TEKNIK WDEP DALAM KONSELING KELOMPOK: SOLUSI UNTUK MENGATASI GLOSSOPHOBIA DI YAYASAN MUTIARA QOLBU
DOI:
https://doi.org/10.56127/jukim.v3i04.1577Keywords:
Reality Group Counseling, WDEP Technique, glossophobiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Teknik WDEP Konseling Kelompok untuk mengatasi glossophobia pada siswa Yayasan Mutiara Qolbu. Tujuannya adalah meningkatkan kesadaran diri siswa dan mengurangi pikiran serta perilaku negatif terkait berbicara di hadapan umum. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif narrative inquiry dengan populasi siswa SMP dan SMA Yayasan Mutiara Qolbu. Sampel terdiri dari dua siswa yang mengalami glossophobia, dengan inisial VR dan DN. Instrumen yang digunakan adalah teknik konseling kelompok Realitas WDEP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti konseling kelompok Realitas WDEP mengalami perubahan positif dalam respons tubuh mereka saat berbicara di depan umum. Simpulan dari penelitian ini adalah pendekatan konseling Realitas WDEP efektif dalam mengatasi glossophobia pada siswa, membantu mereka mengembangkan keterampilan berbicara di depan umum dan meningkatkan kepercayaan diri secara keseluruhan. Ini menunjukkan kebaruan dalam menggunakan pendekatan ini untuk mengatasi masalah glossophobia pada siswa.
References
A. Z. Bayhaqi and M. S. R. A., "Metode Expressive Writing untuk Menurunkan Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Mahasiswa," Psikoislamedia Jurnal Psikologi, vol. 2, 2017.
Fitriani, Apriliaswati, & Wardah. (2015). A Study on Student’s English Speaking Problems in Speaking Performance. English Education Study Program, Language and Arts Education Department, Teacher Training and Education Faculty of Tanjungpura University.
M. Husen, R. Aditama, and M. Ramli, "Therapeutic Reality Counseling, WDEP Counseling and Resilience of Adolescents With Premarital Free Sex Dependence: A Literature Review," vol. 4, pp. 20–29, 2021. [Online]. Available: https://doi.org/10.26486/ijagc.v4i1.3086
D. Istiqomah and B. A. Habsy, "Keefektifan Konseling Realita untuk Mengatasi Kecemasan Mengemukakan Pendapat pada Siswa SMP," Indonesian Journal of Educational Counseling, vol. 3, no. 1, pp. 61–70, 2019. [Online]. Available: https://doi.org/10.30653/001.201931.48
A. Kurniati and A. Supriyatna, "Efektivitas Konseling Kelompok Realitas Teknik Want, Direction, Evaluation dan Plant (WDEP) untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Menyelesaikan Skripsi," Jurnal Basicedu, vol. 6, no. 2, pp. 1938–1946, 2022. [Online]. Available: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2254
M. Megawati and T. Apriani, "Public Speaking Anxiety among Students: The Dynamics of Public Speaking Anxiety and its Impact on Speaking Performance: A Study Among College Students in Business and Economics," *Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan*, vol. 11, issue 3, 2023.
C. Mutiara Damanik and A. Murad, "Upaya Meminimalisir Tingkat Glossophobia Melalui Konseling Kelompok Teknik Assertive Training Pada Siswa Kelas X SMAS Katolik Budi Murni 3 Medan," Jurnal Ergasia, no date. [Online]. Available: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/ergasia/index
A. Nisa, "JURNAL EDUKASI ANALISIS KENAKALAN SISWA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LAYANAN BIMBINGAN KONSELING," JURNAL EDUKASI Jurnal Bimbingan Konseling, vol. 4, no. 2, 2018.
D. Nurhasanah et al., "TINGKAT KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA MAHASISWA (PUBLIC SPEAKING ANXIETY LEVEL IN COLLEGE STUDENTS)," 2023.
G. G. Purnama, Rochani, and R. Z. Dalimunthe, "The Effect of Expressive Writing Therapy to Improve Students’ Public Speaking Ability in Front of the Class," Bisma The Journal of Counseling, vol. 6, no. 3, pp. 386–396, 2022. [Online]. Available: https://doi.org/10.23887/bisma.v6i3.55883
A. Rachmawati, "Penerapan Konseling Naratif Untuk Mengurangi Tingkat Glossophobia," 2015.
M. Sahara and I. A. Nurcholis, "The Causes Of Glossophobia In The Students Speaking Classroom," Teaching English and Language Learning English Journal (TELLE), vol. 02, p. 191, 2022.
A. Soltani, R. Afshari, and M. Jafar Bahredar, "The Effect of Reality Therapy on Marital Satisfaction of Married Women Employed at Shiraz University of Medical Sciences," International Journal of Basic Sciences & Applied Research, vol. 5, no. 3, pp. 192–197, 2016. [Online]. Available: http://www.isicenter.org
يتيبرت مولع ي هدكشناد يملع تئيه وضع يئابطابط همﻼع هاگشناد. (n.d.). يش هلاقم هوژپ ي يليصحت ييامنها ر ي هرود نازومآ اد شن رد تيوه نارحب رب ينامرد تيع رب نتبم قاو ي يه هرو ريثات. يناور تشادهب لوصا يهلجم, 12.