PERANCANGAN RE-BRANDING SUMBU RAYYA BUSANA SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.56127/jukim.v3i04.1277Keywords:
Konveksi , Logo, Re-branding, IdentitasAbstract
Konveksi merupakan usaha di bidang pembuatan busana siap pakai yang diproduksi secara besar-besaran. Usaha konveksi adalah salah satu usaha yang membutuhkan modal cukup besar. Hal itu dikarenakan usaha tersebut membutuhkan banyak pekerja serta mesin-mesin produksi.Terdapat banyak sekali jenis-jenis hasil produksi dari usaha konveksi. Ada usaha konveksi yang memproduksi pakaian berupa baju, celana, kemeja, jaket, tas dan masih banyak lagi. Sumbu Rayya Busana adalah sebuah rumah produksi yang bergerak di bidang busana yang merintis sejak tahun 2015 oleh saudara Jefri Firnanto, kemudian aktif beroperasi pada tahun 2018.Sumbu Rayya Busana berdiri di bawah naungan PT. Sumbu Rayya Busana yang berlokasi di Jalan Tenggumung Baru Selatan 67 A, kota Surabaya. Pada saat itu, logo perusahaan sangat dibutuhkan untuk memenuhi identitas perusahaan agar bisa melakukan kerja sama dengan mitra sekolah. Pada awal berdirinya pada tahun 2015, usaha ini belum memiliki nama atau identitas. Seiring berkembangnya perusahaan ini, pada tahun 2018 beliau memberi nama usaha konveksinya dengan nama Sumbu Rayya Busana. Kata “sumbu” berarti seutas tali. Sedangkan kata “rayya” yang diadopsi pada pemilihan nama usaha, memiliki arti denotatif berupa “cahaya di atas cahaya” dan kata “rayya” bisa diartikan luas. Dari dua kata tersebut, bisa diartikan bahwa satu lapangan usaha yang dapat bermanfaat untuk semua orang.
References
C. S. Cenadi, "Elemen-Elemen dalam Desain Komunikasi Visual," Nirmana, vol. 1, no. 1, pp. 1-11, Jan. 1999.
F. Jefkins, Periklanan. Jakarta: Erlangga, 1997.
K. L. Keller, Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity, New Jersey: Prentice Hall, 2013.
P. Kotler and K. L. Keller, Manajemen Pemasaran, vol. 1, 13th ed., Jakarta: Erlangga, 2009.
P. Kotler and K. L. Keller, Marketing Management, 15th ed., New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc., 2016.
A. Kusrianto, Pengantar Desain Komunikasi Visual, Yogyakarta: CV Andi Offset, 2007.
R. Landa, Graphic Design Solutions, 4th ed., Clark Baxter, 2011, p. 241.
L. Muzellec and M. Lambkin, "Corporate rebranding, destroying, transferring or creating brand equity," 2006.
F. X. R. W. Ratranto, A. Rahmat, and Y. Setianti, "Simbolisasi Logo Maicih „For Icihers With Love," E-Jurnal Mahasiswa Universitas Padjadjaran, 2012.
S. Rustan, Logo 2021 Buku I, Jakarta: CV. Nulisbuku Jendela Dunia, 2021.
S. Rustan, Logo 2021 Buku II, Jakarta: CV. Nulisbuku Jendela Dunia, 2021.
S. Rustan, Layout 2020 Buku I, Jakarta: CV. Nulisbuku Jendela Dunia, 2021.
S. Rustan, Layout 2020 Buku II, Jakarta: CV. Nulisbuku Jendela Dunia, 2021.
S. E. Sanyoto, Dasar-dasar Tata Rupa & Desain, Yogyakarta: Arti Bumi Intaran, 2005.
L. G. Schiffman and L. L. Kanuk, Consumer Behavior, 10th ed., New Jersey: Pearson Education, 2010.
H. Sularko and N. P. Victor, How They Think, Jakarta: Mosher Publishing, 2008.
Surachman, Dasar-Dasar Manajemen Merek, Malang: Bayumedia, 2008.
S. Tinarbuko, Semiotika Komunikasi Visual, Yogyakarta: Jalasutra, 2009.
F. Tjiptono, Strategi Pemasaran, 4th ed., Yogyakarta: Andi, 2015.