PELATIHAN DESAIN PRODUK DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT
DOI:
https://doi.org/10.56127/jammu.v1i1.105Keywords:
Inovasi, Kualitas, Quality of DeploymentAbstract
Dunia bisnis saat ini cenderung dinamis dan diikuti pasang surutnya trend yang menjadi pionir dalam mempengaruhi selera konsumen. Perusahaan harus melakukan inovasi agar dapat meningkatkan penjualan produk dan dapat memperoleh keuntungan maksimal. Dalam berinovasi, perusahaan harus memperhatikan kualitas produk yang digunakan serta memahami apa yang diperlukan oleh konsumen. Hal yang menjadi penting setelah berinovasi dan menjaga kualitas produk yaitu apa yang menjadi kebutuhan pelanggan didesain agar menjadi suatu rancangan yang dapat diproduksi menjadi produk baru yang siap dijual kepasar. Tujuan dalam penelitian ini adalah memberikan pelatihan metode Quality of Deployment (QFD) kepada mitra perusahaan agar mengetahui yang menjadi kebutuhan pelanggan sehingga inovasi perusahaan dapat menyesuaikan dengan hal tersebut.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa komponen baru yang diperlukan konsumen, serta membandingkan kualitas produk berdasarkan jawaban responden. Responden mengungkapkan jika kualitas produk PD. Sumber Jaya Aluminium merupakan yang terbaik.
References
Anjani, F. Y. (2018). Perencanaan Peningkatan Kualitas Produk Data Internet di Telkom Pasuruan Untuk Menciptakan Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metodologi Quality Function Deployment (Disertasi Doktoral, Institut Teknologi Sepuluh Nopember).
Ernawati, D. (2019). Pengaruh kualitas produk, inovasi produk dan promosi terhadap keputusan pembelian produk Hi Jack sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17-32.
Farisi, S. (2018). Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian sepatu Adidas pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. The National Conference on Management and Business (NCMAB) 2018.
Haming, M. (2022). Manajemen Produksi Modern: Operasi Manufaktur dan Jasa (Buku 2 Edisi 3). Bumi Aksara.
Irvanto, O., & Sujana, S. (2020). Pengaruh Desain Produk, Pengetahuan Produk, Dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Produk Eiger. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(2), 105-126.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2019). Prinsip-Prinsip Pemasaran (A. Maulana, D. Barnadi, & W. Hardani. Jakarta: ERLANGGA.
Kurniawan, F., Sitorus, Z., & Oktaviandi, S. (2021). Aplikasi Metode Quality Function Deployment Untuk Sistem Peningkatan Pelayanan Konsumen. Journal of Science and Social Research, 4(3), 342-346.
Maulana, Y. S., & Alisha, A. (2020). Inovasi Produk dan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus pada Restoran Ichi Bento Cabang Kota Banjar). Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 8(1), 86-91.
Mayasari, I., Wiadi, I., Risza, H., Widjanarko, A. A., Pratama, A., Ayu Kinasih, M., ... & Aqsal, A. 2020. Isu-Isu Manajemen Kontemporer Terkini Konteks Indonesia.
Nurmajid, S. L. (2017). Pendekatan Metode Quality Function Deployment (QFD) untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan (Studi Empiris di Kopma UNY Core). 1–6.
Setyabudhi, A. L., & Saputra, E. (2020). Analisis Pengembangan Produk Charger Handphone Dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD). Engineering and Technology International Journal, 2(03), 1-8.
Suari, M. T. Y., Telagawathi, N. L. W. S., & Yulianthini, N. N. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Bisma: Jurnal Manajemen, 5(1), 26-33.