IMPULSIVE BUYING PADA KONSUMEN TANAMAN HIAS DIMASA PANDEMI (STUDI DESKRIPTIF)

Authors

  • Afmi Fuad Universitas Gunadarma
  • Ira Puspitawati Universitas Gunadarma
  • Muhammad Nur Akhrori Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.56127/jukeke.v1i2.257

Keywords:

Pandemi, Impulsive Buying, Tanaman Hias

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara deskriptif impulsive buying pada konsumen tanaman hias di masa pandemi. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini skala yang digunakan adalah IBTS (Impulsive Buying Tedency Scale) dari Verplanken  dan Herebadi (2001) berdasarkan aspek cognitive dan aspek affective. Responden dalam penelitian ini adalah dewasa dengan usia 25-40 tahun, konsentrasi dengan tanaman hias di satu tahun terakhir, melakukan pembelian tanaman hias minimal tiga kali dalam satu bulan, dan melakukan pembelian aksesoris tanaman minimal tiga kali dalam satu bulan dengan jumlah 103 responden. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitaif dengan bantuan SPSS versi 25. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa impulsive buying pada konsumen tanaman hias di masa pandemi masuk ke dalam kategori sedang yang berarti responden dalam penelitian ini adalah memiliki impulsive buying dengan taraf rerata.

References

Ais, R. (2020). Komunikasi Efektif Di Masa Pandemi Covid-19: Pencegahan Penyebaran Covid-19 Di Era 4.0. Banten: Makmood Publishing.

Ambarwati, S. (2007). Budidaya Tanaman Hias. Jakarta: Azka Mulia Media.

Antara, A.A.P. (2020). Penyetaraan Vertikal Dengan Pendekatan Klasik Dan Item Response Theory: Teori Dan Aplikasi. Sleman: Deepublish Publisher.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Azwar, S. (2013). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

De Mooij, M. (2004). Consumer Behavior And Culture: Consequences For Global Marketing. California: Sage.

Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodologi Untuk Penelitian Ilmu Komunikasi Dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Hamid, H. A. (2017). Hukum Perlindungan Konsumen Indonesia. Makassar: SAH Media.

Harjanto, H. & Rahmania, N. (2007). Memperbanyak Tanaman Hias Favorit. Jakarta: Penebar Swadaya.

Loudon, D. L., & Bitta A. J. (1993). Consumer Behavior Concept And Application 4th Edition. Singapore: Mcgraw Hill.

Mawardi, M. I., & Leonardo, Y. Tren Bercocok Tanam Dimasa Pandemi. Https://Ketik.Unpad.Ac.Id/Posts/1314/Trend-Bercocok-Tanam-Di-Masapandemi-1. Diakses Pada Tanggal 8 April 2020.

Muchnisa, F., & Sulaiman. (2019). Pengaruh Pembelian Impulsif Terhadap Kecemasan Konsumen Yang Berdampak Pada Pembelian Kompulsif Dan Dimediasi Oleh Eskapisme (Studi Kasus Pada Matahari Department Store Di Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 5(1), 236- 249.

Oktareza, F. (2020). Fenomena Tanaman Hias Harga Mahal, Begini Anggapan Pengamat. Https://Www.Sonora.Id/Read/422374994/Fenomena-Tanaman-Hias- Harga-Mahal-Begini-Tanggapan-Pengamat. Diakes Pada Tanggal 20 Desember 2020.

Rook, D. W., & Fisher, R. J. (1995). A Normative Influences On Impulsive Buying Behavior. Journal Of Consumer Research. 22, 305-313.

Saifuddin, A. (2020). Penyusunan Skala Psikologi Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.

Setyawan, F. E. B. (2017). Pedoman Metodologi Penelitian (Statistika Praktis). Sidoarjo: Zifatama Jawara.

Silvera., David, H., Anne, M., Lavack, & Fredric. (2008). Impulse Buying: The Role Of Affect, Social Influence, And Subjective Wellbeing. Journal Of Consumer Marketing, 25(1), (23-33).

Sofi, S. A. (2018). Personality As An Antecedent Of Impulsive Buying Behaviour: Evidence From Young Indian Consumers. Global Business Review, 21(2), 1– 19.

Solomon, M. R., Bamossy, G. J., Askegaard, S. T., & Hogg, M. K. (2013). Consumer Behaviour: A European Perspective. England: Pearson Education Limited.

Supranto. (2007). Teknik Sampling Untuk Survey Dan Eksperimen. Jakarta: Rineka Cipta.

Tinarbuko, S. (2006). Pola Hidup Konsumtif Masyarakat Yogya. Jakarta: Erlangga.

Verplanken, B., & Herabadi, A. (2001). Individual Differences In Impulse Buying Tendency: Feeling And No Thinking. European Journal Of Personality, 15, 71- 83.

Downloads

Published

2022-06-22

How to Cite

Afmi Fuad, Ira Puspitawati, & Muhammad Nur Akhrori. (2022). IMPULSIVE BUYING PADA KONSUMEN TANAMAN HIAS DIMASA PANDEMI (STUDI DESKRIPTIF). Jurnal Kesehatan Dan Kedokteran, 1(2), 58–64. https://doi.org/10.56127/jukeke.v1i2.257

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.