ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MAHASISWA UNIVERSITAS GUNADARMA BERKEINGINAN MENJADI ENTREPRENEUR
DOI:
https://doi.org/10.56127/jukim.v1i03.122Keywords:
Wirausaha, Keberhasilan Diri, Toleransi akan Resiko, Kebebasan dalam Bekerja, Keinginan menjadi EntrepreneurAbstract
Diera modern ini banyak sekali terlahir entrepreneur yang menciptakan lapangan pekerjaan yang baru. Banyaknya inovasi-inovasi baru , unik dan kreatif di segala bidang mampu mendukung kegiatan entrepreneur yang memiliki daya tarik sehingga memicu ketertarikan konsumen. Munculnya entrepreneur ini sangat berguna terutama bagi pemerintah dalam mengurangi jumlah pengangguran terutama di Indonesia, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Faktor-Faktor yang Memengaruhi Mahasiswa Berkeinginan Menjadi Entrepreneur. Pokok masalahnya adalah seberapa besar pengaruh Keberhasilan Diri, Toleransi akan Resiko, dan Kebebasan dalam Bekerja terhadap Keinginan Menjadi Entrepreneur. Jenis data yang digunakan adalah data primer dalam bentuk kuesioner kepada 100 responden, Dalam hasil pembahasan tentang Keberhasilan Diri, Toleransi akan Resiko dan Kebebasan dalam Bekerja terhadap Keinginan menjadi Entrepreneur secara simultan Keberhasilan Diri, Toleransi akan Resiko dan Kebebasan dalam Bekerja (X1, X2, X3) berpengaruh terhadap Keinginan menjadi Entrepreneur (Y) dan secara parsial Keberhasilan Diri, Toleransi akan Resiko dan Kebebasan dalam Bekerja masing-masing berpengaruh terhadap Keinginan menjadi Entrepreneur.
References
Angki, Adhi Tama. (2010). “Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Mahasiswa Berkeinginan Menjadi Entrepreneur”. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. Semarang.
Cooper, D.R, & Schindler, P.S. (2008).Business research method (10thed). New York: Mc. Graw-Hill
Dr. H. Buchari Alma. (2010).Kewirausahaan. Bandung.:Alfabeta
Echdar, Saban (2013). Manajemen Entrepreneurship: Kiat Sukses Menjadi Wirausaha. Yogyakarta: Andi
Ghozali, Imam. (2007). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Hair, J.F., Black, W.C., Babin, B.J., Anderson, R.E., & Tatham, R.L. (2006). Multivariate Data Analysis (Sixth Edition). Prentice Hall International.
Husein Umar, (2003). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka
J. Suprapto, (2003). Statistik Teori dan Aplikasi, Edisi Lima, Penerbit Erlangga Jakarta.
Kuncoro, M. (2003). Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi. Jakarta: Erlangga
Longenecker, Justin G. (2001). Kewirausahaan: Manajemen Usaha Kecil. Jakarta: Salemba Empat
Nugoroho, B. (2005). Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta: Andi.
Nurgiantoro, B. G. (2004). Statistik Terapan. Yogyakarta: Gajah MAda University.
Prama, Gede. (2000). Inovasi atau Mati. Jakarta: Gramedia
Priyatno, Dwi (2012). Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Edisi Kesatu. Yogyakarta: Andi.
Priyono & Soerata. (2005). Kiat Sukses Wirausaha. Yogyakarta: Palem Pustaka
Purnamawati, Zulu. (2009). “Analisis Pengaruh Faktor Internal dan Faktor Eksternal terhadap Minat Mahasiswa Berwirausaha”. Fakultas Ekonomi. Universitas Diponegoro. Semarang.
Sudarmanto, R. G. (2005). Analisis Regresi Berganda. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Supranto, J. (2003). Metode Riset Aplikasinya dalam Pemasaran. Jakarta: PT Rineke Cipta.
Susanto, Adi. (2000). Kewirausahaan. Jakarta: Ghalia Indonesia..
Wahyu, Dianita (2010). “Analisis Faktor-Faktor yang Memotivasi Mahasiswa dalam Berwirausaha”. Universitas Muhamadiyah Malang
Winardi, J. (2004) Entrepreneur dan Entrepreneurship. Jakarta: Prenada Media.
Zimmerer, Thomas W. (2005). Essential of Entrepreneurship and Small Business Management. Pearson: Pretince Hole