PELATIHAN DIGITAL MARKETING DALAM UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN PADA BISNIS UMKM DI METRO ATOM PASAR BARU, PD.PASAR JAYA DKI JAKARTA

Authors

  • Achmad Tarmizi Universitas Dian Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.56127/jammu.v1i3.530

Keywords:

Digital Marketing, Peningkatan Penjualan, UMKM

Abstract

Usaha mikro, kecil dan menengah telah diakui sangat strategis dan penting, tidak hanya bagi pertumbuhan ekonomi tetapi juga untuk pembagian pendapatan yang merata. UMKM juga mengalami keterbatasan sumber daya manusia. Kebanyakan UMKM berpendidikan rendah dengan keahlian teknis, kompetensi kewirausahaan dan manajemen yang seadanya. Melalui pelatihan digital marketing dalam upaya peningkatan penjualan diharapkan dapat memberikan bekal dalam memperkuat daya saingnya. Setelah selesai digital marketing dalam upaya peningkatan penjualan yang diselenggarakan Tim Pengabdian Pada Masyarakat dalam bentuk teori dan praktik, para peserta pelatihan diharapkan mampu 1)  Mengidentifikasi penggunaan media pemasaran pada  UMKM 2) Menggambarkan upaya peningkatan penjualan berbasis teknologi pada UMKM melalui pelatihan digital marketing 3) Untuk selanjutnya setelah selesai pelatihan peserta pelatihan diharapkan dapat menerapkan promosi berbasis media online sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan mereka melalui usaha mandiri.

References

Admad, kamarudin.2017. Akuntansi Biaya. Jakarta: Rajawali Pers.

Ascharisa Mettasatya Afrilia. 2018. Digital Marketing Sebagai Strategi

Komunikasi. Jurkom, Riset Komunikasi 1 (1). Hal 147–157.

Al. Haryono Jususp. 2011. Dasar-Dasar Akuntansi Jilid II. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN

Daljono. 2011. Akuntansi Biaya : Penentuan harga pokok dan Pengendalian. Semarang: Badan Penerbitan Universitas Diponegoro

Harahap, Sofian Safri.2007.Teori Akuntansi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Kholmi, Maisyah, dan Yuningsih.2004. Akuntansi Biaya. Malang:Universitas Muhammadiyah.Malang

Mardiasmo. (2000). Akuntansi Keuangan Dasar Jilid 1 Edisi 3. Yogyakarta: BPFE UGM.

Mulyadi. 2007. Akuntansi Biaya. Yogyakarta : Sekolah Tinggi Ilmu Manajeman YKPN

Akuntansi Biaya. Yogyakarta : Sekolah Tinggi Ilmu Manajeman YKPN

Akuntansi Biaya. Yogyakarta : Sekolah Tinggi Ilmu Manajeman YKPN

Akuntansi Biaya. Yogyakarta : Sekolah Tinggi Ilmu Manajeman YKPN

Akuntansi Biaya. Yogyakarta : Sekolah Tinggi Ilmu Manajeman YKPN

Mursyidi. 2010. Akuntansi Biaya. Bandung: PT.Refika Aditama

Purwana ES, Dedi, Rahmi, Aditya, S. 2017. Pemanfaatan Digital marketing Bagi

Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM). Jurnal Pemberdayaan

Masyarakat Madani (JPMM) 1(1). 1–17.

Purwana ESD, Rahmi, Aditya S. 2017. Pemanfaatan Digital marketing Bagi

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari,

Duren Sawit. JPMM. 1(1). doi : doi.org/10.21009/JPMM.001.1.01.

Rachmawati, Fitri. 2018. Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi

Komunikasi Pemasaran Terpadu Produk Usaha Kecil Dan Menengah

(UKM) Pahlawan Ekonomi Surabaya. Skripsi: Universitas Islam Negeri

Sunan Ampel Surabaya Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Jurusan

Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi. Surabaya.

Ridwan, Iwan Muhammad. Dkk. 2019. Penerapan Digital marketing Sebagai

Peningkatan Pemasaran Pada UKM Warung Angkringan “WAGE”

Bandung. JURNAL ABDIMAS BSI (Jurnal Pengabdian Kepada

Masyarakat) Vol. 2 No. 1 Februari 2019, Hal. 137-142. E-ISSN : 2614-

Setyawati, Yuli dan Hermawan, Sigit. (2018). Persepsi Pemilik dan Pengetahuan Akuntansi Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) atas Penyusunan Laporan Keuangan. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan Indonesia 3 (2).

Slamet Sugiri Sodikin. 2015. Akuntansi Managemen. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Supriyono,2000. Akuntansi Biaya: penentuan biaya dan penentuan haraga pokok. Yogyakarta:BPFE-UGM

Suryadharma Sim, 2019, Sistem Informasi Management: Uwais Inspirasi Indonesia

Suryadharma Sim, 2020, The Fundamentals of Cost Accounting: : Uwais Inspirasi Indonesia

Rencana Startegis dan Rencana Operasional FEB Universitas Trisakti

Wardana, Aditya. 2018. Strategi Digital marketing Dan Implikasinya Pada

Keunggulan Bersaing UKM Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional:

Forum Keuangan dan Bisnis IV, Th 2015. ISBN : 978-602-17225-4-1.

Weygandt, Jerry J & Paul D. Kimmel & Donald E. Kieso. (2019). Financial Accounting : IFRS Edition, 4thEdition. United States: John Wiley & Sons Inc.

Widjaja, Yani Restiani, Et Al. (2018). Penyusunan Laporan Keuangan Sederhana untuk UMKM Industri Konveksi. Jurnal Pengabdian Masyarakat BSI Vol. 1 No. 1 Februari 2018 Hal 163-179.

V.Wiratna Sudjarweni. 2015. Akuntansi Biaya. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Sumber lainnya :

Galih Rizkiana, 2017. Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi Dengan Metode full costing (Studi kasus pada konveksi Wazha67 Kp.Kanayakan Desa.Cijagra Kecamatan Paseh Kabupaten, Bandung). Skripsi pada progaram Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pasundan, Bandung.

Atika Sari, 2018. Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi untuk Menentukan Harga Jual Dengan Metode full costing (studi kasus konfeksi tijay jeans Soreang, Bandung). Skripsi pada program Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Pasundan, Bandung.

Badan Pusat Statistic Provinsi Jawa Barat kerjasama dengan dinas KUKM tahun 2013.

Published

2022-12-25

How to Cite

Achmad Tarmizi. (2022). PELATIHAN DIGITAL MARKETING DALAM UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN PADA BISNIS UMKM DI METRO ATOM PASAR BARU, PD.PASAR JAYA DKI JAKARTA.  Jurnal Abdi Masyarakat Multidisiplin, 1(3), 64–70. https://doi.org/10.56127/jammu.v1i3.530