PENGARUH PEMAHAMAN ETIKA PROFESIONAL DAN LINGKUNGAN AKADEMIK TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER MAHASISWA DIII PERHOTELAN POLITEKNIK HARAPAN BERSAMA TEGAL
DOI:
https://doi.org/10.56127/jukim.v2i03.635Keywords:
Pemahaman Etika Profesional, Lingkungan Akademik, Pembentukan Karakter MahasiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman etika profesional dan lingkungan akademik terhadap pembentukan karakter mahasiswa D3 Perhotelan Politeknik Harapan Bersama Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Target yang diharapkan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pemahaman etika profesional dan lingkungan akademik terhadap pembentukan karakter mahasiswa D3 Perhotelan Politeknik Harapan Bersama Tegal. Berdasarkan hasil pengujian, dapat disimpulkan bahwa pemahaman etika profesional dan lingkungan akademik berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembentukan karakter mahasiswa dengan besaran pengaruh sebesar 73 %.
References
Chan, J. K. H. (2018). Design Ethics: Reflecting on the Ethical Dimensions of Technology, Sustainability, and Responsibility in the Anthropocene. Design Studies, 54, 184–200.
Gazali, M. (2018). Dasar-Dasar Pendidikan. Mizan.
Greenstone, A. F. (2018). Ethics and Public Integrity in Space Exploration. Acta Astronautica, 14(3), 322–326.
Gustriana, Y., & Usman, D. (2017). Pengaruh Pembelajaran Etika Dan Lingkungan Akademik Terhadap Sensitivitas Etis Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Akuntansi, 7(3), 53–74.
Hasanah, U. (2018). Pendidikan Karakter Model Madrasah: Sebuah Alternatif. TERAMPIL Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(1), 126–137.
Pertiwi, A. K., Cahyani, S. S. A., Diana, R. C., & Gunawan, I. (2017). Kepemimpinan Berbasis Nilai dan Etika: Suatu Kajian Interaksi Simbolik Kyai dan Santri. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan: Sinergitas Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Penguatan Pendidikan Karakter, Universitas Negeri Malang, 1–19.
Siahaan, M. R. (2019). Etika Profesi. Ataki.
Sukmadinata, N. syaodih. (2018). Pengembangan Kurikulum. Remaja Rosdakarya.
Suyanto. (2018). Urgensi Pendidikan Karakter. Dirjen Dikdasmen Direktorat Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Nasional.