PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, DAN KEMASAN PRODUK TERHADAP MINAT BELI PRODUK SKINCARE SOMETHINC
DOI:
https://doi.org/10.56127/jekma.v2i2.742Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah menganalisis pengaruh citra merek, kualitas produk, dan kemasan produk terhadap minat beli produk skincare Somethinc. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan data primer kuantitatif, tahap uji yang dilakukan adalah : uji validitas, reliabilitas, normalitas, regresi linear berganda, koefisien determinasi, uji F dan uji t. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner, dan data valid yang berhasil dikumpulkan sebanyak 100 responden. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Alat bantu pengujian yang digunakan adalah SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel citra merek tidak berpengaruh secara parsial terhadap minat beli, sedangkan untuk variabel kualitas produk dan kemasan produk masing-masing berpengaruh secara parsial terhadap minat beli serta variabel yang paling dominan terhadap minat beli adalah variabel kemasan produk.
References
Compas.co.id. 2021. Penjualan Serum Wajah Bulan Juni 2021 di Shopee Tembus Rp 148 Miliar! Serum Lokal Menjuarai. Diakses pada 15 Oktober 2022 https://compas.co.id/article/penjualan-serum/.
Dhurup, et al. 2014. The Impact Of Packaging, Price And Brand Awareness On Brand Loyalty: Evidence From The Paint Retailing Industry. Acta Commercii, 14(1), 1-9.
Ernawati, D. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk dan Promosi Terhadap. Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. Jurnal Wawasan.
Fandy, Tjiptono. 2011. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.
Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Pogram IBM SPSS. Edisi. Sembilan. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Helmi, M. S. 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Pada Cv Master Pasir Pengaraian Kabupaten Rokan Hulu (Doctoral dissertation, Universitas Pasir Pengaraian).
Kotler, P. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Bahasa Indonesia Jilid 1 dan. 3 Cetakan. Jakarta: Rajawali..
Kotler, Philip., & Keller, K. L. 2013. Manajemen Pemasaran. Jilid Kedua,. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P & Amstrong, G. 2012. Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih. Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit.
Kotler, P., & Armstrong, G. 2013. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
Kotler, P., & Keller L. K. 2016. Manajemen Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1. & 2. Jakarta: PT. Indeks.
Redaksi. 2020, July 19. Beauty Brand Lokal SOMETHINC Luncurkan Makeup Line Berstandar Internasional. Diakses pada 23 Oktober 2022. Retrieved from topreneur.id: https://www.topreneur.id/beauty-brand-lokal-somethinc-luncurkan-makeup- line-berstandar-internasional.
Rosandi, S. 2014. Pengaruh Citra Merek Dan Desain Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Susu Ultra (Studi Pada Cafetaria Srikandi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN). Vol.2 No.2.
Setiadi, N. J. 2013. Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana Perdana Media Grup.
Somethinc.com. Produk Somethinc. Diakses pada 15 Oktober 2022. www.somethinc.com.
Supriatna, A. 2016. Faktor Penting Dalam Pengemasan Makanan. https://www.lalaukan.com/2016/04/faktor-penting-dalam-pengemasan-makanan.html.
Subastian, D. V., & Firsa, E. 2021. Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Celebrity Endorser Raffi Ahmad Terhadap Minat Beli Produk Skincare MS. Glow. REVENUE: Jurnal Manajemen Bisnis Islam. Vol.2 No.1.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Suprapto, R. E. H., & Setyawardani, R. D. 2022. Pengaruh Citra Merek, Persepsi Kualitas dan Sosial Media Influencer Terhadap Minat Beli Produk Skin Care Scarlett Whitening. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan. Vol.10 No.3.
Suradi, M. 2012. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Terhadap Produk Tepung Sagu (Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Selat Akar Merbau). Jurnal Administrasi Niaga.