EFEKTIVITAS PENERAPAN ANGGARAN BERBASIS KINERJA TERHADAP KINERJA KEMENTERIAN LEMBAGA

Authors

  • Ricky Dhamara Universitas Terbuka
  • Achmad Fauzi Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.56127/jaman.v3i1.666

Keywords:

Budget allocation, performance-based budgeting, performance

Abstract

Anggaran belanja adalah alat penting yang digunakan oleh pemerintah untuk mengalokasikan sumber daya demi mencapai tujuan pembangunan nasional secara efisien dan efektif. Tujuan dari studi ini untuk mengetahui seberapa efektif menggunakan Anggaran Berbasis Kinerja (ABK) untuk meningkatkan kinerja kementerian dan lembaga di Indonesia ABK adalah pendekatan yang menekankan pada capaian hasil dan dampak yang diinginkan serta pengukuran kinerja secara objektif. Dalam pendekatan ini, kinerja diukur dengan melihat pencapaian target dan indikator kinerja. ABK memungkinkan kementerian dan lembaga untuk mengelola sumber daya dengan lebih efisien dengan memberikan kerangka kerja yang jelas dan dapat diukur. ABK juga menambah transparansi dan akuntabilitas dalam penggunaan keuangan publik. Adanya sistem pengukuran kinerja yang objektif dapat membantu kementerian dan lembaga melacak dan mempertanggungjawabkan penggunaan anggaran secara lebih akurat. Ini dapat meningkatkan kepercayaan publik dan mengurangi kemungkinan korupsi dalam pengelolaan keuangan negara. Studi ini memberikan informasi yang berguna bagi pengambil keputusan di tingkat kementerian dan lembaga tentang bagaimana menerapkan ABK dapat meningkatkan kinerja. Rekomendasi kebijakan juga diberikan, seperti meningkatkan pemahaman dan keterampilan personel, meningkatkan pengawasan dan evaluasi, dan mengatur anggaran dengan cara yang tepat untuk mendukung pelaksanaannya. Akibatnya, penelitian ini meningkatkan pemahaman kita tentang bagaimana menerapkan ABK terhadap kinerja Kementerian dan Lembaga. Penelitian ini menunjukkan betapa pentingnya peran Kementerian dan Lembaga dalam mengelola anggaran belanja publik secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan pembangunan nasional.

References

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah.

Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 22/PMK.02/2021 Tentang Pengukuran dan Evaluasi Kinerja Anggaran atas Pelaksanaan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga.

Dwi Suharnoko, 2019. Efektivitas Penerapan Anggaran Berbasis Kinerja Terhadap Kinerja Perangkat Daerah di Kabupaten Malang, Jurnal Karta Raharja 1(2) (2019); 1- 13;

Junery, M. Fadhil dan Norhanisah, 2019. Pengaruh Anggaran Berbasis Kinerja Terhadap Peningkatan Kinerja Aparatur Pemerintah Daerah; 1-9;

Fratiwi, U’ah Ganda. 2017. Pengaruh Anggaran Berbasis Kinerja Terhadap Peningkatan Kinerja Aparatur Pemerintah Daerah (Studi Pada Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Timur); 1-11;

Made, Anwar dan Wulandari, Retno. 2019. Analisis Pengaruh Penerapan Anggaran Berbasis Kinerja, Akuntabilitas Dan Transparansi Terhadap Kinerja Keuangan Daerah Kota Malang. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi Volume 8, No 2; 1-11;

Dewi, Nyoman Ayu Wulan Trisna Dewi, & Wiguna, I Gd Nandra Hary. 2019. Evaluasi Penerapan Performance Based Budgeting pada Pemerintah Provinsi di Indonesia. Jurnal Ilmiah Akuntansi Vol. 4, No. 2; 201-222;

Sofyani, Hafiez dan Prayudi, Made Aristia. 2018. Implementasi Anggaran Berbasis Kinerja Di Pemerintah Daerah Dengan Akuntabilitas Kinerja “A”; Jurnal Ilmiah Akutansi dan Bisnis, Vol. 13, No. 1; 1-11;

Akbar, Dendy Syaiful. 2018. Penerapan Anggaran Berbasis Kinerja. Jawara Vol. 6 No. 1; 1-9;

Fauzan, Fajri Akbar. 2021. Determinan Efektifitas Implementasi Anggaran Berbasis Kinerja dan Penyerapan Anggaran di Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu; 1-20;

Binawati, Enita. 2015. Implementasi Anggaran Berbasis Kinerja Dan Akuntabilitas Sektor Publik Studi pada Pemerintah DIY. Wahana Vol. 18. No. 1; 1-19;

Biswan, Ali Tafriji dan Grafitanti, Iklima Devi. 2021. Memaknai Kembali Penganggaran Berbasis Kinerja Berdasarkan Studi Implementasi Penganggaran Sektor Publik; 1-22;

Bastian, Indra. 2006. Sistem Akuntansi Sektor Publik. Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Mardiasmo. 2018. Akuntansi Sektor Publik. Edisi terbaru. Yogyakarta. Andi.

Mutia, Nila, 2009. Usulan Rancangan Kinerja Perusahaan. Universitas Indonesia.

Harun, 2009. Reformasi Akuntansi dan Manajemen Sektor Publik di Indonesia. Salemba Empat.

Pranawukir, I., & Sukma, A. H. (2021). Strategi Corporate Social Responsibility Dompet Dhuafa dalam Membangun Brand Differentiation Lembaga. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial Dan Politik (JISoP), 3(1), 22-32.

Kuncara, T., Mukodim, D., & Segoro, W. (2021). The Effect Of Health, Education, Capital, Technology, Inflation, And Gross Of Regional Domestic Products On Poverty Level In North Maluku Province. International Journal of Science, Technology & Management, 2(4), 1423-1427.

Published

2023-04-30

How to Cite

Dhamara, R., & Fauzi, A. . (2023). EFEKTIVITAS PENERAPAN ANGGARAN BERBASIS KINERJA TERHADAP KINERJA KEMENTERIAN LEMBAGA. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 3(1), 104–110. https://doi.org/10.56127/jaman.v3i1.666

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.