KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DENGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM MEMBANGUN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DI SEKOLAH ALAM CIKEAS

Authors

  • Putri Amanda Faizal Universitas Gunadarma
  • Eko Hartanto Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.56127/jukim.v3i01.1109

Keywords:

Anak Berkebutuhan Khusus, Berkomunikasi , Guru, Kemampuan, Komunikasi Interpersonal

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi interpersonal antara guru dengan anak berkebutuhan khusus dalam membangun kemampuan berkomunikasi di Sekolah Alam Cikeas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan dengan paradigma konstruktivisme dan teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori komunikasi interpersonal dan teori pembelajaran sosial. Sumber data penelitian ini didapatkan melalui observasi di lapangan,wawancara dengan informan dan data pendukung lainnya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses komunikasi interpersonal antara guru dengan anak berkebutuhan khusus melakukan komunikasi yang berbeda-beda dengan kondisi yang dimiliki anak berkebutuhan khusus seperti komunikasi verbal, non verbal dan juga komunikasi total. Adapun hambatan komunikasi antara guru dengan anak berkebutuhan khusus dalam membangun kemampuan berkomunikasi di Sekolah Alam Cikeas sering terjadi pada anak berkebutuhan khusus dengan berbagai konidisi yang dialami anak berkebutuhan khusus. Komunikasi Interpersonal yang digunakan antara Guru dengan Anak Berkebutuhan khusus diharapkan kedepannya akan semakin berkembang, serta anak berkebutuhan khusus memiliki kemampuan berkomunikasi

References

Agustin, M. 2011. Permasalahan Belajar dan Inovasi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Alimin, Zaenal. 2012. Anak Berkebutuhan Khusus, Modul pada Universitas Pendidikan Indonesia

Budyatna, Muhammad & Ganiem, Leila Mona.2011.Teori Komunikasi Antarpribadi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Deddy Mulyana. 2007.The Structure and Function of Communication in Society

H.B. Sutopo. 2002. Judul: Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta : UNS Press

Liliweri. 2011. Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta :Prenada Media Group

Mangunsong, F. 2009. Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Jilid I. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) Kampus Baru UI, Depok.

Neuman, W. Lawrence. 2013. Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitaif. Jakarta: PT Indeks.

Riduwan. 2012. Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2019. Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Downloads

Published

2024-01-03

How to Cite

Faizal, P. A. ., & Hartanto, E. . (2024). KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DENGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM MEMBANGUN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DI SEKOLAH ALAM CIKEAS. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(01), 54–62. https://doi.org/10.56127/jukim.v3i01.1109

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.