STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI INSTAGRAM DALAM MENARIK MINAT KONSUMEN PADA CAFE TITIK TEMU SARINAH

Authors

  • Septi Herawati Universitas Gundarma
  • Evan Saktiendi Universitas Gunadarma
  • Gusti Siwi Ayu Hanjani Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.56127/jukim.v3i06.1802

Keywords:

Strategi, Pemasaran, Instagram, Konsumen, Titik Temu

Abstract

Penelitian ini fokus pada analisis strategi komunikasi pemasaran melalui Instagram untuk meningkatkan minat konsumen pada Caffe Titik Temu Sarinah, sebuah kafe di pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta. Dalam era digital, pemasaran melalui media sosial seperti Instagram menjadi penting untuk menjangkau target konsumen. Pendekatan kualitatif digunakan dengan wawancara mendalam dan observasi langsung terhadap aktivitas pemasaran Instagram. Hasil penelitian menyoroti beberapa elemen kunci strategi komunikasi pemasaran yang berhasil. Pertama, konten yang menarik dan berkualitas tinggi, termasuk foto produk yang menarik dan konten yang relevan dengan minat target konsumen. Kedua, konsistensi dalam posting dan interaksi dengan pengikut, seperti merespons komentar dan pesan secara aktif. Ketiga, penggunaan fitur- fitur Instagram seperti Stories, dan Reels untuk meningkatkan keterlibatan pengguna dan memfasilitasi pembelian langsung.

References

Agus M.Hardjana, 2016. Ilmu Komunikasi.Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Tjiptono,

Bungin, 2005. Komunikasi Pariwisata. Jakarta: PT. Fajar Interpratama

Cangara, Hafied. 1998. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta. Rajawali Pers

Effendy, Onong Uchjana. 2011. Ilmu Komunikasi. Teori dan Praktek, Bandung. Rosda.

Fandy. 2012. Strategi Pemasaran. Edisi Ketujuh. Yogyakarta

Fandi, Tjiptono. 2014. Service, Quality & Satisfaction. Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta. Bumi Aksara.

Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa. Indonesia.Jilid 1 dan 2.Jakarta : Erlangga.

Kotler, P., dan Amstrong G., (2012), Principles of Marketing (14E), New Jersey: Pearson.

Mc Clelland, David. C. 1988. Human Motivation. New York : Cambridge. University Press

Moleong, Lexy J. (1995). Metode penelitian. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Ruslan, Rosady. 2003. Metode Penelitian PR dan Komunikasi. Jakarata : PT. Raja. Grafindo Persada.

Rogers, Everett M. 1986. Communication Technology: The New Media in Society. Newyork

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Herawati, S. ., Saktiendi, E., & Hanjani, G. S. A. . (2024). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI INSTAGRAM DALAM MENARIK MINAT KONSUMEN PADA CAFE TITIK TEMU SARINAH. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(06), 07–14. https://doi.org/10.56127/jukim.v3i06.1802