PEMBUATAN ALAT OTOMATIS PEMBERI PAKAN IKAN BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT) MENGGUNAKAN APLIKASI BLYNK

Authors

  • Revida Iriana Universitas Gunadarma
  • Naufal Aulia Akmal Universitas Gunadarma
  • Fettiana Gianadevi Universitas Gunadarma
  • Tavipia Rumambid Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.56127/jukim.v3i06.1860

Keywords:

Pakan, ikan, IoT, monitoring, Blynk

Abstract

Keterbatasan ini mengakibatkan kesulitan bagi para peternak untuk melakukan perjalanan, terutama saat peternak  harus memastikan pemberian pakan yang  dilakukan tepat waktu. Semua kendala yang dihadapai para peternak dapat diatasi dengan membuat Alat Otoomatis Pemberi Pakan Ikan dengan konsep IOT serta menggunakan komponen mikrokontroler NodeMCU ESP8266, Motor Servo juga menggunakan software Arduino IDE dengan bahasa C . Alat Otomatis ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi kinerja bagi para peternak saat pemberian pakan ikan. Pembuatan Alat Otomatis Pemberi pakan ikan menggunakan metode pengembangan sistem SDLC (Sistem Development Life Cycle) yang dilakukan dengan beberapa tahap seperti tahap analisis sistem, tahap perancangan sistem, tahap implementasi dan tahap uji coba. Pengendalian elektronik jarak jauh terhadap Alat Otomatis Pemberi Pakan Ikan telah diuji coba terhadap beberapa smartphone yang terhubung ke interent dan alat pakannya dapat di on/off.  Pemberian pakan ternak sangat diharap sesuai dengan jadwal  pada jam 09.00 WIB menggunakan hotspot seluler, 15.00 WIB menggunakan wifi, 21.00. Keluaran penelitian ini adalah sebuat Alat Otomatis Pemberi Pakan Ikan yang dapat mempermudah para peternak ikan saat  memberi  pakan ikan.

References

Abadi, R. (2023). Motor servo: Pengertian, fungsi, jenis dan cara kerjanya. Diakses pada 30 Januari 2023 dari https://thecityfoundry.com/motor-servo/

Banzi, M., & Shiloh, M. (2014). Getting started with Arduino: The open source electronics prototyping platform. Maker Media, Inc. Diakses pada 16 Juli 2024 dari https://www.esc19.net/cms/lib011/TX01933775/Centricity/Domain/110/make_gettingstartedwitharduino_3rdedition.pdf

Cascio, W. F. (2018). Likert scales and performance appraisals. Routledge. Diakses pada 16 Juli 2024 dari https://www.routledge.com/Likert-Scales-and-Performance-Appraisals/Cascio/p/book/9781138593343

Faudin, A. (2017). Mengenal aplikasi BLYNK untuk fungsi IoT. Diakses pada 5 Februari 2023 dari https://www.nyebarilmu.com/mengenal-aplikasi-blynk-untuk-fungsi-iot/

INSTIPER Robotics Academy. (2021). Programming dasar: Arduino IDE. Diakses pada 23 Januari 2023 dari https://robotics.instiperjogja.ac.id/post/arduinoide

Junaidi, A. (2015). Internet of Things, sejarah, teknologi, dan penerapannya: Review. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, IV(3), 62–66.

Kho, D. (2020). Pengertian mikrokontroler (microcontroller) dan strukturnya. Diakses pada 23 Januari 2023 dari https://teknikelektronika.com/pengertian-mikrokontroler-microcontroller-struktur-mikrokontroler/

McEwen, A., & Cassimally, H. (2013). Designing the Internet of Things. John Wiley & Sons. Diakses pada 16 Juli 2024 dari https://www.wiley.com/en-us/Designing+the+Internet+of+Things-p-9781118430620

Monk, S. (2016). Raspberry Pi cookbook: Software and hardware problems and solutions. O'Reilly Media, Inc. Diakses pada 16 Juli 2024 dari https://dokumen.pub/raspberry-pi-cookbook-software-and-hardware-problems-and-solutions-4nbsped-9781098130923.html

Nabil, M. A. M. (2018). Kotak sampah pintar menggunakan sensor ultrasonik berbasis mikrokontroler Arduino Uno. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Pfister, C. (2011). Getting started with the Internet of Things: Connecting sensors and microcontrollers to the cloud. O'Reilly Media, Inc. Diakses pada 16 Juli 2024 dari https://www.openhacks.com/uploadsproductos/getting_started_with_the_internet_of_things_pachube_client.pdf

Nuryadin, H., Program Studi Teknik Informatika, & Fakultas Teknik. (2022). Bahasa Inggris menggunakan Android. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 03(02), 299–306.

Phillips, M., et al. (2016). Menjelajahi masa depan perikanan. WorldFish. Penang, Malaysia: 15.

Saputro, T. T. (2017). Mengenal NodeMCU: Pertemuan pertama. Diakses pada 23 Januari 2023 dari https://embeddednesia.com/v1/tutorial-nodemcu-pertemuan-pertama/

Setiawan, R. (2021). Memahami apa itu Internet of Things. Diakses pada 21 Januari 2023 dari https://www.dicoding.com/blog/apa-itu-internet-of-things/

Thabroni, G. (2022). Flowchart (diagram alir): Pengertian, jenis, & simbol/notasi. Diakses pada 30 Januari 2023 dari https://serupa.id/flowchart-diagram-alir-pengertian-jenis-simbol-notasi/

Wardani, K. R. N. (2016). Penerapan pendekatan model HCI dalam analisa penggunaan ponsel pintar (mobile phone Android). Jurnal Teknik Industri, 2(2), 65–124.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Iriana, R. ., Akmal, N. A. ., Gianadevi, F. . ., & Rumambid , T. . (2024). PEMBUATAN ALAT OTOMATIS PEMBERI PAKAN IKAN BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT) MENGGUNAKAN APLIKASI BLYNK. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(06), 81–90. https://doi.org/10.56127/jukim.v3i06.1860