ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PADA IKLAN TV BENG-BENG 'MAKAN LANGSUNG VS MAKAN DINGIN’

Authors

  • Dian Wulandari Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.56127/jukim.v2i04.625

Keywords:

Semiotika, Iklan, Simbol, Beng-Beng

Abstract

Iklan merupakan salah satu media promosi untuk mempromosikan produk. Hingga saat ini, iklan masih menjadi media favorit untuk mempromosikan dan mengkampanyekan suatu produk. Promosi dilakukan oleh suatu perusahaan baik secara online maupun offline. Perusahaan menggunakan berbagai metode promosi yang menarik untuk membujuk pelanggan agar tertarik membeli prduknya. Salah satunya adalah pada iklan Beng-Beng ‘Makan langsung vs makan dingin’. Dalam iklan Beng-Beng ‘Makan langsung vs makan dingin’ terdapat simbol-simbol yang digunakan oleh media promosi untuk menarik konsumen. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis simbol-simbol pada iklan Beng-Beng ‘Makan langsung vs makan dingin’ dengan menggunakan teori semiotika dari Roland Barthes. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana simbol-simbol yang terdapat pada iklan Beng-Beng ‘Makan langsung vs makan dingin’ dibangun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Hasil penelitiannya dapat disimpulkan bahwa pada iklan tersebut mengandung makna denotasi, konotasi dan pada beberapa scene terdapat mitos di dalamnya.

References

Barthes, Roland. 1977. Elements of Semiology. London: Macmillan Ltd.

Barthes, Roland. 1988. The Semiotics Challenge. New York: Hill and Wang.

Fatihudin, D., & Firmansyah, A. 2019. Pemasaran Jasa (Strategi, Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan). Deepublish.

Jansz, Litza., Cobley Paul. 2010. Introducing Semiotics. UK: Icon Books

Jaiz, Muhammad. 2014. Dasar-Dasar Periklanan Cetakan Keempat. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kotler, Philip, dan Gary Amstrong. 2013. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Kelompok Gramedia.

Peirce, Charles Sanders. 1982. Logic as Semiotics: The Theory of Sign. Bloomington: Indiana University Press.

Prasetya, Arif Budi. 2019. Analisis Semiotika Film dan Komunikasi. Malang: Intrans Publishing.

Saussure, Ferdinand de. 1996. Pengantar Linguistik Umum. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Sobur, A. 2013. Semiotika Komunikasi. Rosda: Bandung.

www.kbbi.co.id

www.google.com

https://www.youtube.com/watch?v=h6vesaPdxu4

Published

2023-07-14

How to Cite

Dian Wulandari. (2023). ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PADA IKLAN TV BENG-BENG ’MAKAN LANGSUNG VS MAKAN DINGIN’. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(04), 182–188. https://doi.org/10.56127/jukim.v2i04.625

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.