PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK SKINCARE MS GLOW
DOI:
https://doi.org/10.56127/jaman.v3i2.841Abstract
Salah satu yang akhir-akhir ini menjadi perkembangan yang sangat pesat adalah produk kosmetik. Tingkat persaingan di dalam dunia usaha kosmetik semakin ketat diakibatkan oleh adanya perkembangan produk kosmetik. Produk kosmetik dan juga skincare merupakan salah satu kebutuhan yang banyak dibutuhkan untuk mempercantik diri sehingga memunculkan tingkat kepercayaan diri yang lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Skincare MS Glow.
Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan menggunakan kuesioner online dan dibagikan ke 100 responden konsumen produk skincare MS Glow, baik yang pernah membeli dan menggunakan produk skincare MS Glow. Data yang digunakan oleh penulis untuk melakukan penelitian ini adalah menggunakan data kuantitatif berupa angka-angka dari hasil survey konsumen. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah non probability sampling dengan Teknik Insidental Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, multikolinearitas dan heterosdastisitas, uji hipotesis yaitu uji t dan uji F, analisis regresi linear berganda serta uji koefisien determinasi (R2).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Kualitas Produk dan Celebrity Endorser berpengaruh secara parsial terhadap Keputusan Pembelian, namun variabel Harga tidak berpengaruh secara parsial terhadap Keputusan Pembelian. Dan diketahui bahwa Harga, Kualitas Produk dan Celebrity Endorser berpengaruh secara simultan terhadap Keputusan Pembelian. Dari ketiga variabel yang berpengaruh paling besar adalah variabel Kualitas Produk. Hasil Koefisien Determinasi (R2) menunjukkan bahwa variabel Harga, Kualitas Produk dan Celebrity Endorser menunjukan pengaruh sebesar 34,9% terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Skincare MS Glow.
References
Alma, Buchari. 2003. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi 2.
Fandy Tjiptono. 2006. Manajemen Jasa. Edisi Pertama. Yogyakarta : Andi.
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Edisi Ke 3. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Keller, Kevin Lane. (2003). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. New Jersey: Prentice Hall.
Kotler dan Keller, 2007. Manajemen Pemasaran,Edisi 12, Jilid 1, PT.Indeks, Jakarta
Kotler, Philip. 2004. Manajemen Pemasaran 2, Edisi Millenium. PT. Ikrar Mandiri, Jakarta.
Kotler, Philip. 2007. “Manajemen Pemasaran, Jilid 1. Edisi ke 12”. PT Indeks: New Jersey.
Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2007. Dasar-dasar Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Prehallindo.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Indonesia: PT Macanan Jaya Cemerlang.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. “Manajemen Pemasaran, Jilid 1. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.
Sutisna. 2003. Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2003. Total Quality Management. Edisi Kelima. Andi Offset. Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta : Andi.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Bisnis Pemasaran, Edisi Ke 3. Yogyakarta: Andi Offset.