ANALISIS USER EXPERIENCE APLIKASI TWITTER MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ)
DOI:
https://doi.org/10.56127/jts.v3i1.907Abstract
Twitter merupakan situs jejaring sosial yang digunakan untuk berkomunikasi dalam pesan singkat yang sering disebut “kicauan”. Jumlah pengguna Twitter di Indonesia mencapai 24 juta penguna pada Januari 2023. Belum lama ini, Twitter mengalami beberapa perubahan seperti mengubah beberapa kebijakan mengenai centang biru pada akun Twitter, batasan jumlah karakter pada satu unggahan Tweet, dan mengubah beberapa fitur yang ada pada aplikasi tersebut. Perubahan tersebut justru membuat pengalaman pengguna menjadi buruk dan tidak puas. Dilihat dari ulasan yang diunggah pada Google Play Store, terdapat banyak ulasan buruk seperti terjadi bug setelah update, tampilannya menjadi jelek, bahkan beberapa pengguna memberikan peringkat bintang 1 pada aplikasi tersebut.
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dan mengukur kualitas user experience pada aplikasi Twitter menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ) yang terdiri dari 26 item pernyataan yang terdapat pada 6 variabel yaitu daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketepatan, stimulasi, dan kebaruan. Hasil analisis ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi dan saran pada Twitter. Pengumpulan data menggunakan kuesioner Google Form, pengolahan dan analisis data kuesioner menggunakan Data Analysis Tool untuk mengetahui hasil validasi data, nilai rata-rata, dan benchmark.
Berdasarkan hasil analisis perhitungan nilai rata-rata, variabel daya tarik mendapatkan nilai 1,733, variabel kejelasan mendapatkan nilai 1,785, variabel efisiensi mendapatkan nilai 1,728, variabel ketepatan mendapatkan nilai 1,605, variabel stimulasi mendapatkan nilai 1,308, dan variabel kebaruan mendapatkan nilai 0,395. Setelah melakukan perhitungan rata-rata, didapatkan hasil nilai benchmark aplikasi Twitter. Variabel daya tarik, kejelasan, efisiensi, dan ketepatan berada pada kategori Good, variabel stimulasi berada pada kategori Above Average, variabel kebaruan berada pada kategori Below Average.
Kata Kunci: Analisis, Twitter, User Experience, User Experience Questionnaire, Data Analysis Tool, sosial media.
References
A. Ghifari Hartzani, "Evaluasi User Experience Pada Dompet Digital Ovo Menggunakan User Experience Questionnaire (Ueq)," Uin Syarif Hidayatullah, Jakarta, 2021.
A. Wahyuni Purbohastuti, "Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi," Tirtayasa Ekonomika, Pp. 212-230, 2017.
A. R. Suardi And W. Widhiarso, "Memetakan Pengalaman Pengguna Dengan Menggunakan User Experience Questionnaire (Ueq)," In Mdp Student Conference (Msc) 2023, 2023, Pp. 590-595.
C. Sylvia, A. Angela, And F. Halim, "Evaluasi User Experience Platform Video Communication Dengan User Experience Questionnaire (Ueq)," Jurnal Media Informatika Budidarma, Pp. 1412- 1421, 2021.
C. M. Annur, "Pengguna Twitter Di Indonesia Capai 24 Juta Hingga Awal 2023, Peringkat Berapa Di Dunia?" [Online]. Available: Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2023/02/27/Pengguna-Twitter- Diindonesia-Capai-24-Juta-Hingga-Awal-2023-Peringkat-Berapa-Di-Dunia. [Accessed: 20 March 2023].
E. A. Batu Bara Et Al., "Penelitian Tentang Twitter," Jurnal Edukasi Nonformal, Pp. 167-172, 2022.
F. Kurnia, "Analisis Data," [Online]. Available: Https://Dailysocial.Id/Post/Analisis-Data. [Accessed: 14 May 2023].
M. A. Maricar, D. Pramana, And D. R. Putri, "Evaluasi Penggunaan Slims Pada E- Library Dengan Menggunakan User Experience Questionnaire (Ueq)," Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (Jtiik), Pp. 319-328, 2021.
M. A. Rizaty, "Pengguna Internet Di Indonesia Sentuh 212 Juta Pada 2023," [Online]. Available: Https://Dataindonesia.Id/Digital/Detail/Pengguna-Internet-Di-Indonesia-Sentuh-212-Juta-Pada-2023. [Accessed: 20 March 2023].
M. H. Zulfahmi And D. F. Suyatno, "Pengukuran Dan Perbaikan User Experience Siakadu Mobile Web (Studi Kasus: Universitas Negeri Surabaya)," Jurnal Manajemen Informatika, Pp. 129-135, 2019.
R. Y. A. Wibowo, S. H. Wijoyo, And R. I. Rokhmawati, "Analisis Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Mobile Banking Di Indonesia Dengan Menggunakan Usability Testing Dan User Experience Questionnaire (Ueq) (Studi Pada Jakone Mobile Dan Bca Mobile)," Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, Pp. 5666-5673, 2019.
R. Auliazmi, G. Rudiyanto, And R. D. Widi Utomo, "Kajian Estetika Visual Interface Dan User Experience Pada Aplikasi Ruangguru," Jurnal Seni & Reka Rencang, Pp. 21-36, 2021.
Sasmito And E. Adi, "Analisis Pengalaman Pengguna Pada Layanan Pesan Antar Makanan Studi Kasus Go-Food Dan Grab Food," Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh September, 2018.
S. R. Henim And R. P. Sari, "Evaluasi User Experience Sistem Informasi Akademik Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi Menggunakan User Experience Questionnaire," Jurnal Politeknik Caltex Riau, Pp. 69-78, 2020.
S. Rohmah And M. Ary, "Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Pinjaman Online Menggunakan Metode Usability Testing Dan User Experience Questionnaire (Studi Kasus: Pada Akulaku Dan Kredivo Indonesia)," Jurnal Sistem Informasi, Pp. 2230-2244, 2021.
S. Elisurya, H. M. Az-Zahra, And N. H. Wardani, "Evaluasi Pengalaman Pengguna Menggunakan Usability Testing Dan User Experience Questionnaire (Ueq) (Studi Pada E-Commerce Fashion)," Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, Pp. 4327-4332, 2019.
Twitter, "Pertanyaan Umum Pengguna Baru," [Online]. Available: Https://Help.Twitter.Com/Id/Resources/New-User-Faq. [Accessed: 20 March 2023].
Y. S. Jamilah And A. C. Padmasari, "Perancangan User Interface Dan User Experience Aplikasi Say.Co," Jurnal Tanra, Pp. 73-87, 2022.