PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE APPLE
DOI:
https://doi.org/10.56127/jekma.v2i2.774Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan pembelian smartphone Apple pada mahasiswa manajemen Universitas Gunadarma Karawaci. Data dalam penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner dan data valid yang berhasil dikumpulkan adalah sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel motivasi tidak berpengaruh terhadap keputusan Pembelian, sedangkan variabel persepsi, pembelajaran, dan sikap berhubungan positif dan berpengaruh terhadap keputusan Pembelian. Secara simultan variabel motivasi, persepsi, pembelajaran, dan sikap berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Serta nilai Adjusted R Square pada uji koefisien determinasi adalah sebesar 0,661. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh motivasi, persepsi, pembelajaran, dan sikap terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 66,1%. Sedangkan sisanya sebesar 33,9% merupakan pengaruh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
References
Effendi, Usman. 2016. Psikologi Konsumen. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Hardani, dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Edisi 1. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group.
Irwansyah, Rudy, dkk. 2021. Perilaku konsumen. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.
Kotler & Armstrong. 2016. Principles of Marketing. 16th Global Edition. England: Pearson Education Limited.
Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management. 13th Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.
Liani, Ema. 2020. Pengaruh Faktor Psikologis Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Buku Zanafa MTC. Giant Panam Pekanbaru. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Putri, Suhaila. 2020. Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Nature Republic (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). Skripsi, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Razak, Mashur. 2016. Perilaku Konsumen. Makassar: Alauddin University Press.
Schiffman, L.G & Kanuk, L.L. 2010. Consumer Behaviour. 10th Edition. New Jersey: pearson Prentice Hall Inc.
Siregar, Sofyan. 2013. Metode penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Bisnis. 2021. "Apple: Jumlah iPhone yang Aktif di Seluruh Dunia Lebih dari 1 Miliar Unit" https://m.bisnis.com/amp/read/20210128/280/1349063/apple-jumlah-iphone-yang-aktif-di-seluruh-dunia-lebih-dari-1-miliar-unit, akses 27 Oktober 2022.
Kompas. 2021. "Pengguna iPhone Vs Android, Mana yang Lebih Setia?". https://amp.kompas.com/tekno/read/2021/08/06/15070087/pengguna-iphone-vs-android-mana-yang-lebih-setia, akses 27 Oktober 2022.
Statcounter Global Stats. 2022. "Mobile Vendor Market Share Worldwide." https://gs.statcounter.com/vendor-market share/mobile/worldwide/#monthly-202112-202212-bar, akses 29 Oktober 2022.
topbrand-award. 2022. "topbrand award Smartphone di Indonesia." https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/?tbi_year=2022&type=subcategory&tbi_find=Smartphone, akses 29 Oktober 2022.