MANAJEMEN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA
DOI:
https://doi.org/10.56127/jukim.v3i01.1097Keywords:
Manajemen, Guru, Pendidikan KarakterAbstract
Seorang guru atau pendidik dapat digambarkan sebagai pemimpin dalam tindakan (Journey), Seseorang yang memiliki keterampilan dan keahlian yang bertanggung jawab atas kelancaran proses pembelajaran. Perjalanan adalah suatu proses belajar mengajar yang berlangsung di dalam atau di luar kelas dan mencakup seluruh aktivitas kehidupan. Guru memiliki peran yang sangat penting dalam mengembangkan karakter siswa. Guru juga diharapkan memiliki karakter yang kuat dan positif untuk membentuk karakter siswa atau anak didiknya dengan baik. Oleh karena itu, peran guru dalam membentuk karakter siswa sangat strategis dan penting dalam proses pendidikan.
References
Adi Suprayitno dan Wahid Wahyudi, Pendidikan Karakter di Era Milenial Yogyakarta: CV Budi Utama, 2020
Aisyah M. Ali, Pendidikan Karakter Konsep dan Implemantasinya, Jakarta: Kencana, 2018
Aris Shoimin, Guru Berkarakter Untuk Implementasi Pendidikan Karakter, Yogyakarta: Gava Media, 2014
Daryanto dan Suryati Darmiatun, Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah, Yogyakarta: Gava Media, 2013
Kementrian Agama Republik Indonesia, Undang-undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan: Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam, 2006
Mulyasa, Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011
Nella Agustin, Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa, Yogyakarta: UAD Press, 2021
Sofyan Mustoip dkk, Implementasi Pendididikan Karakter Surabaya: CV. Jakad, 2018
Sukatin dan M. Shoffa Saifillah Al-Faruq, Pendidikan Karakter, Yogyakarta: CV Budi Utama, 2021
Sukatin dkk, Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan, Jurnal Pendidikan dan Dakwah, Vol. 3 No. 5 (Oktober, 2023)
Yohana Afliani Ludo Buan, Guru dan Pendidikan Karakter, Jawa Barat: CV. Adanu Abimata, 2020