Pembelian, serta variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian adalah Kelompok Referensi.

References

Anwar, I. (2015). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol.4, No.12.

Asmara, A., Purnamadewi, Y. L., & Deni L. (2016). Keragaan Produksi Susu dan Efisiensi Usaha Peternakan Sapi Perah Rakyat di Indonesia. Jurnal Manajemen dan Agribisnis, Vol.13, No.1.

Auliyanti, R., Wulandari, J., & Damayanti, A. (2021). Analisis Suasana Toko, Kelompok Referensi, dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Starbucks Coffee di Kota Bandar Lampung. Jurnal Kompetitif Bisnis, Vol.1, No.5.

Fuziawatie, A. S., (2021). Susu Steril Kurma Minuman Sehat untuk Masa Pandemi Covid-19: Studi Takhrij dan Syarah Hadis Pendekatan Bidang Kesehatan. Jurnal Riset Agama. Vol.1, No.1.

Handayani, R. T., Arradini D., Darmayanti T., Widianto A., & Atmojo J.T. (2020). Pandemi Covid-19, Respon Imun Tubuh, dan Herd Immunity. Jurnal Ilmiah Permas. Vol.10, No.3.

Khayisatuzahro, S. (2019). Panic Buying di Masa Pandemi dan Relevansinya dengan Ikhtikar dalam Pandangan Islam. Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Syariah. Vol.1, No.2.

Kotler, P., & Caslione, J. A. (2011). Chaotics: Resep Jitu Bertahan di Abad Prahara dari Pakar Pemasaran Dunia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P., Kartajaya, & H., Huan, H. D. (2017). Marketing for competitiveness : Asia yang mendunia pada Era konsumen digital. Yogyakarta : Bentang Pustaka.

Kotler, P., Kartajaya, & H., Huan, H. D. (2017). Marketing for competitiveness : Asia yang mendunia pada Era konsumen digital. Yogyakarta : Bentang Pustaka.

Miati, Iis (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay. Jurnal ABIWARA, Vol.1, No.2.

Pandensolang, J. D. & Tawas, H. N. (2015). Pengaruh Diferensiasi, Kualitas Produk,dan Ekuitas Merek, terhadap Keputusan Pembelian Coca Cola pada PT Bangun Wenang Beverges Company di Manado. Jurnal EMBA. Vol.3, No.3.

Riana, Deny (2021). Ensiklopedia Pola Hidup Sehat. Jakarta : Multi Kreasi Satu Delapan.

Rizky, M. A., Arifin, R., & Hufron M. (2017). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Citra Merek, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Susu Indomilk. E-Jurnal Riset Manajemen. Vol. 08, No. 11.

Santoso, D. & Najib, M. (2015). Brand Equity Susu Cair UHT dan Pengaruhnya pada Purchase Intention. Jurnal Manajemen dan Agribisnis. Vol.12, No.1.

Sudarsono, Heri (2019). Manajemen Pemasaran. Jember : Pustaka abadi.

Zahra, G. F. (2016). Pengaruh Gaya Hidup Sehat, Harga, dan Kelompok Referensi Terhadap Keoutusan Pembelian Susu Anlene di Kebumen. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol.12, No.1.

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Sulastri, & Pelinda Puspasari. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, GAYA HIDUP SEHAT, DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SUSU BEAR BRAND. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 2(1), 104–112. https://doi.org/10.56127/jaman.v2i1.217

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.