FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION SECARA ONLINE MELALUI APLIKASI E-COMMERCE PADA GENERASI MILENIAL DI JAKARTA

Authors

  • Indah Jauhari Universitas Gunadarma
  • Dandy Kurnia Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.56127/jukim.v1i2.90

Keywords:

Keputusan Pembelian, Minat Beli, Kepercayaan, Harga, Brand Image

Abstract

Perilaku masyarakat dalam berbelanja berubah seiring dengan perkembangan teknologi. Masyarakat yang awalnya terbiasa berbelanja melalui offline shop, kini berubah menjadi online shop. Berbagai penelitian telah dilakukan untuk memahami perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian secara online. Faktor yang menentukan dalam keputusan pembelian secara online adalah minat beli. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian produk fashion secara online melalui aplikasi e-commerce pada generasi milenial di Jakarta. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah generasi milenial yang telah melakukan pembelian produk fashion melalui platform e-commerce di Jakarta sebanyak 225 responden. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner yang disebar melalui media daring. Penelitian ini menggunakan analisis persamaan model struktural (SEM) dalam mengolah data yang terkumpul. Alat bantu analisis yang digunakan adalah SPSS 25 dan AMOS 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh antara kepercayaan, brand image, dan harga terhadap minat beli. Terdapat pengaruh antara minat beli dengan keputusan pembelian. Pengaruh tersebut menunjukkan adanya peran minat beli sebagai faktor pembentuk keputusan pembelian pada generasi milenial di Jakarta. Terdapat pengaruh antara kepercayaan dan harga terhadap keputusan pembelian. Tidak terdapat pengaruh antara brand image dengan keputusan pembelian.

References

Luthfiyatillah, L., Millatina, A. N., Mujahidah, S. H., & Herianingrum, S. (2020). Efektifitas media instagram dan e-wom (electronic word of mouth) terhadap minat beli serta keputusan pembelian. Jurnal Penelitian IPTEKS, 5(1). https://doi.org/10.32528/ipteks.v5i1.3024

Tao Zeng and Choong Yuen Onn, 2015. “Factors affecting purchase intention of

online shopping”. Department of Business, Universiti Tunku Abdul Rahman, Malaysia British Journal of Economics, Management & Trad: 1-12, 2015

Cheng Boon Liat, Yee Shi Wuan. 2014. “Factors influencing consumers’ online purchase intention: a study among university students in malaysia” International Journal of Liberal Arts and Social Science Vol. 2 No. 8 October, 2014.

Wardani, E. S., & Santosa, A. (2020). Pengaruh hallyu, ambassador merek, dan citra merek terhadap keputusan pembelian atas produk republik natur di Yogyakarta. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 8(2), 203–211. https://doi.org/10.31846/JAE.V8I2.289

Mulyana, S. (2021). Pengaruh harga dan ulasan produk terhadap keputusan pembelian produk fashion secara online pada shopee di Pekanbaru. Jurnal Daya Saing, 7(2), 185-195.

Lestari, N. (2022). Pengaruh harga dan customer review terhadap keputusan pembelian produk fashion wanita di online marketplace (studi kasus pada konsumen di Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(1), 1635-1642.

Haniscara, N. A., & Saino, S. (2021). Pengaruh online customer review dan tagline terhadap keputusan pembelian produk fashion di marketplace shopee dengan minat beli sebagai variabel intervening: studi pada generasi muda Surabaya. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(1), 533-543.

Kotler, P., & Kevin, K. L. (2016). Marketing Management 16 edition. New Jersey: Pearson. Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edii13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Wong, David. "Pengaruh ability, benevolence dan integrity terhadap trust, serta implikasinya terhadap partisipasi pelanggan e-commerce: studi kasus pada pelanggan e-commerce di UBM." Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, vol. 2, no. 2, 2017, doi:10.36226/jrmb.v2i2.46.

Shimp, Terence. A., Andrews, Craig, J. (2013). Advertising, promotion, and other aspects of integrated marketing communication.Ninth edition. USA: Cengage Learning

Rahayu, S. (2021). Pengaruh harga, kepercayaan dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pengguna e-commerce tokopedia. MBIA, 20(1), 40-50.

Penitasari, N. (2017). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap minat beli abon lele bang zay (studi pada konsumen abon lele bang zay di kota Malang). Thesis. University of Muhammadiyah Malang

Japarianto, E., & Adelia, S. (2020). Pengaruh tampilan web dan harga terhadap minat beli dengan kepercayaan sebagai intervening variable pada e-commerce shopee. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 35-43.

Wijaya, V. A., & Oktavianti, R. (2019). Pengaruh brand image e-commerce terhadap minat beli konsumen (survei pada pelanggan tokopedia). Prologia, 2(2), 531-537.

Downloads

Published

2022-03-29

How to Cite

Indah Jauhari, & Dandy Kurnia. (2022). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION SECARA ONLINE MELALUI APLIKASI E-COMMERCE PADA GENERASI MILENIAL DI JAKARTA. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(02), 09–18. https://doi.org/10.56127/jukim.v1i2.90

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.