IMPLEMENTASI LEARNING MANAGEMENT SYSTEM SEVIMA EDLINK UNTUK MENUNJANG KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Darmawati Hady Universitas Khairun
  • Eko Purnomo Universitas Khairun
  • Wawan Suprianto Nadra Universitas Khairun

DOI:

https://doi.org/10.56127/jammu.v3i3.1736

Abstract

Pendidikan bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, sebagaimana diamanatkan dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dalam mencapai tujuan tersebut, guru dituntut untuk mengintegrasikan media dan teknologi dalam pembelajaran, terutama pada era digital 4.0 yang menekankan pemanfaatan teknologi informasi. Salah satu pendekatan inovatif yang dapat mendukung pembelajaran adalah e-learning, yang mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk menciptakan proses belajar yang menarik, interaktif, dan terstruktur. Namun, survei menunjukkan rendahnya tingkat pemahaman guru terkait implementasi e-learning, seperti yang ditemukan di SDN 57 Kota Ternate, Maluku Utara, meskipun sarana pendukung telah tersedia. Untuk menjawab permasalahan tersebut, dirancang program pelatihan berbasis e-learning menggunakan platform Sevima Edlink. Platform ini dipilih karena kemudahan penggunaannya yang menyerupai media sosial, sehingga menarik minat guru dan mempermudah proses pembelajaran. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam memanfaatkan Sevima Edlink sebagai media pembelajaran, serta mendukung kolaborasi antara guru, siswa, dan orang tua. Pelaksanaan program dilakukan pada 8 Juni 2024 di SDN 57 Kota Ternate dengan metode penyampaian materi, pendampingan praktik, pemberian panduan, dan monitoring daring. Hasil yang diharapkan adalah peningkatan kompetensi guru dalam mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran, yang pada akhirnya akan berdampak pada kualitas pendidikan di SDN 57 Kota Ternate. Program ini memberikan model yang dapat direplikasi untuk meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan e-learning di sekolah.

References

Ainiyah. Z, Puspasari. D, 2015. Penggunaan Edmodo Sebagai Media Pembelajaran E- Learning Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran Di Smkn 1 Surabaya. Jurnal Fak.Ekonomi. UNESA.

Atmojo, I. R. W., Matsuri, M., Chumdari, C., Adi, F. P., Ardiansyah, R., & Saputri, D. Y. (2023). Pelatihan Integrasi Model Pembelajaran dalam Learning Management System (LMS) berbasis Project untuk Meningkatan Kompetensi Pedagogi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 4(2), 412. https://doi.org/10.33394/jpu.v4i2.7694

Clark, R.C. & Mayer, R.E. (2008). E-learning and the science of instruction: proven guidelines for consumers and designers of multimedia learning, second edition. San Francisco: John Wiley & Sons, Inc.

Darmawan. A. K, Mawardi. F, 2017. Pelatihan e-learning menggunakan lms Sevima Edlink bagi Guru SD di desa bangsereh kecamatan batumarmar Kabupaten pamekasan. Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat (SENIAS); Universitas Islam Madura.

Liputan6.com. 26/11/2018. Kemendikbud Minta Guru Melek Teknologi. Diakses dari file:///D:/Proposal%20usulan%202010/referensi%20pengabdian/Kemendikbud%20Minta%20Guru%20Melek%20Teknologi%20-%20News%20Liputan6.com.html

Rosidin, U., Rakhmawati, I., & Nina Kadaritna, dan. (2021). Pelatihan Aplikasi Learning Management System Bagi Guru Sman 1 Gedong Tataan Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring Learning Management System Application Training For SMAN 1 Gedong Tataan Teachers To Improve Quality Learning Online. Jurnal Pengabdian Nasional, 2(1), 41–50. https://jurnal.polinela.ac.id/index.php/JPN/index

Sevima, F. (2021). Digitalisasi Kegiatan Belajar Mengajar dengan SEVIMA EdLink. Sevima.com. https://sevima.com/digitalisasi-kegiatan-belajar-mengajar-dengan-sevima-edlink/

Downloads

Published

2024-12-26

How to Cite

Darmawati Hady, Eko Purnomo, & Wawan Suprianto Nadra. (2024). IMPLEMENTASI LEARNING MANAGEMENT SYSTEM SEVIMA EDLINK UNTUK MENUNJANG KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR.  Jurnal Abdi Masyarakat Multidisiplin, 3(3), 47–51. https://doi.org/10.56127/jammu.v3i3.1736