ENHANCING ENGLISH LANGUAGE LEARNING: A QUALITATIVE EVALUATION OF THE 4TH GRADE ELEMENTARY SCHOOL ENGLISH TEXTBOOK FOR EFL STUDENTS
DOI:
https://doi.org/10.56127/jukim.v3i02.1279Keywords:
content, formatting, articleAbstract
Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengevaluasi textbook bahasa Inggris yang digunakan oleh siswa EFL (English as a Foreign Language) di kelas 4 SD. Penelitian ini difokuskan untuk menilai kesesuaian buku teks dalam memenuhi kebutuhan siswa sekolah dasar. Metode pengumpulan data meliputi wawancara, analisis dokumen, dan penggunaan daftar periksa/kelompok fokus untuk mengevaluasi secara komprehensif buku teks. Studi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang seberapa baik buku teks selaras dengan tuntutan pedagogis dan kebutuhan siswa. Dengan memeriksa efektivitas buku teks melalui berbagai metode kualitatif, penelitian ini berkontribusi untuk meningkatkan kualitas bahan pengajaran bahasa Inggris untuk siswa sekolah dasar.
References
Ahour, T., Towhidiyan, B., & Saeidi, M. (2014). The Evaluation of “English Textbook 2” Taught in Iranian High Schools from Teachers’ Perspectives. English Language Teaching, 7(3), p150. https://doi.org/10.5539/elt.v7n3p150
Elmiana, D. S. (2019). Pedagogical representation of visual images in EFL textbooks: A multimodal perspective. Pedagogy, Culture & Society, 27(4), 613–628. https://doi.org/10.1080/14681366.2019.1569550
López-Medina, B. On the Development of a CLIL Textbook Evaluation Checklist: A Focus Group Study. Teaching English as a Second Language or Foreign Language,Volume 25, May 2021
Mardiyana, T., Fauziati, E., Prastiwi, Y., & Minsih, M. (2023). A content analysis of the language quality of thematic textbooks for elementary school students. Journal of Education and Learning (EduLearn), 17(2), 229–240. https://doi.org/10.11591/edulearn.v17i2.20573
Muttaqien, F. (2017). PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL DAN AKTIVITAS BELAJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR VOCABULARY SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS X. 8. Jurnal Wawasan Ilmiah, Volume 8, 2017
Prasetya, W., Syahid, A., & Sugianto, A. (2021). The correlation between English as a foreign language learning readiness and learning satisfaction during the Covid-19 outbreak. PROJECT (Professional Journal of English Education), 4(5), 900–908.
Shala, S. (2023). Analysis And Quality of Literature Textbooks in Upper Secondary Education in Kosovo. Journal of Social Studies Education Research, 357–378.
Tambusai, A., & Nasution, K. TINGKAT PEMAHAMAN BAHASA INGGRIS BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA). JURNAL PEMA TARBIYAH, Volume 1, Januari-Juni 2022