APLIKASI PENGENALAN ANGKA KANJI DENGAN AUGMENTED REALITY METODE MARKER BASED TRACKING
DOI:
https://doi.org/10.56127/jts.v1i2.23Abstract
Augmented Reality (AR) merupakan teknologi yang dapat menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi kedalam lingkungan nyata tiga dimensi, kemudian memproyeksikan benda maya tersebut dalam waktu nyata. Pemanfaatan teknologi Augmented Reality memungkinkan pengguna untuk melihat lingkungan nyata dengan objek virtual yang ditambahkan atau tergabung dengan lingkungan nyata yang dapat diakses pada smartphone android. Aplikasi Pengenalan Angka Kanji dengan Augmented Reality Metode Based Tracking dibuat untuk mempelajari angka dalam bahasa Jepang dengan menggunakan smartphone. Metode based tracking dimana pengguna menggunakan marker dalam menjalankan aplikasi AR, sehingga pembelajaran lebih atraktif dan tidak membosankan. Uji coba dilakukan pada tampilan full screen. Tampilan yang dibuat terdiri dari beberapa halaman yaitu halaman splash screen, menu utama, halaman pembelajaran angka kanji, kuis, tentang, dan keluar. Hasil uji coba perbandingan ketiga smartphone terlihat bahwa fungsi dan fitur aplikasi pada smartphone dan marker dapat berjalan dengan baik dan lancar dengan menggunakan smartphone Samsung Galaxy Note 3 dan Samsung Galaxy J7+, sedangkan pada smartphone Infinix Hotnote X551 pembacaan marker berjalan sedikit lama.
References
Andi. Mudah Membuat Game 3D Menggunakan Unity 3D. Semarang: Wahana Komputer, 2014.
Andre Kurniawan, Pamoedji, dan Ridwan Sanjaya. Mudah Membuat Game Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) dengan Unity 3D. 1st ed. Reprint. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2017.
Fernando M, Membuat Aplikasi Android Augmented Reality Menggunakan Vuforia SDK dan Unity. Manado: Buku AR Online, 2013.
Muhammad Robith Adani. “Pengertian Storyboard dan Cara Membuatnya untuk Video Marketing”. Internet: https://www.sekawanmedia.co.id/blog/pengertian-storyboard/, 8 Desember 2020 [10 Januari 2022].
Nazruddin Safaat H. Aplikasi Berbasis Android : Berbagai Implementasi dan Pengembangan Aplikasi Mobile Berbasis Android. Bandung: Informatika, 2013.
Pahmi Ritonga. “Jenis-Jenis Struktur Navigasi Dalam Website”. Internet: https://bangpahmi.com/jenis-jenis-strukturnavigasi-dalam-website/, 28 Juni 2014 [14 Januari 2022].
Rickman Roedavan, Unity Tutorial Game Engine. Bandung: Informatika, 2014.
Zakiyyah, Hanina. Bahasa Jepang Itu Gampang. Yogyakarta: Bentang Pustaka, 2017.