PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, PERSEPSI KEPERCAYAAN DAN PERSEPSI KEAMANAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN APLIKASI WHATSAPP
DOI:
https://doi.org/10.56127/jaman.v3i2.844Abstract
Komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan sosial masyarakat. Salah satu media sosial yang sangat populer dan berkembang saat ini adalah WhatsApp. WhatsApp merupakan aplikasi berkirim pesan dan panggilan sedehana, aman dan reliabel, serta dapat diundu ke ponsel diseluruh dunia secara gratis. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui, dan menganalisis pengaruh persepsi kemudahan, persepsi manfaat dan persepsi kepercayaan terhadap minat menggunakan aplikasi WhatsApp secara parsial maupun simultan. Data yang digunakan dalam penelitian yaitu data primer dengan menggunaka instrumen kuesioner sebanyak 100 resonden. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah non probability sampling dengan teknik purposive sampling atau pengambilan sampel berdasarkan karakteristik tertentu. Uji yang dilakukan terdiri atas uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, regresi linear berganda, uji t, uji f, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan persepsi kemudahan, persepsi manfaat dan persepsi keamanan secara parsial berpengaruh terhadap minat menggunakan aplikasi WhatsApp. Secara simultan persepsi kemudahan, persepsi manfaat dan persepsi keamanan berpengaruh terhadap minat menggunakan pada aplikasi WhatApp.
References
Acelian, Restu Muhammad., Basri, Har Adi. 2021. Analysis of Sales Promotion, Perceived Ease of Use and Security on Consumer Decisions to Use DANA Digital Wallet.International Journal of Innovative Science and Research Technology.
Ahmadi, Abu. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta
Akbar, Niko Faizal. 2019. Analisis Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Komunikasi Snaapp Pada Ignatius Slamet Riyadi Karawang. Jurnal Ilmiah Manajement & Business, Vol 3, No 3
Alghifari, Muhammad Faris. 2020. Pengaruh Daya Tarik Promosi, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kemanfaatan Terhadap Minat Menggunakan Go-Pay Di Kota Bandung. E-Proceeding Of Management : Vol.7, No.1.
Chen, L. 2009. Online Cosumer Behaviour: An Emperical Study Based On Theory Of Planned Behaviour. Doctoral dissertation, University of Nebraska
Desky, H., Murinda, R., Razali. 2022. Pengaruh Persepsi Keamanan, Kualitas Informasi dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Kasus pada Konsumen Shopee di Kota Lhokseumawe). Owner: Riset & Jurnal Akuntansi, Volume 6 Nomor 2
Jaturarith, W. 2007. Consumer Adoption Of The Internet as a Shoppig Medium: The Case Of Taiand. Alliant Intenatioal University
Jogiyanto. 2017. Sistem Infomasi Keprilakuan. Yogyakarta: ANDI
Kim, D. J., Ferrin, D. L., Rao, R. H. 2008. A Trust-Based Consumer Decision-Making Mode In Electronic commerce: The Roe of Trust, Perceived Risk, And Their Antecendents. Decision Support Systems. 44 (2). Pp. 544-564
Kinasih, B. S., Albari. 2012. Pengauh Pesepsi Keamanan dan Privasi Terhadap Kepuasan dan Kepercayaan Konsumen Online. Jurnal Siasat Bisnis Vol. 16 No. 1
Marisa, Oktafilia. 2020. Persepsi Kemudahan Penggunaan, Efektivitas, Dan Risiko Berpengaruh Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Financial Technology. Jurnal Administrasi Kantor.
Nismawati, N. 2018. Analisis Pengaruh Keamanan dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Kota Makassar dengan Minat Pembelian Sebagai Variabel Intervening. Doctoral dissertation,Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Novindra, Ni Putu Bella., Rasmini, Ni Ketut. 2017. Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kegunaan, Dan Computer Self Efficacypada Minat Penggunaan E-SPT. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol.19 No 2.
Nurmalia, Vera Desy., Wijayanti, Lilis Endang. 2018. Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kemanfaatan Terhadap Minat Beli Secara Online. JRMB. Volume 13, No. 1
Paylou, P. A. 003. Consumer Acceptance of Electronic Commerce Integrating Trust and Risk with the Technology Acceptace Model. International Journal of Electoic Commerce. 73. Pp. 69-103
Phuong, Nguyen Ngoc Duy., dkk. 2020. Examining Customers’ Continuance Intentions towards E-wallet Usage: The Emergence of Mobile Payment Acceptance in Vietnam.
Rahmawati, Yuliana Dwi., Yuliana, Rahmi. 2020. Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Dan Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan E- Wallet. Journal of Economics and Banking.
Rodiah, Siti., Melati, Inaya Sari. 2020. Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kemanfaatan, Risiko, dan Kepercayaan terhadap Minat Menggunakan E- wallet pada Generasi Milenial Kota Semarang. Journal of Economic Education and Entrepreneurship.
S. Yogananda, and I. M. B. Dirgantara. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Untuk Menggunakan Instrumen Uang Elektronik. Diponegoro Journal of Management. Vol. 6, No. 4, pp. 116-122, Aug. 2017.
Sofiati, Nunung Ayu., Sudaryo, Yoyo. 2020. Digital marketing dan fintech di Indonesia. Andi. Yogya.
Tatik Suryani. 2013. Perilaku Konsumen di Era Internet. Graha Ilmu. Yogyakarta.
Widyadhani, Rana Shafira., & Rahadi, Raden Aswin. 2020. A Conceptual Model For Risk Perception On E-Wallet Usage. International Journal of Economics, Business and Management Research.
https://www.businessofapps.com/data/whatsapp-statistics/ (Diakses 30 Juni 2023)
https://dataindonesia.id/ (Diakses 30 Juni 2023)
https://data.goodstats.id/ (Diakses 30 Juni 2023)
https://idmetafora.com/news/read/3036/Apa-itu-WhatsApp-Pengertian-Sejarah-Fungsi-dan-Kelebihan.html (Diakses 30 Juni 2023)
https://www.whatsapp.com/ (Diakses 30 Juni 2023)