PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KAFE SUDUT HALAMAN

Authors

  • Nurul Khaira Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Farhan Saputra Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Faroman Syarief Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.56127/jaman.v2i3.350

Keywords:

Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian

Abstract

Artikel Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian di Kafe Sudut Halaman. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif serta menggunakan SPSS version 27 dalam menganalisis data. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 105 responden dengan jumlah sampel sebanyak 50 responden dari pengunjung kafe sudut halaman. Dalam menentukan sampel penelitian, peneliti menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu Simple Random Sampling. Data diperoleh dari kuisioner yang dibuat di google form kemudian disebarkan kepada responden dengan menggunakan skala pengukuran skala likert. Uji yang dilakukan berupa Uji Validitas dan Reliabilitas, Uji T, Uji F dan Uji Koefisien Determinasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Persepsi Harga berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian secara parsial; 2) Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian secara parsial; dan 3) Persepsi Harga  dan Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian secara simultan.

References

Ali, H., & Limakrisna, N. (2013). Metodologi Penelitian (Petunjuk Praktis Untuk Pemecahan Masalah Bisnis, Penyusunan Skripsi (Doctoral dissertation, Tesis, dan Disertasi. In In Deeppublish: Yogyakarta.

Ali, H., & Mappesona, H. (2016). Build brand image: Analysis Service Quality and Product Quality (case study at Giant Citra Raya). International Journal of Economic Research.

Ali, H., Narulita, E., & Nurmahdi, A. (2018). The Influence of Service Quality, Brand Image and Promotion on Purchase Decision at MCU Eka Hospital. Saudi Journal of Business and Management Studies. https://doi.org/10.21276/sjbms.2018.3.1.12

Anggita, R., & Ali, H. (2017). The Influence of Product Quality, Service Quality and Price to Purchase Decision of SGM Bunda Milk. Scholars Bulletin. https://doi.org/10.21276/sb

Brama Kumbara, V. (2021). Determinasi Nilai Pelanggan Dan Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Desain Produk Dan Endorse. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 604–630. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i5.568

Hadita. (2019). Promosi Dan Harga pada Kepuasan Pelanggan Restoran Fast Food. Ekspektra : Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 25–38. https://doi.org/10.25139/ekt.v3i1.1431

Hadita, H. (2020). The Impact of the First Media Product Purchase Decision on Brand Image and Product Quality (First Media Customer Survey in DKI Jakarta). American Journal of Humanities and Social …, 4, 77–85.

Ikhsani, K., & Ali, H. (2017). KEPUTUSAN PEMBELIAN: ANALISIS KUALITAS PRODUK, HARGA DAN BRAND AWARENESS (Studi Kasus Produk Teh Botol Sosro Di Giant Mall Permata Tangerang). Jurnal SWOT, VII(3), 523–541.

Meutia, K. I., Hadita, & Widjarnarko, W. (2021). Dampak Brand Image dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Miniso. Journal of Technopreneurship on Economics and Business Review, 2(2), 75–87. https://doi.org/10.37195/jtebr.v2i2.68

Novansa, H., & Ali, H. (2017). Purchase Decision Model: Analysis of Brand Image, Brand Awareness and Price (Case Study SMECO Indonesia SME products). Saudi Journal of Humanities and Social Sciences. https://doi.org/10.21276/sjhss

Rasyid, H. Al. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Pemanfaatan Teknologi Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Go-Jek. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 1(2), 210–223. https://doi.org/10.31311/jeco.v1i2.2026

Resti, D., & Soesanto, H. (2016). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan Melalui Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang Pada RUMAH Kecantikan Sifra Di Pati. Diponegoro Journal of Management, 5(1), 1–12.

Ricardo, R. (2021). BUILDING PURCHASE INTENTION : COMPANY IMAGE , PRODUCT KNOWLEDGE AND PRICE PERCEPTION. Dinasti International Journal of Digital Business Management, 2(6), 1090–1098.

Rosmayati, I., Hanifah, H. S., & Budiman, A. F. (2020). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Kopi pada Mahkota Java Coffee Garut. Jurnal Wacana Ekonomi, 19(3), 186. https://doi.org/10.52434/jwe.v19i3.936

Safitri, L. (2022). THE ANALYSIS OF FOOD QUALITY , CITY IMAGE , AND PROMOTION OF REVISITS IN BUKITTINGGI CITY TOURISM WEST SUMATERA WITH CUSTOMER SATISFACTION AS INTERVENING VARIABLE. Dinasti International Journal of Management Science, 3(3), 578–591.

Santika, I. W. E., & Arini, I. A. (2020). PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOPI (Studi Kasus Pada Kopi Nini) DI DESA DEMULIH KABUPATEN BANGLI. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium, 6(1), 116–123. https://doi.org/10.47329/jurnal_mbe.v6i1.416

Soebakir, B. D., Lumanauw, B., & Roring, F. (2018). Pengaruh Brand, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pelanggan Membeli di Kedai Kopi Gudang Imaji Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 3843–3852.

Sopiyan, P. (2022). Pengaruh Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Kopi Soe di Kutabumi. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(2), 249–258. https://doi.org/10.32670/coopetition.v13i2.1057

Sudiantini, D., & Saputra, F. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan: Kepuasan Kerja, Loyalitas Pegawai dan Komitmen di PT Lensa Potret Mandiri. Formosa Journal of Sustainable Research (FJSR), 1(3), 467–478.

Suleman, D., Ali, H., Nusraningrum, D., & Ali, M. M. (2020). Pembeda Konsumen Dalam Memilih Tempat Belanja Offline Vs Online. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 4(2), 275–282. https://doi.org/10.31294/jeco.v4i2.8122

Suryawan, I. D. G., & Wirajaya, I. G. A. (2017). Pengaruh Current Ratio, Debt To Equity Ratio dan Return On Assets pada Harga Saham. E-Jurnal Akuntansi, 21(2), 1317–1345.

Sutrisno, N., & Haryani, A. D. (2017). Influence of Brand and Product Quality on Customer’S Buying Decision in South Cikarang Bekasi Regency. Jurnal Lentera Bisnis, 6(1), 85. https://doi.org/10.34127/jrlab.v6i1.169

Tjahjadi, D., & Limakrisna, N. (2022). MODEL OF CUSTOMER SATISFACTION FOR IMPROVING CUSTOMER LOYALTY. Dinasti International Journal of Management Science, 3(4), 657–667.

Winarsih, R., Mandey, S. L., Wenas, R. S., Manajemen, J., Ekonomi, F., Bisnis, D., Sam, U., & Manado, R. (2022). PENGARUH PERSEPSI HARGA , KUALITAS MAKANAN , DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA DABU – DABU LEMONG RESTO DAN COFFEE KAWASAN MEGAMAS DI MANADO. Jurnal EMBA, 10(03), 388–399.

Downloads

Published

2022-12-08

How to Cite

Khaira, N., Farhan Saputra, & Faroman Syarief. (2022). PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KAFE SUDUT HALAMAN. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 2(3), 24–30. https://doi.org/10.56127/jaman.v2i3.350