PENGARUH TERPAAN IKLAN PROMOSI SHOPEE ‘FLASH SALE’ DI TELEVISI DAN BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI SHOPEE

Authors

  • Jesica Apolia Prayogi Universitas Gunadarma
  • Rino Rinaldo Universitas Gunadarma
  • Elvia Fardiana Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.56127/jukim.v1i2.93

Keywords:

Terpaan Iklan, Brand Image, Loyalitas Komunikasi

Abstract

Loyalitas konsumen adalah sikap menyenangi terhadap suatu merek yang direpresentasikan dalam pembelian yang konsisten terhadap merek itu sepanjang waktu dalam arti bahwa loyalitas konsumen yaitu konsumen yang terus menerus membeli sebuah produk karena produknya tidak mengecewakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel terpaan iklan promosi flash sale dan brand image terhadap loyalitas konsumen dalam menggunakan aplikasi shopee baik secara parsial dan simultan. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan skala likert 5 poin. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh masyarakat yang pernah melihat iklan promosi shopee flash sale di televisi dan pernah menggunakan aplikasi shopee setidaknya satu kali. Teknik pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel yang terkumpul sebanyak 150. Data tersebut diolah menggunakan metode uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, uji t dan uji f dengan menggunakan aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil uji parsial variabel terpaan iklan promosi shopee flash sale dan brand image secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen dalam menggunakan aplikasi shopee. Selanjutnya kedua variabel yaitu terpaan iklan promosi shopee flash sale dan brand image secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen dalam menggunakan aplikasi shopee.

References

Buku:

Ardianto., dan Elvinaro. 2009. Komunikasi Massa; Suatu Pengantar. Bandung: Raja Rosdakarya

Bungin, Burhan. 2014. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Cangara, Hafied. 2010. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Fachruddin, Andi. 2019. Journalism Today. Jakarta: Kencana.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Jaiz, Muhammad. 2014. Dasar-dasar periklanan. Yogyakarta: Fisip Untirta Press.

Kotler, Philip dan Gray Amstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kertamukti, Rama. 2017. Strategi Kreatif Dalam Periklanan: Konsep Pesan, Media, Branding, Anggaran. Depok: PT RajaGravindo.

Kotler, Philip., Keller, Kevin L. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kriyantono, Rachmat. 2014. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Laudon, Kenneth C. dan Traver, Carol Guercio, 2014. E-commerce Business Technology Society. 10th ed. One Lake Street, Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Education, Inc.

Makmur, Rakhmat. 2018. Manajemen E-commerce. Bandung: Informatika Bandung.

Morissan. 2019. Periklanan komunikasi pemasaran terpadu, Jakarta: Penerbit Kencana.

Moriarty S., Mitchell N., Wells W. 2015. Advertising. Jakarta: Prenadamedia Group.

Nugroho, Adi Sulistyo. 2016. E-commerce; Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Ekuilibria.

Prabowo, Erik Risnanda. 2015. Televisi Digital: Konsep dan Penerapan. Yogyakarta: Skripta Media Creative.

Sukorim. 2017. Internet, Media Sosial, Dan Perubahan Sosial Di Madura. Jawa Timur: Prodi Komunikasi.

Setiadi, J Nugroho. 2019. Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Silaen, Sofar. 2018. Metodologi Penelitian Sosial Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Bandung: In Media.

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV. Andi.

Uma Sekaran. 2014. Metodologi Penelitian untuk Bisnis (Research Methods for Business). Buku 1 Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.

Jurnal:

Anggraini, Rifa Rahma. 2019. Pengaruh Terpaan Iklan E-Commerce Shopee Versi Baby Shark Di Televisi Terhadap Minat Beli Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau. Riau: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Darmastuti Ariani, 2013, Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan (Studi Pada PT. Inti Luhur Fuja Abadi (ILUFA), Pasuruan). Jawa Timur: Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya.

Fatmawati, Nurul. 2017. Kualitas produk, citra merek dan persepsi harga terhadap proses keputusan pembelian konsumen sepeda motor matic “Honda”. Semarang: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Vol. 7, pp. 1-20.

Girsang, Herinto. 2019. Pengaruh Marketing Public Relation Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada PT. JNE Cabang Samosir). Riau: Administrasi Bisnis- Jurusan Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Januar, Al Fajri. 2016. Pengaruh Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Konsumen. Riau: Administrasi Bisnis FISIP.

Downloads

Published

2022-03-29

How to Cite

Jesica Apolia Prayogi, Rino Rinaldo, & Elvia Fardiana. (2022). PENGARUH TERPAAN IKLAN PROMOSI SHOPEE ‘FLASH SALE’ DI TELEVISI DAN BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI SHOPEE. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(02), 32–41. https://doi.org/10.56127/jukim.v1i2.93

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.