KARAKTERISTIK AERODINAMIKA PADA ANALISA AHMED BODY CAR MENGGUNAKAN SOFTWARE ANSYS WORKBENCH 18
DOI:
https://doi.org/10.56127/jts.v1i2.26Keywords:
ahmed body, aerodinamika, CFD, coefisien drag, ansys workbenchAbstract
Pada era modern ini di negara berkembang dengan tingkat populasi yang tinggi, sarana transportasi yang paling umum digunakan adalah kendaraan roda empat (kendaraan keluarga). Berbagai parameter yang mempengaruhi tahanan aerodinamik pada kendaraan mobil dapat diklasifikasikan dalam tiga kelompok: (1) parameter posisi, yang menyatakan kedudukan kendaraan terhadap bidang permukaan jalan, (2) parameter fungsional, yang menyatakan kondisi bagian kendaraan yang mempunyai tugas tertentu seperti kaca jendela terbuka atau tertutup, (3) parameter bentuk, yang menyatakan bentuk badan kendaraan yang dapat dikuantifikasikan, seperti kemiringan permukaan atas. Bentuk bodi direkayasa sedemikian rupa untuk menghasilkan karakteristik aerodinamika yang optimal. Pada penelitian kali ini penulis ingin menganalisa aerodinamika pada ahmed body car dengan modifikasi desain pada bagian belakang model degan sudut kemiringan 0º menggunakan teknik CFD (Computational Fluid Dynamic) pada software Ansys Workbench 18 di varian kecepatan 80 km/jam, 100 km/jam, dan 120 km/jam. Hasil penilitian menunjukan bahwa coefisien drag terkecil adalah 0.54016 yang terjadi pada varian keceptan 80 km/jam dan yang tertinggi 0.59575 yang terjadi pada varian kecepatan 120 km/jam. Sedangkan untuk distribusi tekanan maksimum tertinggi sebesar 9.209x103 Pa terjadi pada varian kecepatan 120 km/jam. Begitu pulak yang terjadi dengan distribusi kecepatan maksimum tertinggi terjadi pada varian kecepatan 120 km/jam sebesar 220.6 m/s. Untuk nilai distribusi tekanan maksimum dan distribusi kecepatan maksimum terkecil yaitu 4.087x103 Pa dan 148.5 m/s berturut-turt yang terjadi pada varian kecepatan 80 km/jam.
References
Rustan Tarakka. 2012, Kajian Kontrol Aktif Separasi Aliran Turbulen Pada Aerodinamika Bluff Body Model Kendaraan. Disertasi. Universitas Indonesia. Jakarta.
Ridwan. 1999. Diktat Kuliah Mekanika Fluida dasar. Gunadarma. Jakarta.
Nastain dan Suroso. 2005. Mekanika Fluida. Universitas Jenderal Soedirman. Purwokerto.
Ahmad I., Ridwan, dan Irwan S. 2014. Analisa Aliran Fluida Pada Pipa Spiral Dengan Variasi Diameter Menggunakan Metode Computational Fluid Dinamics (CFD). Universitas Gunadarma. Depok.
Irianto, D. 2014. Pengepingan Sistem Perpipaan Model Fisik Dengan Akurasi Ragam Bukaan Katub Pada Pola Aliran Unsteady Sebagai Keselarasan Media Praktikum Di Laboratorium Plumbing UNESA. Rekayasa Teknik Sipil. Vol. 1(1).
Sudarja. 2016. Mekanika Fluida (MEC 3403 P). Bahan Kuliah. Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Farid Ma’ruf. 2016. Aplikasi Media Pembelajaran Mata Kuliah Aerodinamika Berbasis Flash. Jurnal Teknika STTKD Vol.3, No. 1.
Joshua Sam J. S, dan Tony Suryo U. 2017. Analisis Aerodinamika Body Mobil Hemat Energi Antawirya Residual-Sat Dengan Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamics. Jurnal Teknik Mesin S-1, Vol. 5, No. 1.
M. Yamin dan Darussalam. 2008. Analisis Aerodinamika Pada Body Car Dengan Menggunakan Software Berbasis Computational Fluid Dynamics (CFD). Universitas Gunadarma. Depok.
Yusuf, Ahmad. 2017. Analisa Aerodinamika dan Optimasi Body Mobil Smart Ev Generasi Tiga dengan Menggunakan Pemodelan Cfd Tiga Dimensi. Skripsi. Teknik Mesin. Universitas Sebelas Maret. Solo.
Nofianto, M. R. 2014. Simulasi Perilaku Aerodinamika dalam kondisi Steady dan Unsteady pada Mobil Menyerupai Toyota Avanza dengan CFD. Skripsi. Teknik Mesin. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.
A. Saputra, H. E. Priyono, Isa H, Lenny I, dan Devi M. G. 2016. Modifikasi Airfoil Sayap Pesawat Conceptual Transport Rm-001. Indept, Vol. 6, No. 1.
Hanif, A.H., Dan Utomo. 2015. Simulasi Aerodinamika Desain Mobil Hemat Bahan Bakar Antawirya Dengan Metode Computational Fluid Dynamics. Jurnal Teknik Mesin S-1 3(2): 188-197.
Herwindo, W., dan D. Rahmandani. 2013. Kajian Rancangan Irigasi Pipa Sistem Gravitasi. Jurnal Irigasi 8(2): 126-137.
Siregar, J. F., dan J. B. Sinaga.2013. Perancangan Alat Uji Gesekan Aliran di dalam Saluran. Jurnal Fema. 1(1): 74-79
Munson, B. 2002. Mekanika Fluida (Dr.Ir. Harinaldi & Ir. Budiarso, M.Eng, Penerjemah). Erlangga. Jakarta.
Yogatama, M dan R. Trisno. 2018. Studi Koefisien Drag Aerodinamika pada Model Ahmed Body Terbalik Berbasis Metode Numerik. Jurnal Teknik Mesin (JTM): Vol. 07(1):10-14.
Prihadyana, Y., G. Widayana, dan K.R. Dantes. 2017. Analisis Aerodinamika Pada Permukaan Bodi Kendaraan Mobil Listrik Gaski (Ganesha Sakti) Dengan Perangkat Lunak Ansys 14.5. Seminar Nasional Vokasi dan Teknologi (SEMNASVOKTEK): Denpasar Bali.