PENERAPAN DIGITAL MARKETING PADA KEPUTUSAN PEMESANAN KAMAR HOTEL
DOI:
https://doi.org/10.56127/jekma.v2i2.617Abstract
Industri perhotelan terus berkembang dan ini membuat persaingan lebih ketat, salah satu strategi yang banyak digunakan oleh para pengusaha dalam melakukan perdagangan yaitu melalui digital marketing/pemasaran online Tujuan penelitian kali ini yaitu untuk mengetahui penerapan digital marketing yang mampu mempengaruhi keputusan pemesanan kamar Hotel Mercure di Samarinda.. Metode penelitiannya yaitu menggunakan metode penelitian kualitatif Penelitian ini menggunakan teknik observasi dan wawancara dengan teknik purposive sampling. hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan digital marketing pada pemesanan kamar hotel sangat berperan besar karena ketiga subyek penelitian beserta triangulasi cenderung ingin mencari tahu terkait fasilitas hotel yang ditawarkan melalui sosial media dengan melihat foto-foto fasilitas yang tersedia secara virtual karena tidak memungkinkan nuntuk melihat secara langsung dan juga review dari pengunjung lain. Digital marketing yang mempengaruhi keputusan pemesanan kamar adalah sosial media, website resmi hotel, video marketing, mesin pencarian otomatis yang membuat hotel tersebut muncul sebagai pilihan pertama dan juga e-mail marketing. Kemudian keputusan pemesanan kamar juga dipengaruhi dari minat subyek penelitian yaitu minat eksploratif untuk mencari tahu informasi kelebihan dari hotel tersebut, minat transaksional yaitu cenderung melakukan pemesanan ulang dan referensi yaitu ingin merekomendasikan hotel kepada orang lain karena merasa puas dengan pengalaman yang didapatkan.
References
Badan Pusat Statistik (BPS). 2020. Indeks Pembangunan Hotel 2019. Badan Pusat Statistik.
Rachmadi, Tri. 2020. The Power Of Digital Marketing. Tiga e-book.
Hootsuite and We Are Social. (2022). Digital in 2021 : Essential InsightsInto Internet, Social Media, Mobile, and E-Commerce Use In Indonesia. Retrivied https://andi.link/hootsuite-we-are-social- indonesian-digital-report-2022/
Maya Hiregar, Galuh (2020) Analisis Digital Marketing Dinas Pariwisata Dalam Mempromosikan Desa Wisata Kabupaten Magetan. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. 2019. Digital Marketing: Strategy, Implementation and practice (7th ed.). Pearson.
Kotler, Philip and Lane Keller. 2017. Marketing Manajement, 15th Edition. New Jersey. Pearson Pretice.
Ryan, Kristo Muljono. 2018. Digital Marketing Concept. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.2016. Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta. PT. Indeks.
Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen, Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Liem Gai Sin, R. M. D. P. S. A. S. S. R. S. W. 2019. The Influence of E-Marketing and Information System on University Image.. Retrivied https://produccioncientificaluz.org/index.php/opcion/article/view/24551
Yanti,d. 2019. Pemanfaatan Digital Marketing dalam Industri Perhotelan di Kota Medan. JIAA, vol. 6, no. 2, pp. 42-53. DOI: https://doi.org/10.51827/jiaa.v6i2.37
Millenium, A.S, dkk. 2021. Pengaruh Digital Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Startup Bike Rental Bananaz Bali. p-ISSN: 2338-8633 Vol. 9 No. 1, Juli 2021 e-ISSN: 2548-7930 173
Sarosa, Samiaji. 2017. Metodologi Pengembangan Sistem Informasi. Jakarta. Indeks Jakarta
Khairunnisa, S. N. (2020). Pandemi, Kunjungan Wisman Tahun 2020 Turun hingga 74,7 Persen. https://travel.kompas.com/read/2020/12/30/120500627/pandemi-kunjungan-wisman-tahun-2020-turun- hingga-74-7-persen