VIDEO PROFIL KOPERASI UNIT DESA KERTAJAYA KANDANGAN
DOI:
https://doi.org/10.56127/jukim.v3i04.1273Keywords:
Video Profil, Koperasi, KUD Kertajaya KandanganAbstract
Koperasi menjadi tempat untuk memberdayakan masyarakat guna mengembangkan potensi yang mereka miliki agar dapat menaikkan kualitas hidup dan saling menyejahterakan satu sama lain. Seperti halnya Koperasi Unit Desa Kertajaya yang merupakan koperasi penghasil susu sapi yang melimpah dengan kualitas baik. Koperasi Unit Desa Kertajaya telah menjadi wadah bagi para peternak setempat untuk mengelola peternakan dan produk susu mereka. Keunggulan tersebut harus didukung dengan pemanfaatan media sosial yang baik melalui berbagai platform seperti Youtube, Instagram, Tiktok, dan lain sebagainya, agar dapat dikenal oleh masyarakat luas. Setelah dilakukan berbagai cara untuk mengumpulkan data seperti observasi, wawancara, dokumentasi, dan pengumpulan data secara kuesioner, sejauh ini Koperasi Unit Desa Kertajaya belum memanfaatkan media sosial dengan baik berupa foto ataupun video, sehingga banyak masyarakat yang kurang mengetahui informasi mengenai Koperasi Unit Desa Kertajaya Kandangan. Oleh karena itu, dibuatlah video profil untuk membantu koperasi tersebut memperkenalkan dan memberikan informasi yang tidak terbatas kepada masyarakat luas. Alasan dipilihnya video profil yakni, video profil merupakan salah satu media yang paling tepat saat ini, karena dapat memberikan informasi melalui audio dan juga biasanya didukung dengan visual yang baik, sehingga audiens akan lebih mudah untuk mencerna informasi yang telah diberikan. Adapun tahap-tahap yang perlu diperhatikan untuk membuat video profil tersebut seperti pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Dengan terciptanya video profil ini, Perusahaan diharapkan mampu untuk lebih maju dengan beralih ke dunia digital, agar dapat membangun perekonomian yang lebih baik lagi.
References
Annashri, R., & Putra, S. J. (2021). Perancangan Media Video Company Profile “LPK Logika Internasional.” JTIM : Jurnal Teknologi Informasi Dan Multimedia, 2(4), 190–198. https://doi.org/10.35746/jtim.v2i4.115
Apriliani, Z., Hasanah, U., & Anas, A. S. (2019). Pembuatan Video Profil dengan Efek Vintage Kampung Wisata Adat Sengkoah sebagai Media Informasi. JTIM : Jurnal Teknologi Informasi Dan Multimedia, 1(1), 57–65. https://doi.org/10.35746/jtim.v1i1.15
Fahru Nurosyid, Imanuel, M., Patria, A. A., Annas, A., Awalumuttaqin, I. H., Sari, L. K., Fadhilah, M. A. F. N., Yusa, R. R. P., Kusumaningrum, R. N., & Safira, S. B. (2022). Pembuatan Video Profil Sebagai Media Promosi Potensi Desa Jeruk. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 1(3), 215–221. https://doi.org/10.59025/js.v1i3.48
Iii, B. A. B. (2001). Bab iii metodologi perancangan 3.1. 14–23.
Pertiwi, Z. R., & Zakariyya, A. (2023). Video Profil Kopkar “Seruni” Dengan Metode Kualitatif Sebagai Edukasi Untuk Kemajuan Koperasi Karyawan. Router: Jurnal Teknik Informatika Dan …, 1(2). https://journal.aptii.or.id/index.php/Router/article/view/5%0Ahttps://journal.aptii.or.id/index.php/Router/article/download/5/5
Rimayanti, N., Yulianti, A., Nasution, B., & Lubis, E. E. (2019). Pembuatan Video Profil Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Riau sebagai Media Promosi Berbasis Multimedia. It Journal Research and Development, 3(2), 84–95. https://doi.org/10.25299/itjrd.2019.vol3(2).2499