UPAYA MEMBANGUN DAN MEMELIHARA SEMANGAT BELAJAR DI MASA PANDEMI PADA YAYASAN PONDOK PESANTREN IZZATUL ISLAM

Authors

  • Asep Suherman Universitas Pamulang, Banten
  • Yusuf Yusuf Universitas Pamulang. Banten
  • Budi Ismanto Universitas Pamulang, Banten
  • Danang Choirul Umam Universitas Pamulang, Banten

DOI:

https://doi.org/10.56127/jammu.v1i1.255

Keywords:

Membangun, Semangat Belajar, Pandemi.

Abstract

Pengabdian pada masyarakat sebagai salah satu tri darma perguruaan tinggi menepati posisi yang strategis dalam menimba dan mendidik masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Adapun wujud pembinaan tersebut diantaranya melalui pelatihan keterampilan dan pendampingan yang dianggap berguna bagi khalayak masyarakat setempat. Program kreativitas mahasiswa untuk melaksanakan darma perguruan tinggi yang ketiga  yaitu pengabdian pada masyarakat. Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema Upaya Membangun dan Memelihara Semangat Belajar Di Masa Pandemi Pada Yayasan pondok pesantren Izzatul Islam, Bentuk dari program ini adalah sosialisasi kepada para pelajar, agar tetap aktif trampil dan cerdas saat pandemi. Semangat belajar dapat dimiliki dengan meningkatkan motivasi belajar. Motivasi belajar adalah sebuah penggerak atau pendorong yang membuat seseorang akan tertarik kepada belajar sehingga akan belajar secara terusmenerus. Motivasi yang rendah dapat menyebabkan rendahnya keberhasilan dalam belajar sehingga akan merendahkan prestasi belajar siswa.

References

Afifatu Rohmawati. 2015. Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Volume 9 Edisi 1, April 2015

Arizona, Kurniawan. et.all. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. Volume 5 No 1 Mei 2020.

Bambang Warsita. 2008. Teknologi Pembelajaran (Landasan & aplikasinya). Jakarta: PT RINEKA CIPTA

Dimyati, Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Deassy May Andini dan Endang Supardi. 2018. Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran Dengan Variabel Kontrol Latar Belakang Pendidikan Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol. 1, No. 2, hal. 1-7, Januari 2018

Ginting, Henndy. (2020). Perubahan Perilaku sebagai Respon terhadap Wabah COVID-19.Tulisan Edukasi HIMPSI di Masa Pandemi COVID-19 – Seri 14.

Hasanah, A., Lestari, A. S., Rahman, A. Y., & Daniel, Y. I. (2020).Analisis aktivitas belajar daring mahasiswa pada pandemi Covid-19.

Henry Guntur Tarigan, Pengajaran Kompetensi Bahasa (Bandung: Angkasa, 2009)

Kusniyah & Hakim,L . (2019). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Daring:Sebuah Bukti pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, Vol. 17 No.1.

Sardiman,A.M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo.

Sardirman,A.M. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo.

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing.Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31-34.

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Asep Suherman, Yusuf, Y., Budi Ismanto, & Danang Choirul Umam. (2022). UPAYA MEMBANGUN DAN MEMELIHARA SEMANGAT BELAJAR DI MASA PANDEMI PADA YAYASAN PONDOK PESANTREN IZZATUL ISLAM.  Jurnal Abdi Masyarakat Multidisiplin, 1(1), 56–61. https://doi.org/10.56127/jammu.v1i1.255

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.