PENGABDIAN MASYARAKAT KEMAMPUAN SPEAKING BERDASARKAN ILMU LANGUAGE SKILL
DOI:
https://doi.org/10.56127/jammu.v3i1.1548Keywords:
Abdimas, Speaking, Language Skill.Abstract
Latar belakang pengabdian kepada masyarakat ini berakar dari kebutuhan untuk meningkatkan kemampuan speaking berdasarkan Ilmu Language Skill. Kerjasama antara Universitas Gunadarma dan Asosiasi Dosen Muda Indonesia (ADMI) bertujuan memberikan kontribusi positif kepada masyarakat melalui pengenalan dan pengembangan kemampuan speaking. Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk membantu masyarakat, khususnya di kota Bekasi, dalam menguasai kemampuan speaking yang dapat digunakan dalam pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini dilaksanakan sepanjang tahun ajaran ATA 2023-2024 dengan metode pertemuan online dan offline. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini melibatkan 4 Fakultas dan 10 bidang ilmu terkait di Universitas Gunadarma, seperti sistem informasi, sistem komputer, akuntansi, manajemen, teknik elektro, teknik industri, teknik mesin, teknik sipil, ilmu komunikasi, dan Sastra Inggris. Pendekatan ini didukung oleh Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) melalui Training, Education and Research Center. Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah peningkatan kemampuan speaking peserta, publikasi jurnal, dan luaran IPTEK lainnya seperti video dokumentasi kegiatan. Selain itu, diharapkan adanya peningkatan angka partisipasi dosen dalam kegiatan pengabdian masyarakat. Hasil pelaksanaan kegiatan ini dilaporkan kepada Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Gunadarma (LPM-UG) untuk keperluan monitoring dan evaluasi.
References
Russell, S., & Norvig, P. (2010). Kemampuan Listening berdasarkan Ilmu Language Skill: A Modern Approach. Prentice Hall.
Nilsson, N. J. (1998). Kemampuan Listening berdasarkan Ilmu Language Skill: A New Synthesis. Morgan Kaufmann.
Tyagi, B. (2013). Listening: An important skill and its various aspects. The Criterion An International Journal in English, 12(1), 1-8.
Bozorgian, H. (2012). Listening skill requires a further look into second/foreign language learning. International Scholarly Research Notices, 2012(1), 810129.
Nunan, D. (2002). Listening in language learning. Methodology in language teaching: An anthology of current practice, 238-241.
Nunan, D. (2002). Listening in language learning. Methodology in language teaching: An anthology of current practice, 238-241.
Meskill, C. (1996). Listening skills development through multimedia. Journal of Educational Multimedia and Hypermedia, 5(2), 179-201.