KREATIVITAS PEMBUATAN TEMPAT SAMPAH DAN TEMPAT BUKU DARI KARDUS BEKAS UNTUK PENGUATAN NILAI-NILAI KARAKTER SISWA DI KELAS 5A SDN 22 DUNGINGI
DOI:
https://doi.org/10.56127/jushpen.v1i3.376Keywords:
Kreativitas, Karakter Siswa,Penguatan Nilai KarakterAbstract
Pendidikan sangat berperan dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan, kreativitas, sikap dan nilainilai dalam masyarakat. Setiap individu dituntut untuk mampu berkarya, menciptakan karya yang berguna baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain disekitarnya untuk mendorong hari depan yang lebih baik. Pendidikan karakter memiliki peran penting dalam pembentukan moral. Menurut Lickona (dalam Isnaini, 2016:36) karakter berkaitan dengan konsep moral, sikap moral, dan perilaku moral. Berdasarkan tiga komponen tersebut maka dapat disimpulkan bahwa karakter yang baik didukung oleh pengetahuan tentang kebaikan, keinginan untuk berbuat baik, serta melakukan perbuatan yang baik. Perkembangan kreativitas sangat erat kaitanya dengan perkembangan kognitif individu karena kreativitas merupakan perwujudan dari pekerjaan otak manusia. Oleh karena itu, guru perlu melakukan pembelajaran yang dapat meningkatkan hal tersebut. Penggunaan media barang bekas dapat dijadikan media pembelajaran bagi guru untuk siswa sebagai media pendorong/peningkatan kreativitas siswa di dalam pembelajaran yang efektif dan efisien. Penggunaan barang bekas dalam penelitian ini adalah sebagai media peningkatan kreativitas siswa kelas V A di SD Negeri 22 Dungingi.
References
A.D Muchtar & Suryani Aisyah (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud (Telaah Pemikiran atas Kemendikbud).Edumaspul : Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57
Atmaja.M.T, Wibisono.V.F,Jalaludin Ahmad.(2022.Model Peningkatan Mutu Sekolah Dasar Berbasis Kultur Sekolah Untuk Mewujudkan Sekolah Efektif.Jurnal Manajemen Pendidikan Islam,Vol 1,(3),167-173,
Faiz Aiman,dkk. 2021. Tinjauan Analisis Kritis Terhadap Faktor Penghambat Pendidikan Karakter di Indonesia, Jurnal BASICEDU, 5(4), 1766-1777.
H.J Suriadi,dkk. (2021). Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 165-173.
Imtihan I, Zohriah A, Kultsum U. (2022). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora. Vol.1(9), 1979-1993.
Kurniawati, F. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dan Solusi. AoEJ: Academy of Education Journal. Vol. 13 (1), 1-13.
Lestari Afdhal & Mustika Dea. (2021). Analisis Program Pelaksanaan Penguatan Karakter (PPK) Di Sekolah Dasar Negeri . Jurnal BASICEDU, 5 (3), 1577-1583.
Rahmat, A., Naway, F. A., Mahmud, M., & Sriharini. (2018). Supply chain operation reference in the indonesian non-formal education: An analysis of supply chain management performance. International Journal of Supply Chain Management, 7(6), 413–422.
R.D Utami & R.W Fitriyani. 2017. Membangun Karakter Kratif pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Kegiatan Pembuatan Kerajinan Recyle.University Research Colloquinum, 193—198
Rosmana.P.S,dkk.(2022).Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Bioshell: Jurnal Pendidikan Biologi, Biologi, dan Pendidikan IPA,Vol 11,(1),19-23
Maisaro Atik,dkk. (2018). MANAJEMEN PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan (JAMP), 1 (3), 302-312.
Murniyetti,dkk. (2016). Pola Pelaksanaan Pendidikan Karakter Terhadap Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6 (2), 156-166.
N.T Atika,dkk. (2019). PELAKSANAAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MEMBENTUK KARAKTER CINTAH TANAH AIR. Jurnal Mimbar Ilmu, 24 (1), 105-113.
Sabariah. (2022). Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4 (1), 116–122
Sari, R. F., Luddin, M. R., & Rahmat, A. (2020). Performance evaluation of academic services in the university using the balanced scorecard: A study at an Indonesian open university. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 12(12), 627– 660.
Setyaningsih Dwi. (2022). Implementasi Manajemen Berbasis Strategi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Pedagogika, 13 (1), 24-34.
Shinta Mutiara & Ain Quratul Siti. (2021). Strategi Sekolah dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, 5 (5), 4045-4052.
Suyanto Slamet. (2012). Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak , 1 (1), 1-10.
Sudjana. (2005), Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production.
W.H Presetyo & Suyanto Totok (2013). STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM KAMPUNG HIJAU DI KAMPUNG MARGORUKUN SURABAYA. Kajian Moral dan Kewarganegaraan,1 (2), 303-315