STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT PADA NASI UDUK REMAJA H. TOHA CIKINI JAKARTA PUSAT

Authors

  • Ratna Susilowati Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.56127/jaman.v3i2.829

Abstract

DKI Jakarta berdasarkan data BPS tahun 2022 menduduki peringkat pertama provinsi dengan jumlah usaha kuliner terbanyak di Indonesia dengan total 5.159 usaha pada tahun 2020. Para pelaku bisnis ditantang untuk menciptakan sesuatu yang unik sehingga konsumen dapat membedakan ciri khas tersebut dengan para pesaing. Untuk itu diperlukan strategi pemasaran yang mumpuni untuk dapat memenangkan persaingan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan Nasi Uduk Remaja H. Toha Cikini Jakarta Pusat berdasarkan analisis SWOT.

Jenis data yang digunakan adalah data primer yaitu dengan cara mengambil data secara langsung terhadap objek dan subjek penelitian. Penelitian ini juga menggunakan data sekunder dari studi kepustakaan dan jurnal terdahulu yang berkaitan dengan analisis SWOT serta literasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah faktor internal yang terdiri faktor kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh Nasi Uduk Remaja H. Toha Cikini, Jakarta Pusat dan faktor eksternal yang terdiri dari peluang dan ancaman yang dimiliki oleh Nasi Uduk Remaja H. Toha Cikini Jakarta Pusat. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini dengan melakukan analisis SWOT menggunakan matriks IFE (Internal Factor Evaluation) matriks EFE (Eksternal Factor Evaluation.

Skor untuk faktor kekuatan 3,08, skor untuk faktor kelemahan 0,25 jadi selisih dari kedua nilai tersebut 2,83. Sedangkan skor faktor peluang 3,23 dan skor faktor ancaman 0,26 jadi selisih dari kedua nilai tersebut adalah 2,97. Nilai-nilai selisih tersebut membentuk titik koordinat yaitu (2,83:2,97) sehingga perusahaan berada pada kuadran I. Hal ini sangat menguntungkan bagi perusahaan dalam meningkatkan daya saingnya karena mendukung pertumbuhan yang agresif (growth-oriented strategy). Strategi yang mendukung pertumbuhan kebijakan agresif ini dapat dilakukan dengan menerapkan strategi penetrasi pasar (market penetration) dan pengembangan pasar (Market development).

References

Anissa Mayang Indri Astuti dan Shinta Ratnawati. (2020). Analisis Swot Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus Di Kantor Pos Kota Magelang 56100). Jurnal Ilmu manajemen Volume 17 No. 2 hal. 58 – 70.

A.W Marsum. (2005). Restoran dan Segala Permasalahannya. Edisi Empat. Yogyakarta: Andi Offset.

Danu Kusbandono. (2019). Analisis SWOT Sebagai Upaya Pengembangan Dan Penguatan Strategi Bisnis (Study Kasus Pada Ud. Gudang Budi, Kec. Lamongan). Jurnal Ilmu Penelitian Manajemen. Volume 4 No. 2 Hal. 921 -931

David, Fred R. (2009). Manajemen Strategis. Jakarta: Salemba Empat.

Diana Puspitasari dan Abdirizal Oktafianto. (2017). Penentuan Strategi Bisnis Menggunakan Analisis SWOT Dan MATRIKS IFAS – EFAS Pada CV. Dinasty. Seminar Nasional IENACO. Halaman 238 - 245 ISSN: 2337 – 4349. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/bitstream/handle/11617/8671/IENACO%20042.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Gian Dwi Jayanti. (2019). Skripsi: Analisis SWOT Untuk Mengetahui Positioning Perusahaan Dalam Menentukan Strategi Perusahaan Pada UD. Mahkota Gempol.

Haerawan dan Yulius Here Magang. (2019). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Alat Rumah Tangga Di PT Impressindo Karya Steel Jakarta-Pusat. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Volume 5 No. 2 hal. 175 – 189.

Hidayat, Ramon (2021). Tesis: Analisis Strategi Pemasaran Coffee Shop Kelokopi

dengan SWOT Analysis dan Boston Consulting Group (BCG). Institut agama Islam Negeri Batu sangkar, dengan link https://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/21310/1623292854228_RAMON%20HIDAYAT%20PERPUSTAKAAN.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Irham, Fahmi. (2014). Manajemen Strategis Teori dan Aplikasi, Bandung: Alfabeta. h. 252

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip. (2004). Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, Jilid 1, Jakarta: PT Prenhallindo.

Kotler, Philip. (2000). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: CV. Intermedia. h. 365.

Mudatsir (2020). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Daya Saing Pada Cafe Mr.Yess Coffee Di Kota Benteng Selayar. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Makasar dengan link http://eprints.unm.ac.id/18076/

Rangkuti, Freddy. (2002). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis: Menghadapi abad 21. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, Freddy. 2013. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Swastha, Basu. (2002). Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Liberty

Tjiptono, Fandi. (1997). Strategi Pemasaran.Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi

Suminto, Hari (2002). Pemasaran Blak-blakan. Batam: Inter Aksara. hal. 20

https://goodstats.id/article/lebih-dari-10000-usaha-kuliner-ada-di-indonesia-bagaimana-statistiknya-OTIU5

Downloads

Published

2023-07-23

How to Cite

Ratna Susilowati. (2023). STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT PADA NASI UDUK REMAJA H. TOHA CIKINI JAKARTA PUSAT. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 3(2), 59–66. https://doi.org/10.56127/jaman.v3i2.829

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.