PENGELOLAAN MANAJEMEN SISTEM INFORMASI PADA LAYANAN ANTRIAN DENGAN PEMANFAATAN WHATSAPP GATEWAY

Authors

  • Sri Rahayu Puspita Sari Universitas Gunadarma
  • Dina Agusten Universitas Gunadarma
  • Muhammad Edy Supriyadi Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.56127/jekma.v1i2.148

Keywords:

prototipe, layanan antrian, whatsapp gateway, website

Abstract

Aktifitas konsultasi mahasiswa dan orang tua pada program studi Sistem Informasi Universitas Gunadarma tidak pernah sepi mengingat jumlah mahasiswa pada program studi tersebut banyak. Banyaknya mahasiswa untuk pelayanan maka sekretariat program studi membutuhkan sistem antrian. Sistem antrian tersebut saat ini masih dilakukan secara manual. Pada makalah ini akan dipaparkan pembangunan prototipe sistem pengelolaan manajemen pada layanan antrian dengan memanfaatkan whatsapp gateway. Dimana nomor antrian akan diperoleh dari tautan yang diberitahukan melalui whatsapp gateway. Tahapan pembangunan terdiri dari analisis, perancangan, pembuatan dan uji coba. Metode antrian yang digunakan pada sistem adalah FCFS (first come first served) dengan sifat Multi Channel – Single Phase. Metode prototipe yang digunakan adalah prototipe evolusioner. Hasil uji coba dengan user accepted test bahwa sistem hanya memenuhi kebutuhan pengguna sebanyak 60% sedangkan 40% masih memiliki kendala untuk dapat dikembangkan kembali. Sistem akan digunakan dan dievaluasi secara berkala untuk membantu meningkatkan efisiensi kinerja seluruh staff pada program studi Sistem Informasi Universitas Gunadarma.

References

Botutihe, Kartika., Sumarauw,J.S.B., Karuntu, M.M. (2018). Analisis Sistem Antrian Teller Guna Optimalisasi Pelayanan Pada PT. Bank Negara Indonesia (BNI) 46 Cabang Unit Kampus Manado. Jurnal EMBA, Vol.6 Nomor3, Hal. 1388 – 1397

Despita M., Yessi H., Yulia A. (2019). Sistem Informasi Pengolahan Data Peserta Prakerin Pada BKK (Bursa Kerja Khusus) SMK Negeri 4 Kota Jambi, Jurnal Ilmiah Media Sisfo, Vol.13, No.1

Haryanto, Agus Tri. (2019). Riset Januari 2019: WhatsApp Digilai Netizen Indonesia.https://inet.detik.com/cyberlife/d-4461246/riset-januari-2019-whatsapp-digilai-netizen-indonesia [diakses: Juni 2019].

Hermanto MZ, Irnanda P., Tolu T., Iskandar H. (2019). Analisis Sistem Antrian Dengan Metode SimulasI. Jurnal Desiminasi Teknologi, Volume7, Nomor1

Hidayat, Taufik dan Sukisno. (2018). Rancang Bangun Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Online Dengan Model SDLC Metode Prototipe di Universitas Islam Syekh-Yusuf, Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah, Edisi XVIII Volume 2

Jimmy R. T., Intan Savira, Windania Purba, Siti Aisyah. (2019). Simulasi Sistem Antrian Pemesanan Makanan Pada Rumah Makan dengan Menggunakan Model Multi Channel Multi Queue. Jurnal Sistem Informasi Ilmu Komputer Prima (JUSIKOM PRIMA), Vol. 2 Nomor 2

Kadir, Abdul. (2014). Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Edisi Revisi.

Lubis, Muhammad Ridwan. (2016). Sistem Layanan Antrian Dengan SMS Pada Unit Pelayanan Mahasiswa (Studi Kasus : AMIK Tunas Bangsa Pematangsiantar). Jurnal & Penelitian Teknik Informatika Volume 1 Nomor 1

Novita, Ayu dan Andriani, Anik. (2019). Prototipe E-Learning Untuk Pendalaman Dan Evaluasi Materi Pembelajaran Pada SMPN 1 Samigaluh, Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer, Vol. 4. Nomor 2

Raja Ayu M., Rafki Dwi P., Jhon Veri. (2019). Pemodelan Dan Simulasi Penerapan Antrian Multiphase Pada Antrian Pembuatan Sim Pengendara Sepeda Motor Di Polres Sijunjung. Jurnal Sains dan Informatika, Vol.5 Nomor 1, 04-30

Setiawan, M. Rubi. (2015). Aplikasi PHP Untuk Analisis Model Antrian Single Dan Multiple Server Berbasis Web. Tugas Akhir Universitas Negeri Semarang.

Siti A., Diarnia M. S. Sembiring, Yeni G., Enjelika M., Mazmur S. P., Evta I., (2019). Penerapan Metode Monte Carlo Untuk Simulasi Sistem Antrian Service Sepeda Motor Berbasis Web. Jurnal Sistem Informasi Ilmu Komputer Prima (JUSIKOM PRIMA, Vol. 2 Nomor 2

Trisnani. (2017). Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Komunikasi dan Kepuasan Dalam Penyampaian Pesan Dikalangan Tokoh Masyarakat, Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, Volume 6 Nomor 3

Siyahailatua, Sarah Ervina Dara. (2019). 3 Pekerjaan Yang Menjanjikan Untuk Kaum Milenial Di Era Digital, https://gaya.tempo.co/read/1196253/3-pekerjaan-yang-menjanjikan-untuk-kaum-milenial-di-era-digital [diakses: Juni 2019].

Yuri A., Istikomah, Styawati. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Koperasi Menggunakan Metode Web Engineering(Studi Kasus : Primkop Kartika Gatam)”, JDMSI, Vol. 2, No. 1, 24-30

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Sri Rahayu Puspita Sari, Dina Agusten, & Muhammad Edy Supriyadi. (2022). PENGELOLAAN MANAJEMEN SISTEM INFORMASI PADA LAYANAN ANTRIAN DENGAN PEMANFAATAN WHATSAPP GATEWAY. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 1(2), 58–68. https://doi.org/10.56127/jekma.v1i2.148

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.