PENGARUH CITRA MEREK, KEPERCAYAAN MEREK DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS MEREK PADA PRODUK AIR MINUM DALAM KEMASAN CLEO

Authors

  • Sri Mulianingsih Univeritas Gunadarma
  • Tiara Kusumawati Univeritas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.56127/jekma.v3i1.1199

Keywords:

Citra Merek, Kepercayaan Merek, Kepuasan Pelanggan, dan Loyalitas Merek

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: pengaruh citra merek, pengaruh kepercayaan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas merek produk air minum dalam kemasan (amdk) Cleo. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini menggunakan data primer kuantitatif, Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner metode pengambilan sampel adalah non probability sampling dengan teknik purposive sampling, sampel yang digunakan 92 orang. Menggunakan alat bantu software pengujian adalah SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan regresi liniear berganda: Y = -2,513 + 0,518 X1 + 0,436 X2 + 0,106 X3 + e. Hasil uji asumsi klasik model regresi berdistribusi normal, tidak terjadi multikolinearitas dan heterokedastisitas, uji linearitas terhadap variabel X1, X2 dan X3 terhadap Y mempunyai hubungan yang linier. Pada uji T diperoleh variabel citra merek dan kepercayaan merek berpengaruh signifikan secara parsial terhadap loyalitas merek, variabel kepuasan pelanggan tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap minat beli. Pada uji F diketahui bahwa ketiga variabel yaitu citra merek, kepercayaan merek dan kepuasan pelanggan secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas merek. Nilai koefisien determinasi sebesar 56,5 % sedangkan sisanya 43,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini.

References

Bastian, D. A. (2014). Analisa pengaruh citra merek (brand image) dan kepercayaan merek (brand trust) terhadap loyalitas merek (brand loyalty) ades pt. ades alfindo putra setia. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1-9.

De Yusa, V., & Hastono, A. L. (2018). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Dalam Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (Amdk) Rivero Di Bandar Lampung.

Eltonia, N., & Hayuningtias, K. A. (2022). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Le Minerale 600ml di Kota Semarang.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS

Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Hanifah, M. (2021). Pengaruh Brand Equity dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Lokal Air Minum Dalam Kemasan" HOKI 899" Di Kabupaten Melawi (Doctoral dissertation, IAIN PONOROGO).

Hasbullah, H. (2021, November). Analisis bauran pemasaran, perilaku konsumen dan citra merek terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan. In FORUM EKONOMI (Vol. 23, No. 4).

Indriana, D., Handoko, Y., & Ruspitasari, W. D. (2022). Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Aqua di Basa Swalayan Kabupaten Pemalang.

Iriawan, H. (2021). Manajemen Merek & Kepuasan Pelanggan. Penerbit NEM.

Noor, M. F. (2014). Pengaruh brand image dan brand trust terhadap brand loyalty king thai tea bandung. Image: Jurnal Riset Manajemen, 3(2), 109.

Rachmawaty, M., & Hasbi, I. (2020). Pengaruh green marketing dan brand image terhadap minat beli amdk ades (Studi pada Konsumen Produk Air Minum dalam Kemasan Ades di Indonesia).

Ramadhani, M., & Nurhadi, N. (2022, March). Pengaruh Citra Merek, Kepuasan Konsumen Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Air Mineral Merek Aqua. In FORBISWIRA FORUM BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN-SINTA 4 (Vol. 11, No. 2).

Zaputera, H., Amri, A., & Radiansyah, A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen yang berdampak pada Loyalitas Konsumen. JEM Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 5(2), 34-5

Downloads

Published

2024-01-28

How to Cite

Sri Mulianingsih, & Tiara Kusumawati. (2024). PENGARUH CITRA MEREK, KEPERCAYAAN MEREK DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS MEREK PADA PRODUK AIR MINUM DALAM KEMASAN CLEO. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.56127/jekma.v3i1.1199