PENGARUH POTONGAN HARGA, DAYA TARIK IKLAN DAN USER FRIENDLY PADA APLIKASI DOMPET DIGITAL TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF KONSUMEN GENERASI MILENIAL
DOI:
https://doi.org/10.56127/jekma.v1i3.367Keywords:
Potongan Harga, Daya Tarik Iklan, User Friendly, Dompet Digital, Pembelian ImpulsifAbstract
Meningkatnya penggunaan dompet digital dikalangan masyarakat memberikan kesempatan kepada perusahaan produsen untuk lebih mudah memasarkan produknya secara lebih luas. Dompet digital memiliki banyak manfaat bagi para penggunanya, seperti adanya pemberian fitur-fitur yang mudah digunakan, banyaknya potongan harga yang diberikan, dan pemberian iklan-iklan yang menarik juga mudah diingat oleh konsumen pada produk tertentu sehingga memicu ketertarikan konsumen untuk membeli produk dan juga memicu terjadinya pembelian impulsif yang dilakukan. Pembelian impulsif itu sendiri terjadi karena adanya stimulus yang dapat memancing konsumen untuk melakukan keputusan dalam membeli suatu produk walaupun keputusan tersebut sebelumnya belum direncanakan, pembelian tersebut dilakukan hanya untuk memperoleh rasa senang. Dengan adanya penelitian ini terdapat tujuan yang ingin dituju yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh potongan harga, daya tarik iklan, kemudahan penggunaan aplikasi dompet digital terhadap pembelian impulsif konsumen pada generasi milenial. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian menunjukkan hasil bahwa potongan harga, daya tarik iklan, kemudahan penggunaan aplikasi dompet digital memiliki pengaruh terhadap pembelian impulsif pada konsumen khususnya pada generasi milenial
References
Adhiyani, O. R. (2021). Analisa Pengaruh Iklan, Cashback dan User Friendly terhadap Impulse Buying Konsumen Dompet Elektronik OVO di Surakarta. Jurnal MEBIS (Manajemen dan Bisnis), 5(2), 97–109.
Andarini, S. (2021). Pengaruh Flash Sale dan Cashback Terhadap Perilaku Impulse Buying Pada Pengguna Shopee. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 5(1).
Arifianti, Ria. (2015). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Impulse Buying padaHypermarket di Kota Bandung”. Penelitian Universitas Padjajaran Bandung. Jurnal ASM, 5(3).
Asterrina, Febrya. (2013). Pengaruh Diskon Terhadap Perilaku Impulse Buying (Studi Pada Konsumen Centro Departemen Store di Margo City). Digilib UI.
Devica, Sadana. (2022). Dompet Digital: Beragam Program Promosi dan Pengaruhnya terhadap Pembelian Secara Impulsif. Jurnal Bisnis Terapan, 6(1).
Duniafintech. (2020). Survei Penggunaan Dompet Digital, Mana yang Raih Terbanyak? https://duniafintech.com/survei-penggunaan-dompet-digital/
Fahmar, S. K. (2022). 68% Generasi Milenial Indonesia Gunakan Dompet Digital. sindonews.com. https://ekbis.sindonews.com/berita/1525015/34/68-generasi-milenial-indonesia-gunakan-dompet-digital%0A
Finansialku. (2022). Mengenal Apa Itu Impulsive Buying dan Solusinya View Larger Image. https://www.finansialku.com/impulsive-buying-pembelian-impulsif-solusinya/
Halimah, H., Sudiarti, S., & Harahap, M. I. (2022). Perilaku Impulse Buying Generasi Milenial Pada Fintech Ovo Dan Go-Pay Perspektif Maqashid Syariah. Co-Value: Jurnal Ekonomi, Koperasi & Kewirausahaan, 13(2), 70–79.
J.Paul Peter & jerry c. Olson (2014). Consumer Behavior Perilaku Konsumen 2nd. ed. 4 Jakarta: .Penerbit Erlangga.
Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2009). Marketing Management 13e. Edisi Bahasa Indonesia Jilid 1 & 2, alih bahasa oleh Bob Sabran. Jakarta : Erlangga.
Kusnawan, A., Diana, S., Andy, A., & Tjong, S. (2019). Pengaruh Diskon pada Aplikasi e-Wallet terhadap Pertumbuhan Minat Pembelian Impulsif Konsumen Milenial di Wilayah Tangerang. Sains Manajemen, 5(2).
Lubis, S. B. (2019). Pengaruh Daya Tarik Iklan Shopee Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif pada Mahasiswi Fakultas Psikologi USU. Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara.
Putri, N. M. E., & Sudaryanto, B. (2022). Analisis Pengaruh Price Discount dan Daya Tarik Iklan pada Aplikasi E-Wallet terhadap Pembelian Impulsif Konsumen Generasi Z. Dipenogoro Journal of Management, 11(2).
Putri, N. M. E., & Sudaryanto, B. (2022). Analisis Pengaruh Price Discount Dan Daya Tarik Iklan Pada Aplikasi E-Wallet Terhadap Pembelian Impulsif Konsumen Generasi Z (Studi Pada Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang). Diponegoro Journal of Management, 11(2).
Warta Ekonomi. (2019). Apa Itu Dompet Digital? https://wartaekonomi.co.id/read212834/apa-itu-dompet-digital.html
Yanti, A. I., & Adhiyani, O. R. (2020). Analisa Pengaruh Iklan, Cashback dan User Friendly terhadap Impulse Buying Konsumen Dompet Elektronik OVO di Surakarta. Jurnal Manajemen Dan Bisnis MEBIS, 5(2), 97–109.