AUGMENTED REALITY MAKET PERUMAHAN MUTIARA CITAYAM MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK UNITY
DOI:
https://doi.org/10.56127/jts.v1i2.127Keywords:
Augmented Reality, Blender, Marker, Perumahan, UnityAbstract
Perkembangan teknologi semakin berkembang pesat, Salah satu bentuk teknologi yang berkembang adalah Augmented Reality (AR), teknologi ini dapat menampilkan benda-benda maya berupa 2 dimensi atau 3 dimensi ke dalam lingkungan nyata yang ditampilkan secara real time dengan bantuan perangkat keras berupa kamera melalui marker. Teknologi ini dimanfaatkan pada bidang pemasaran pada perumahan Mutiara Citayam, yang memiliki 2 tipe rumah, diantaranya tipe 36 dan tipe 40. Penulis merancang aplikasi augmented reality yang dapat menampilkan objek 3 dimensi dari tipe-tipe rumah pada perumahan Mutiara Citayam melalui smartphone, kamera handphone digunakan untuk pendeteksi marker yang telah di-setting dan di-print. Selain menampilkan objek, aplikasi ini terdapat animasi yang terdapat pada bagian dalam rumah dari masing-masing tipe rumah. Aplikasi pengenalan perumahan berbasis augmented reality ini diperuntukkan bagi konsumen yang akan membeli rumah sehingga konsumen mendapatkan gambaran dari rumah yang akan dihuninya dengan tampilan secara real time dan menarik minat konsumen. Pembuatan aplikasi augmented reality menggunakan peragkat lunak unity dengan tambahan Vuforia Unity Android dan untuk pembuatan objek menggunakan perangkat lunak blender dimana objek tersebut menggunakan tool animasi untuk menggerakan objek.
References
Fernando, Yusra, et. al. “Penerapan Teknologi Augmented Reality Katalog Perumahan Sebagai Media Pemasaran Pada PT. San Esha Arthamas”, Jurnal Sains Komputer dan Informatika, Vol. 5., No. 2021
Mario Fernando, Membuat Aplikasi Android Augmented Reality Menggunakan Vuforia SDK dan Unity, Jakarta : Buku AR online, 2013.
Patkar, R. S., et.al. “Marker Based Augmented Reality Using Android OS.” International Journal of Advanced Research in Computer Science and Software Engineering , www.ijarcsse.com.
Nadira, Zahra., et. al. “Implementasi Augmented Reality Pada Brosur Teknik Informatika Universitas Tanjungpura Menggunakan Metode Marker”, Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN), Vol. 1, No. 1, 2016)
Rifa’i, M“Penerapan Augmented Reality Pada Aplikasi Katalog Rumah Berbasis Android”, Jurnal Prosiding SNATIF, Vol. 1, hal. 267-274, 2014.
Jiwatama, A.R., “Implementasi Augmented Reality sebagai Media Promosi Trans Studio Bandung denganMenggunakan Artoolkit”, Jurnal Fakultas Teknologi Industri-Jurusan Teknik Informatika Universitas Gunadarma, 2012.
Indrawaty, Youllia., et. al. “Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Anatomi Manusia Menggunakan Metode Augmented Reality(AR)”. Jurnal Itena Library, Vol.4 No. 4, Institut Teknologi Nasional Bandung, Bandung. 2013