PENGARUH PERMINTAAN HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA TRANSPORTASI ONLINE

Authors

  • Achmad Fauzi
  • Ferry Maryadi
  • Putri Afrillia
  • Firman Armanda
  • Widhi Sulistyowati
  • Mardatila Az Zahra
  • Deftia Soza

DOI:

https://doi.org/10.56127/jaman.v3i1.646

Keywords:

harga, promosi, kualitas layanan, Kepuasan konsumen

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang
berbagai faktor yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dalam menggunakan
jasa transportasi online. Kepuasan konsumen dapat dipahami berdasarkan persepsi harga, persepsi
iklan, bahkan kualitas layanan, yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen saat
menggunakan jasa transportasi online. Masalah yang dibahas dalam kajian ini adalah: Dampak harga terhadap kepuasan konsumen, dampak insentif iklan terhadap kepuasan konsumen, dan dampak kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen. Kajian ini terkait dengan 10 Penelitian sebelumnya yang menerapkan sistem analisis, yakni riset kepustakaan (library research) yang dilakukan terhadap literatur. Dan hasil survei menunjukkan bahwa persepsi harga, persepsi periklanan, dan kualitas layanan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kepuasan konsumen saat menggunakan jasa angkutan online. Dan dari hasil penelitian ini, dapat diperoleh referensi untuk penelitian selanjutnya di masa yang akan datang.

References

Agussalim, S. O., & Jan, A. B. H. (2018). Pengaruh Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Jasa Transportasi Online Go-Jek Di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 2318–2327.

Anggriana, R., Qomariah, N., & Santoso, B. (2017). Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Ojek Online “OM-JEK” Jember. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 7(2), 137–156.

Cucu Sumartini, L., & Fajriany Ardining Tias, D. (2019). Analisis Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Kedai Kopi Kala Senja. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 3(2), 111–118. https://doi.org/10.37339/e-bis.v3i2.124

Erica Denny, & Al Rasyid Harun. (2018). 1178Pengaruh Kualitas Layanan Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Jasa Transportasi. Prespektif, 16(2), 168–176.

Farisi, S., & Siregar, Q. R. (2020). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online di Kota Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 148–159. https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i1.4941

Firdaus, H. (n.d.). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title.

Giri, P., & Dewi, M. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Driver Go-Jek Di Kota Denpasar, Bali. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 6(6), 948–975.

Gofur, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37–44. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.240

Lestari, S. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4, 1349–1358.

Mardjani, B. D., Lapian, S. L. H. V. J., Mangantar, M., Harga, P., Dan, P., Layanan, K., Kepuasan, T., Manajemen, J., & Ekonomi, F. (2023). KONSUMEN PADA TRANSPORTASI ONLINE ( STUDI KASUS GOJEK DAN MAXIM DI KOTA MANADO ) THE EFFECT OF PRICE , PROMOTION AND SERVICE QUALITY ON CONSUMER SATISFACTION IN ONLINE TRANSPORTATION ( CASE STUDY OF GOJEK AND MAXIM IN MANADO CITY ) Jurnal EMBA Vol . 11 No. 11(1), 942–952.

Miranthi, A., & Idris. (2017). Pengaruh Citra Perusahaan, Kualitas Layanan, dan Persepsi Harga terhadap Minat Beli Ulang melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada penumpang New Atlas Taksi Semarang). Diponegoro Journal of Management, 6(3), 1–8.

Nasution, M. A. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Alat Kesehatan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pt. Dyza Sejahtera Medan. Jurnal Warta Edisi : 59, 59, 290572. http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php

Nisa, A. (2021). Analisis Perilaku Generasi Millenials Terhadap Permintaan Transportasi Online di Kota Semarang. Diponegoro Journal of Economics, 9, 144–156. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jme/article/view/31544

Nusantara, R. A., Sumaryanto, & Suddin, A. (2018). Analisis Pengaruh Harga, Pelayanan, dan persepsi Reputasi terhadap Loyalitas menggunakan Jasa Ojek Online (Survei pada Pelanggan Go-Jek Kota Solo). Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 18(3), 473–478.

Sianipar, G. J. . (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA JASA TRANSPORTASI OJEK ONLINE (Studi Pada Pelanggan GrabBike Di Kota Medan). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 19, 183–196. https://doi.org/10.54367/jmb.v19i2.576

Siwu, H. F. D. (2019). Permintaan Dan Penawaran Jasa Transportasi. Jurnal Pembangunan Ekonomi Dan Keuangan Daerah, 19(6), 114–122. https://doi.org/10.35794/jpekd.20565.19.6.2018

Strategy, P., Develop, T., Business, T., Blue, I., Transport, B., & Jakarta, C. (2016). Strategi Promosi Dalam Mengembangkan Bisnis Transportasi Pada Perusahaan Transportasi Blue Bird Jakarta. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 1(1), 82–90.

Vaula Rhesy Modompit, Joseph Bintang Kalangi, J. I. S. (2020). Analisis Permintaan Transportasi Gojek Online Di Kota Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 20(03), 140–151.

Wariki, G., Mananeke, L., & Tawas, H. (2015). Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Pada Perumahan Tamansari Metropolitan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2), 1073–1085. https://doi.org/10.35794/emba.v3i2.9286

Wibowo, A. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Transportasi Umumbus Trans Jogja Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu Manajemen, 11(2), 67–81. https://doi.org/10.21831/jim.v11i2.11765

Kuncara, T. (2022). Analisis Kecurangan Laporan Keuangan Dengan Menggunakan Model Beneish Ratio Indeks Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di BEI. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis Indonesia (JABISI), 3(1), 1-11.

Pranawukir, I., & Sukma, A. H. (2021). Strategi Corporate Social Responsibility Dompet Dhuafa dalam Membangun Brand Differentiation Lembaga. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial Dan Politik (JISoP), 3(1), 22-32.

Published

2023-04-30

How to Cite

Fauzi, A. ., Maryadi, F., Afrillia, P. ., Armanda, F. ., Sulistyowati, W., Az Zahra, M., & Soza, D. . (2023). PENGARUH PERMINTAAN HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA TRANSPORTASI ONLINE. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 3(1), 63–72. https://doi.org/10.56127/jaman.v3i1.646

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.