PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI SONOKUNO KITCHEN JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.56127/jukim.v1i02.224Abstract
Sosial media menghapus batasan manusia untuk berinteraksi dimana dengan media sosial ini manusia bisa berkomunikasi dimanapun mereka berada dan di waktu kapan pun tanpa batasan jarak dan waktu. Pada Januari 2022 pengguna media sosial di Indonesia mencapai 191,4 juta orang, hal ini dimanfaatkan juga oleh para pelaku usaha untuk dapat berinteraksi dengan para konsumennya baik dalam bentuk promosi ataupun berkomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial Instagram terhadap keputusan pembelian produk di Sonokuno Kitchen Jakarta. Persamaan regresi linier sederhana yang didapatkan dari hasil olah data menggunakan software SPSS versi 25.0 adalah Y = 35,585 + 0,108X. Hasil uji t variabel social media marketing Instagram memiliki nilai t table (138, 5% : 2) = 1,977 dan t hitung sebesar 2,046. Hasil ini menunjukkan bahwa Ha diterima artinya ada pengaruh signifikan variabel Social Media Marketing Instagram terhadap keputusan pembelian produk di Sonokuno Kitchen. Nilai R Square adalah 0,029 atau atau hanya 2,9% social media marketing instagram berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Sonokuno Kitchen dan 97,1% dipengaruhi oleh variabel lain.
References
Arief, Giri Maulana. (2015). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING MELALUI INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN SUGAR TRIBE. e-Proceding of Management, Vol. 2 No. 3, hlm. 2582.
Fredik, Teo Filus dan Sulih Indra Dewi. (2018). ANALISIS PENGARUH PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Volume 7 No. 2. www.publikasi.unitri.ac.id
Gunelius, Susan. (2011). 30-Minutes Social Media Marketing. United States. McGraw-Hills Company
Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edii13. Jilid 1. Jakarta:Erlangga
Mahdi, M.Ivan. (2022). Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022
Muslihah, Fasihatul. (2016). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION DALAM PANDANGAN ISLAM (Studi kasus pada mahasiswa FEBI UIN Raden Intan Lampung angkatan 2014-2016). Skripsi. http://repository.radenintan.ac.id/
Rao, Purba. (2006). Measuring Consumer Perception Through Factor Analysis. The Asian Manager (February-March).
Rizaty, Ayu Novia. Pengguna Pengguna Instagram di Indonesia Bertambah 3,9 Juta pada Kuartal IV-2021. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/10/pengguna-instagram-di-indonesia-bertambah-39-juta-pada-kuartal-iv-2021