THE POSITIVE IMPACT OF USING "MY NEW WORDS" TEXTBOOK IN ENGLISH LEARNING FOR FIFTH GRADE ELEMENTARY SCHOOL

Authors

  • Abdul Syahid Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Khairunnisa Khairunnisa Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Luciana Luciana Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Ratu Shania Nazjwa Salsabilla Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Ulpia Rahim Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Zumiyati Zumiyati Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.56127/jukim.v3i02.1280

Keywords:

Impact, , textbook, benefits

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pemahaman akan pentingnya pembelajaran bahasa Inggris di tingkat sekolah dasar, terutama pada kelas lima, sebagai fondasi agar kemampuan berbahasa yang lebih baik di masa depan. Namun, masih ada beberapa sekolah yang memiliki kendala dalam menyediakan sumber daya yang memadai, termasuk buku teks yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Kurangnya sumber daya ini dapat menghambat perkembangan keterampilan berbahasa siswa, terutama dalam memperluas kosakata mereka. Oleh karena itu, penelitian ini akan menyajikan dampak positif penggunaan buku teks "My New Words" dalam meningkatkan pembelajaran bahasa Inggris pada anak-anak sekolah dasar kelas lima. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak positif penggunaan buku teks “My New Words” dalam pembelajaran Bahasa Inggris pada anak sekolah dasar kelas lima. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan kuesioner, yaitu dengn membuat beberapa pertanyaan dengan google from untuk memastikan bahwa materi yang disajikan di dalam buku tersebut memiliki dampak positif dan mareti yang di sajikn sesuai dengan kebutuhan siswa sekolah dasar kelas lima. Kuesioner ini dapat membantu peneliti mengidentifikasi kecocokan isi buku dengan standar pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar kelas lima. Banyak dampak positif yang di dapatkan anak sekolah dasar kelas lima dalam buku ini seperti vocabulary sehari hari, berbicara menggunakan Bahasa inggris, dan dapat menulis berbahasa inggris. Jadi, Dengan menggunakan metode kuesioner ini peneliti dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang dampak positif penggunaan buku teks “my new words” dalam pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar kelas lima.

References

Ahmadi, Abu., & Uhbiyati, Nur. Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2015, pp. 70.

Anmol, M. S. K. Tbe Best Tips to Improve English Grammar: New Edition 2024. India: Shakha Global Books, Inc., 2024, pp. 106.

EYLC. Buku Siswa: Kata-kata Saya Selanjutnya untuk sekolah dasar. Jakarta Selatan: Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, 2021, pp. 16-61.

Hidayat, R., & Abdillah. Ilmu Pendidikan: Kosep, Teori, dan Aplikasinya. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2019, pp. 25.

Ratminingsih, N. M. Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Ingrris. Depok: PT RajaGrafindo Persada, 2017, pp. 28-9.

Zahid, A. (2023, October 9). Read Well, Live Well: Health Benefits of Reading Books.(1st edition). [On-line]. Available: https://g.co/kgs/QAeedh1 [April 27, 2024]

Downloads

Published

2024-03-31

How to Cite

Syahid, A. ., Khairunnisa, K., Luciana, L., Salsabilla, R. S. N. ., Rahim, U. ., & Zumiyati, Z. (2024). THE POSITIVE IMPACT OF USING "MY NEW WORDS" TEXTBOOK IN ENGLISH LEARNING FOR FIFTH GRADE ELEMENTARY SCHOOL. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(02), 54–59. https://doi.org/10.56127/jukim.v3i02.1280

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.